[Photo] Mercusuar Sembilangan Madura

Mercusuar adalah sebuah bangunan menara dengan sumber cahaya di puncaknya untuk membantu navigasi kapal laut. Sumber cahaya yang digunakan beragam mulai dari lampu sampai lensa dan (pada zaman dahulu) api. (dikutip dari Wikipedia). Mungkin sebagaian dari anda sangat jarang atau bahkan belum pernah yang namanya melihat atau bahkan masuk kedalam mercusuar. Nah Alhamdulillah beberapa saat yang lalu, saya di ajak oleh mas efahmi dan mas jiewa untuk sowan ke pulau garam dan bermain dan berkesempatan jepret sana-sini di area Mercusuar Sembilangan.

Frenavit Putra, Mercusuar Sembilangan, Madura, bangkalan

Mercusuar Sembilangan terletak di DESA TANJUNG PIRING, Bangkalan Madura. Mercusuar ini dibangun pada tahun 1879 oleh Belanda, yang memiliki fungsi untuk membantu navigasi kapal-kapal belanda yang masuk dari laut jawa ke selat madura untuk kemudian bersandar di pelabuhan tanjung perak Surabaya. Arsitektur utama dari merrcusuar ini terbuat dari lempeng besi yang dibuat melingkar dan saling merekat satu sama lain dengan bantuan baut yang lumayan besar. Yang mana di bagaian tengah dari mercusuar ini terdapat lubang vertical dengan diameter kurang lebih 1.5 m sampai 2 m yang digunakan untuk menaikkan barang dari bawah.

Mercusuar Sembilangan, Frenavit, Bangkalan

Suasana di sekitar Area Mercusuar masih terlihat sangat alami dan masih sepi jika malam mulai tiba. Namun suasana bibir pantai agaknya kurang bersahabat dikarenakan terlihat cukup banyak sampah yang bergeletakan. Entah sampah itu sampah kiriman dari sungai-sungai di Surabaya yang bermuara di Selat Madura atau dari Sungai-sungai yang ada di sana. saya kurang tahu.

Bodrex, Mercusuar Sembilangan, Madura

Sekilas setelah saya mengunjungi mercusuar ini, saya cukup interest dengan tempat ini. Tidak ada salahnya menjadikan Mercusuar Sembilangan ini sebagai salah satu obyek wisata yang wajib dikunjungi oleh teman-teman yang memiliki hoby melancong. Percayalah tidak akan menyesal, anda dapat merasakan hembusan semilir angin pantai menerpa wajah anda ketika anda naik ke atas mercusuar ini. Anda juga akan merasakan perpaduan indah terpacunya adrenalin dan ketakjuban kita akan suasana selat madura dari ketinggian lebih dari 250 meter.

So..

Koleksi Foto-foto hasil karya yang lain dapat di lihat di http://www.flickr.com/photos/frenavit/

Posting menarik lainnya

6 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *