QR Code, Sebuah Terobosan Baru

Qr Code, Apa Itu QR code, Membuat Qr Code, Cara Membuat QR CodePada awalnya saya bertanya-tanya dan penasaran sendiri sama gambar yang rada gak jelas tersebut. Gambar Persegi dengan warna hitam di dalamnya yang tidak beraturan dan rumit, selain itu saya mendapati bahwa gambar tersebut banyak terpasang di Website-website besar terkemuka dan di beberapa media cetak yang ada. Okelah saya memang katrok dan gaptek karena gak tau gambar apakah tersebut. Namun karena saya merasa saya gaptek dan katrok itu muncul semangat untuk mencari tahu gambar apakah itu, wal hasil atas informasi mas Gajah Pesing di suatu sore akhirnya saya tahu ternyata gambar tersebut adalah QR CODE.

QR CODE adalah suatu jenis kode matriks atau kode batang dua dimensi yang dikembangkan oleh Denso Wave, sebuah divisi dari perusahaan di jepang yaitu Denso Corporation. QR merupakan kependekan dari Quick Respons atau dalam bahasa Indonesia adalah Respon Cepa yang mana hal ini sesuai dengan dibuatnya QR Code ini yaitu untuk menyampaikan informasi dengan cepat dan mendapatkan respons yang cepat pula. QR Code ini sebenarnya hampir mirip dengan Bar Code yang biasa kita lihat di beberapa barang atau produk yang merupakan generate Nomor Seri sebuah Barang atau Produk. Yang membedakannya dengan Bar Code adalah QR Code mampu menyimpan informasi secara horizontal dan vertikal, oleh karena itu secara otomatis QR Code dapat menampung informasi yang lebih banyak daripada Bar Code.

Awalnya QR Code digunakan untuk pelacakan kendaraan bagian pada perusahaan manufaktur, namun kini QR Code digunakan dalam konteks yang lebih luas, termasuk aplikasi komersial dan kemudahan pelacakan aplikasi berorientasi yang ditujukan untuk pengguna telepon selular. Di Jepang, penggunaan QR Code sangat populer, hampir semua jenis ponsel di Jepang bisa membaca QR Code sebab sebagian besar pengusaha disana telah memilih QR Code sebagai alat tambahan dalam program promosi produknya, baik yang bergerak dalam perdagangan maupun dalam bidang jasa. Pada umumnya QR Code digunakan untuk menanamkan informasi alamat situs suatu perusahaan.

Nah dari Informasi yang saya dapatkan dari bertapa dan bertanya pada Mbah Google, di Indonesia QR Code pertama kali dikenalkan oleh harian KOMPAS. Koran harian yang cukup terkenal di Indonesia menampilkan QR Code ini pada beberapa Rubriknya agar pembaca mampu mengakses berita melalui ponsel nya bahkan bisa memberi masukan atau opini ke reporter atau editor surat kabar tersebut.

QR Code Reader Schema

QR Code dapat digunakan pada ponsel yang memiliki aplikasi pembaca QR Code dan memiliki akses internet GPRS atau WiFi atau 3G untuk menghubungkan ponsel dengan situs yang dituju via QR Code tersebut. Pelanggan, yang dalam hal ini adalah pengguna ponsel hanya perlu mengaktifkan program pembaca QR Code, mengarahkan kamera ke QR Code, selanjutnya program pembaca QR Code akan secara otomatis mengenali data yang telah tertanam pada QR Code. Jika QR Code berisikan alamat suatu situs, maka pengguna dapat langsung mengakses situs tersebut tanpa harus lebih dulu mengetikkan alamat dari situs yang dituju.

QR Code memiliki kapasitas tinggi dalam data pengkodean, yaitu mampu menyimpan semua jenis data, seperti data numerik, data alphabetis, kanji, kana, hiragana, simbol, dan kode biner. Secara spesifik, kode QR mampu menyimpan data jenis numerik sampai dengan 7.089 karakter, data alphanumerik sampai dengan 4.296 karakter, kode binari sampai dengan 2.844 byte, dan huruf kanji sampai dengan 1.817 karakter. Selain itu QR Code memiliki tampilan yang lebih kecil daripada Bar Code. Hal ini dikarenakan QR Code mampu menampung data secara horizontal dan vertikal, oleh karena itu secara otomatis ukuran dari tampilannya gambar QR Code bisa hanya seperspuluh dari ukuran sebuah Bar Code.

Tidak hanya itu QR Code juga tahan terhadap kerusakan, sebab QR Code mampu memperbaiki kesalahan sampai dengan 30%. Oleh karena itu, walaupun sebagian simbol QR Code kotor ataupun rusak, data tetap dapat disimpan dan dibaca. Tiga tanda berbentuk persegi di tiga sudut memiliki fungsi agar simbol dapat dibaca dengan hasil yang sama dari sudut manapun sepanjang 360 derajat.

Bagi anda yang ingin membuat QR Code, sekarang telah banyak Website yang menyediakan layanan QR Code Generator, diantaranya yang saya gunakan untuk generate URL Blog kesayangan ini adalah http://qrcode.kaywa.com/. Untuk urusan QR Code Reader yang saya tanam di Handphone saya saya mendapatkannya di http://reader.kaywa.com/phones.

Mungkin cukup sampai di sini sedikit informasi berkenaan dengan QR Code. Semoga membantu.

Source :
 http://www.japanmarketingnews.com/2007/01/in_previous_art.html
 http://kompas.com/
http://www.japanmarketingnews.com/2007/01/in_previous_art.html

Posting menarik lainnya

8 Comments

    1. Wehehehe.. sepertinya harus menggunakan Reader mas..

      Lha aku bar ngerti iku jenenge QR Code.. Maklum wong ketinggalan Informasi.. hehe..

  1. Muangtab penjelasannya. Dah tau sejak kompas pertama kali makai, tapi waktu itu nanya orang kompas ndiri gak ngerti istilahnya cuman tahu fungsinya.

    Thanx ilmunya gan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *