Pasang Emoticon Plurk di WordPress

Banyak cara yang dapat dilakukan untuk mempercantik dan menghias blog yang kita miliki. Mulai dari memasang Widget yang berfariasi dan memiliki guna untuk memudahkan pengunjung blog kita lebih mengeksplore Blog kita hingga merombak tampilan utama blog kita. Untuk tampilan pastinya kita dapat mengubah Template atau themes dari blog kita, serta memasang pernak-pernik di sana-sini. Nah pada kesempatan kali ini saya mencoba berbagi cara menambah pernak-pernik di Blog kita, yaitu memasang Emoticon Plurk di WordPress(Kebetulan karena saya memakai CMS WP).

Nah, sebelum memulai cara pasangnya ada baiknya saya kasih tau dulu bagi yang belum tahu PLURK itu apa sech?? Plurk adalah sebuah layanan Microbloging yang memungkinkan kita untuk menuliskan kalimat disertai emoticon, Plurk juga bisa digolongkan sebagai salah satu Social Networking layaknya Twitter dan Facebook. Kalo Facebook dan Twitter saya yakin banyak yang tahu. Yang unik dari Plurk ini kita disuguhkan Emoticon yang cukup fariatif dan Lucu yang mana untuk mendapatkan emoticon tersebut ada tingkatan level yang biasa dikenal oleh kawan-kawan Plurkerz (Pengguna Plurk .red) dengan Karma.

Oke, langsung saja ke Pembahasan utama kita untuk memasang emoticon plurk di wordpress.

Yang pertama harus di lakukan adalah, anda harus menyimpan emoticon-emoticon plurk yang ada kemudian, tidak usah khawatir saya sudah menyediakan emoticon plurk lengkap siap pake dan anda tinggal mendownloadnya di sini. InsyaAllah lengkap :))

Setelah didownload, sekarang silahkan upload ke directory /public_html/wp-includes/images/smilies di mana anda hosting Blog anda. Letakkan semua image emoticon anda di sana.

Jika sudah upload kini saatnya melakukan cosstumisasi script functions.php yang ada di directory /public_html/wp-includes. Silahkan buka file functions.php tersebut kemudian cari potongan script ini.

function smilies_init() {
global $wpsmiliestrans, $wp_smiliessearch;
// don’t bother setting up smilies if they are disabled
if ( !get_option( ‘use_smilies’ ) )
return;
if ( !isset( $wpsmiliestrans ) ) {
$wpsmiliestrans = array(

Nah di bagaian bawah script tersebut adalah script untuk memanggil emoticon kita. Misal :

‘:-(‘ => ‘(.gif’,
‘(:’ => ‘(;.gif’,
‘:)’ => ‘).gif’,
‘:-&’ => ‘-&.gif’,
‘:))’ => ‘-)).gif’,

scripy di dalam ” seperti ‘:-(‘ adalah script yang di gunakan untuk memamnggil emoticon plurk. sedangkan untuk yang ‘(.gif’ adalah nama file dari emoticon plurk kita. Anda cukup menyisipkannya satu persatu sesuai dengan emoticon plurk yang ada. Untuk Informasi jumlah emoticon plurk lengkap ada 76 emoticon. so sedikit bersabar ya untuk menuliskannya satu persatu.

Jika telah selesai menuliskan satu persatu, jangan lupa di save kembali file functions.php nya.

Nah setelah semua prosedur telah selesai, sekarang bisa dipastikan anda bisa menggunakan emoticonplurk di dalam postingan dan comment anda. Selamat mencoba. Semoga berhasil.

NB : Apabila masih bingung bisa langsung contact penulis. InsyaAllah siap membantu.

(cozy)
(taser)
(banana_ninja)
(fish_hit)
(muhaha)
(gym)
(idiot)
(funkydance)
(ninja)

image src : search in google with keyword "plurk logo"

Posting menarik lainnya

6 Comments

  1. mas, bantuin dunk… masuk ke /public_html… ini aja sy ga tau, udah beberapa kali coba pake cara yg lain juga, tetap ga bisa, malah blog machine sy jadi error. padahal pengen banget pasang emot itu (tears)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *