PSB Online 2011 Surabaya jadi PPDB Surabaya 2011

PSB Online Surabaya LOGO

Sudah menjadi tradisi setiap tahun, bahwa setiap kali menyambut tahun ajaran baru seperti ini beberapa orangtua siswa yang putra-putrinya lulus sekolah pada disibukkan untuk melakukan pendaftaran sekolah untuk putra-putrinya ke jenjang yang lebih tinggi. Dan di Surabaya sendiri sudah sejak tahun 2007 sistem pendaftaran siswa baru sudah menggunakan model Pendaftaran Online yang mana biasa dikenal dengan PSB Online. Di tahun ajaran 2011-2012 kali ini PSB Online sekali lagi akan segera dilaksanakan. Namun bagi para calon pendaftar wajib tahu bahwa di tahun ajaran 2011-2012 kali ini Pendaftaran Siswa Baru Online di Surabaya berganti nama dari yang awalnya PSB Online sekarang menjadi PPDB. PPDB sendiri merupakan akronim dari Penerimaan Peserta Didik Baru.

Perubahan nama ini sekaligus menimbulkan perubahan pada alamat domain dari PSB Online Surabaya. Jika dulu para calon pendaftar akan melakukan pendaftaran dan memantau pagu serta pergerakan ranking putra-putrinya di http://psbsurabaya.com/, kini alamat tersebut di ubah menjadi http://www.ppdbsurabaya.net/. Perubahan domain ini adalah perubahan yang ketiga dari alamat domain PSB Online Surabaya, mulai http://psbsby-online.net (tahun 2009), http://psbsurabaya.com/ (tahun 2010). dan kini menjadi http://www.ppdbsurabaya.net/.

Dari kacamata pribadi dan sekaligus saya sebagai seorang onliners yang notabene hampir lebih dari 7 jam sehari saya berada di dunia internet melihat perubahan domain yang digunakan untuk PSB Online Surabaya ini merupakan sebuah tindakan yang tidak seharusnya terjadi dan dilakukan. Kenapa demikian?? Hal ini menunjukkan bahwa belum adanya konsistensi dan kemapanan dalam pengelolahan sistem PSB Online di Surabaya. Hal ini tentu saja berdampak kurang baik kepada calon pendaftar. Dampak yang paling mendasar yaitu banyak para calon pendaftar mengalami kebingungan kemana mereka harus mengakses PSB online, sementara alamat domain PSB Online tahun sebelumnya tidak bisa diakses lantaran alamat domain PSB Online di tahun ini berubah.

 

PSB Online Surabaya, PPDB Surabaya 2011, PPDB 2011, PSB Online, PSB Surabaya, PPDB Surabaya

Tampilan Baru Website PSB Online Surabaya

 

 

Meskipun Kampus di mana sekarang ini saya bekerja ikut serta dalam penyelenggaraan PSB Online Surabaya ini, jujur saya belum mengerti dengan mekanisme yang mana harus mengganti url PSB Online Surabaya yang sejauh pengamatan saya terjadi pergantian setiap tahun. Ketidaktahuan dan kebingungan saya tersebut lebih dikarenakan saya tidak terlibat langsung di dalamnya dan juga kampus di mana saya bekerja hanya sebagai Support Team untuk Infrastruktur dan Sosialisasi kepada masyarakat.

Sebagai orang biasa yang punya hobi Online dan mungkin punya latar belakang pendidikan Teknologi Informasi, saya hanya berharap kedepannya para pengelola layana PSB Online Surabaya ini bisa konsisten dengan alamat yang benar. Jangan sampai berubah-ubah. Kasihan para calon pendaftar. Jika mengacu pada salah satu matakuliah yang ada di Pendidikan Teknologi Informasi, seorang developer Aplikasi baik Desktop Based maupun Web Based haruslah bisa membuat para end user (pengguna) merasa mudah menggunakan Aplikasi yang kita buat, terlebih bisa membuat mereka nyaman menggunakan aplikasi kita. Nah kalao alamat saja setiap tahun berubah-ubah, lantas bagaimana nasib pengguna dalam hal ini calon pendaftar merasa nyaman untuk bisa mengakses informasi dari layanan PSB Online? Sementara mereka harus tau informasi Jadwal Pendafataran, memantau rangking sang anak, dll.

Jadi bagaimana pendapat teman-teman tentang tidak konsistennya alamat domain layanan PSB Online Surabaya ini? Dan apakah layanan PSB Online di kota teman-teman juga demikian?? Silahkan share di kolom komentar.

NB : Jika ada Tim Webmaster atau Panitia yang membaca posting ini, sudi kiranya untuk bisa sharing di sini tentang inkonsistensi alamat domain PSB Online Surabaya ini.

Comments
  1. Bukik | Reply
    • Frenavit | Reply
  2. aRuL | Reply
  3. Fulan | Reply
  4. Sefanny Pradini | Reply
    • sugex | Reply
  5. sugeng Priyono | Reply
  6. hendra dt | Reply
    • Frenavit | Reply
  7. hendra dt | Reply
  8. bagas | Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>