Nge-Blog : Cara Efektif Membranding Diri Part.2

Melanjutkan tulisan saya di postingan yang lalu yang menyoal kegiatan ngeblog yang mampu membantu sang empunya blog untuk membranding diri. Pada postingan Cara Efektif untuk Membranding Diri part 1 telah dijelaskan bahwa kegiatan ngeblog tidak semata seorang blogger bisa menulis, melainkan ada beberapa hal yang bisa diperoleh bahkan diciptakan ketika seseorang telah ngeblog. Hal-hal yang yang didapat dari nge-blog itu antara lain Berjejaring dan membentuk sebuah komunitas, Mengurangi Biaya Pemasaran bagi mereka yang punya produk atau usaha, dan mempunyai sebuah alat pembeda yang sangat powerfull diabandingkan orang lain pada umumnya.

Namun sering muncul permasalahan dan pertanyaan tentang bagaimana dengan kita yang nge-blog mampu meneruskan dan membantu kita untuk mencapai goal yang kita inginkan? Nge-Blog dapat dikondisikan untuk “menjual” seseorang, dan tidak hanya menjual sebuah produk, layanan, atau ruang iklan saja. Kita mampu mendapatkan manfaat yang besar bahkan goal yang ingin kita raih itu ketika kita mampu melakukan hal-hal mendasar untuk nge-blog. Hal mendasar yang harusdilakukan itu antara lain :

  1. Menjaga Kepercayaan
  2. Menjaga sebuah kepercayaan adalah hal penting dan paling mendasar yang harus menjadi pondasi untuk setiap blog. Sebagaian besar pembaca akan kembali mendatangi blog kita ketika mereka tahu bahwa apa yang kita tulis di blog dapat dipercaya dan minimal dapat dipertanggungjawabkan keabsahannya. Posisikan blog kita sebagai sebuah wadah yang tujuannya untuk membantu menyelesaikan masalah yang dihadapi pembaca. Jangan hanya menempatkan blog hanya sebagai tempat iklan dan memperlakukan pembaca sebagai pengunjung yang kita paksa untuk mengklik iklan-iklan yang ada. Berikan sebuah solusi. Dalam dunia Blog, blogger yang sukses adalah blogger yang mampu dekat dengan pembacanya dan menjadikan pembaca setia sebagai seorang “teman”, bukan hanya sebagai seorang blogger salesman.

  3. Tunjukkan keahlian kita di Blog
  4. Membuat diri sendiri menjadi sebagai seorang ahli pada setiap bidang yang mana menjadi keahlian anda dengan bantuan Blog. Hal ini cukup mudah dilakukan ketika kita punya keinginan yang besar untuk mendalami sebuah bidang keahlian, Misalkan Web Desaingner dan Web Programing. Branding keahlian kita melalui blog dengan menulis setiap hal yang pernah kita pelajari serta setiap permasalahn yang pernah kita temui dengan menyertakan solusinya di blog. Bagikan pengetahuan itu melalui blog maka orang lain akan menilai diri kita sebagai seseroang yang ahli pada sebuah bidang keahlian tersebut, karena orang lain tahu bahwa kita pernah mempelajarinya dan menyelesaikan permasalahan dari setiap hal yang ada dan berhubungan dengan keahlian kita itu.

  5. Jaga Kualitas dan Kuantitas dalam Konten
  6. Sama seperti poin sebelumnya, menyediakan konten yang baik dalam kualitas dan kuantitas. Sering kita membuat sebuah blog menjadi blog yang abstrak, dan tidak memberikan sesuatu baik informasi maupun pengetahuan atau solusi kepada pembaca. Marilah memulai menjadi seorang blogger yang murah hati yang yang dapat berbagi akan semua hal yang telah kita ketahui melalui blog. Sekarang ini tidak ada lagi cerita bahwa apa yang kita temukan dari sebuah permasalah atau hal yang baru kita temukan menjadi “Rahasia untuk pribadi”, semuanya terbuka seperti sebuah buku, penulis buku tidak akan merahasiakan apapun bahan yang akan dituliskan dibuku.

  7. Konsistensi
  8. Konsisten dengan teknik ngeblog yang telah kita lakukan. Hindari posting Blog yang acak hanya mungkin demi sebuah hal yang menarik. Hal ini perlu dilakukan untuk dapat membangun hubungan dengan pembaca blog kita dari waktu ke waktu. Update blog pada tingkat waktu yang konsisten, misalkan sekali sehari, sekali seminggu atau sekali sebulan, dll, sehingga pembaca dapat mengharapkan informasi yang baru dari kita pada waktu tertentu.

  9. Tampilkan Diri Kita Sendiri
  10. Pembaca akan merespons positif seorang blogger yang menunjukkan jati dirinya sendiri. Mereka merasakan sebuah hubungan ketika mereka berkomunikasi dengan kita satu persatu melalui kementar-komentar yang ada di setiap artikel yang kita tulis di blog. Jadikan suasana dimana mereka seolah-olah berkomunikasi dengan manusia bukan sebuah komputer semata. Kita tidak perlu menuliskan full kisah hidup kita atau full sebuah materi layaknya buku di blog, tetapi sisipkan sedikit humor atau menambahkan deskripsi singkat foto yang menjelaskan postingan kita atau foto diri kita. Tulis postingan dengan bahasa sesuai bahasa yang kita gunakan namun masih bisa dimengerti oleh orang lain secara luas. Ini adalah cara yang baik bagi pembaca untuk merasa lebih nyaman dengan Kita dan Blog kita.

Demikian sebuah postingan yang muncul dari pemikiran saya yang dikombinasikan dengan beberapa referensi yang saya baca tentang kegiatan ngeblog yang mampu menjadi sebuah cara efektif dalam membranding sebuah produk maupun membranding diri kita. Semoga tulisan ini membawa manfaat!!

Posting menarik lainnya

12 Comments

  1. waahhhh point2 diatas mantapp to… q paling suka ma jadi diri sendiri n PD aza ya ga?…..heheheheheheheh

    salam persahabatan dr MENONE

  2. Konsistensi sangat diperlukan demi menjaga kualitas dari blog yang dibuat. Sangat berharga artikel ini. Budayakan saling berbagi tanpa harus membebani orang lain :2thumbup

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *