Perbaiki Thumbnail Gambar Bermasalah Setelah Ganti Template WordPress

Sudah lama sekali saya tidak memposting tulisan berhubungan dengan hal teknis di Blog ini. Nah pada update postingan kali ini saya akan membagi sedikit informasi teknis tentang bagaimana perbaiki thumnail gambar yang bermasalah setelah penggantian template atau theme di WordPress Self Hosting.

Bagi sebagaian besar blogger, mengganti template blog menjadi satu hal yang menyenangkan, bahkan tak jarang banyak blogger yang lebih aktif atau sering ganti template dari pada membuat postingan baru. Namun sering kali saat mengganti template mengalami masalah dengan thumbnail gambar. Thumbnail gambar berantakan tidak pas dengan template baru yang di pasang. Kenapa bisa demikian dan bagaimana solusinya?

Kenapa thumbnail berantakan atau tidak sesuai dengan template baru? Hal ini terjadi karena ukuran gambar hasil resize script timbthumb.php untuk masing-masing template berbeda-beda, disesuaikan dengan ukuran thumbnail gambar dari layout masing-masing template. Misalnya, jika di template sebelumnya ukuran thumbnail gambar 300px x 75px kemudian kita berganti template dengan ukuran thumbnail 500px x 150px, maka tampilan thumbnail gambar di template baru akan berantakan, kekecilan.

Lalu, apakah kita perlu melakukan resize kembali semua gambar? Tidak, saat kita membuat postingan baru dan set featured image, ukuran thumbnail otomatis menyesuaikan ukuran dari thumbnail template baru. Hanya saja ukuran thumbnail dari postingan terdahulu akan tetap sama.

Cara paling efektif dan cepat untuk menyelesaikan masalah ini adalah dengan menggunakan plugin wordpress bernama Regenerate Thumbnails dari Alex Mills (Viper007Bond). Plugin Regenerate Thumbnails ini akan otomatis menggenerate ulang ukuran gambar thumbnail sesuai dengan ukuran dari script timthumb bawaan template.

Setelah plugins terpasang, kita cukup masuk ke Tools > Regen, Thumbnails. Setelah halaman Regenerate Thumbnails terbuka, kita cukup pilih dan klik tombol Regenerate All Thumbnails dan plugins akan langsung bekerja menggenerate ulang ukuran thumbnail gambar yang ada ke ukuran yang sesuai dengan ukuran thumbnail dari template. Mudah dan tidak ribet kan?

Regenerate Thumbnails

Kita dapat melihat proses generate thumbnail gambar berlangsung. Lama generate bergantung pada berapa banyak file gambar yang kita upload.

Apakah plugins ini aman? Sejauh ini, berdasarkan pengalaman telah memakai plugins ini kurang lebih 1 tahunan, plugin Regenerate Thumbnails ini cukup stabil dan aman-aman saja. Selain itu, si pengembang plugin juga cukup aktif memperbaharui plugins yang ia buat. Saat tulisan ini dipublish, plugin tersebut baru saja diperbaharui 3 minggu yang lalu. Jadi, bisa saya simpulkan plugin ini 95% aman. 🙂

Ada minusnya gak? Ada, plugin Regenerate Thumbnails ini tidak menghapus file thumbnail gambar yang ada sebelumnya. Akibatnya, akan ada gambar yang cukup banyak dan dobel-dobel di folder media. Ini akan membuat kapasitas penyimpanan hosting cepat habis – apabila kita sering menggenerate thumbnail.

Minus atau kekurangan ini saya bilang sekaligus menjadi salah satu keunggulan plugin Regenerate Thumbnails ini. Kenapa? Plugin tidak menghapus file thumbnail gambar sebelunya untuk menghindari jika terjadi error pada thumbnail yang baru. Selain itu, ini juga berguna bagi kita yang ingin CLBK mengaktifkan template sebelumnya. Kita tidak perlu menggenerate ulang thumbnail karena thumbnail untuk template sebelumnya masih ada.

Oh ya, katika mencari plugin Regenerate Thumbnails ini kita akan menemukan banyak plugins dengan nama yang sama. Saya sarankan untuk menggunakan plugin Regenerate Thumbails dari Alex Mills (Viper007Bond), kenapa? Karena plugin ini sudah teruji dan memiliki popularitas cukup baik di forum WordPress dan saya sendiri sudah membuktikannya. Hehehe…. 😀

Jika takut salah plugin, kamu bisa mendownloadnya di sini.

Selamat mencoba dan tetap semangat nge-blog!

Posting menarik lainnya

3 Comments

  1. Nah ini penting nih. Aku juga make plugin Generate Tumbnails, saran dari themenya juga. Alhasil semua thumbnails jadi sesuai theme. Kece banget nih plugin..

  2. Waa! Aku baru tahu. Sepele tapi penting nih ukuran thumbnails ini. Kalau nggak di-set ulang, bener, ukurannya bisa kegedean atau kekecilan (postingan lamanya).

    Trims infonya, Frenavit!

    Btw, “bahkan tak jarang banyak blogger yang lebih aktif atau sering ganti template dari pada membuat postingan baru”

    HAHAHAHAHA.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *