Ngobrolin Social Media dengan Onno W Purbo

Rabu, 14 April 2010 di De Boliva Ice Cream and Cafe, Jl. Raya Gubeng 36, Surabaya Alhamdulillah saya berkesempatan datang dan mengikuti acara Kopdar dan Ngobrol bareng Onno W Purbo seputar Cyber Crime dan Social Media. Onno W Purbo?? Yah Onno W Purbo Pakar IT terkemuka di Indonesia itu, siapa yang tidak kenal dengan beliau?? pasti semuanya sudah kenal dan minimal pernah denger nama tersebut. Acara yang diselenggarakan oleh teman-teman ICTWATCH dan TPC (Blogger Surabaya) ini dimeriahkan dengan datangnya teman-teman komunitas Netter di Surabaya dan sekitarnya, diantaranya teman-teman kaskuser regional Surabaya, Speedyholic Surabaya, Peniti (Pencinta IT) SMA 11 Surabaya, KLAS (Kelompok Linux Arek Suroboyo), Blogger Plat M (madura), netter & Blogger UPN, teman Detik Forum, dll.

Onno W Purbo, Kopdar, Bodrex, Frenavit Putra, TPC

Sesuai dengan topik Utama yang di angkat pada acara Kopdar dan Ngobrol bareng kali ini yaitu “Social Media dan Cyber Crime”, maka diskusi pertama di buka dengan Obrolan seputar Cyber Crime oleh Jason dari Perwakilan Norton Asia. Banyak dijelaskan tentang kejahatan cyber di Internet mulai dari pembobolan akun credit card sampai malware. Dan pastinya beliau juga menawarkan dan promosi Produk dari Symantec yaitu Norton Antivirus dan Norton Internet Security.

Netter Surabaya, Kopdar, Bodrex, Frenavit Putra

Diskusi ke-2 lebih banyak membicarakan seputar trend dan hal-hal yang ada di Social Media yang dipandu oleh Pakar IT Indonesia Onno W Purbo. Social Media, seperti yang kita tahu bahwa belakangan ini layanan Social Media menjadi Trend yang candu. Membuat setiap orang kecanduan dan betah di depan Laptop dan Komputernya berjam-jam hanya mantengin Layanan Social Media yang mereka Punya. Namun, di balik itu semua ada bahaya yang siap mengintai para pengguna Social Media. Selain membawah dampak yang positif, social media juga membawa serta efek buruk untuk kita (Namanya juga dunia pasti ada baik dan buruknya). Dampak paling kecil adalah, muncul candu untuk siapa saja pengguna Layanan Social Media. Dampak yang cukup besar yaitu, penyalah gunaan layanan social media untuk hal-hal buruk sperti, ajang prostitusi dan penipuan.

Onno W Purbo, Frenavit Putra

Untuk itu, dalam seminar kemarin pakar IT Indonesia tersebut berpesan kepada para Netter di Surabaya, bahwasannya di Internet itu memang bebas, menympan hal-hal Baik sekaligus hal-hal buruk. Namun untuk memfilter itu semua kembali kepada pribadi masing-masing. Kembali kepribadi masing-masing bagaimana untuk menyikapi hal baik dan buruk yang ada di Internet. Jika kita memilih untuk ke hal buruk, maka hal buruk lah yang akan kita dapt di Internet. Namun jika hal baik yang kita pilih, maka kebaikanlah yang kita peroleh dari Internet. So mari Berinternet sehat.

Oh ya. Terimakasih kepada teman-teman Netter Surabaya yang sudah menyempatkan diri untuk bisa datang ke Acara Kopdar kemarin.. Dan Spesial thanks untuk mas Arief dari Internet Sehat dan Crew TPC yang telah berkerja keras hingga Acara ini bisa terselenggara dengan baik. Mohon ma’af jika ada kekurangan di sana-sini. :))

Posting menarik lainnya

11 Comments

  1. Akhirnya bisa Post juga.. Server Blog habis down.. tapi Alhamdulillah.. Ma’af kalo baru Post :)) (worship)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *