Mengenal Sejarah dan Budaya Malang dari #oblongmerahmuda

TPC On #oblongmerahmuda

Kota Malang, meskipun saya sering mengunjungi tempat wisata yang ada di sana dan juga main-main di Kota yang identik dengan buah Apel tersebut, tetapi jujur belum sepenuhnya saya mengerti banyak hal tentang kota Malang, terlebih budaya dan sejarah Kota ini. Hal ini mungkin disebabkan karena setiap ke Malang hanya untuk mengunjungi tempat wisata kemudian pulang. Belum pernah saya stay di kota ini dalam jangka waktu yang cukup lama. Dan di awal tahun 2012 ini saya berkesempatan mengetahui dan belajar banyak tentang Kota Malang dalam acara Obrolan Blogger Ngalam Mengenang Sejarah dan Memajukan Budaya (#oblongmerahmuda) yang diselenggarakan oleh teman-teman Blogger Malang dalam rangka memperingati ulang tahun ke-4 Blogger Ngalam (sebutan umum untuk blogger malang).

TPC On #oblongmerahmuda
TPC On #oblongmerahmuda

Acara digelar pada hari sabtu dan minggu tanggal 7 & 8 Januari 2012, tetapi karena saya dan beberapa teman TPC dimintai tolong untuk bisa ikut membantu-bantu acara, maka sejak jum’at malam saya, aziz hadi dan rusa bawean sudah berada di kota Malang.

Sabtu pagi, kira-kira pukul 9 waktu setempat acara kopdar #oblongmerahmuda dihelat. Di kopdar blogger yang saya sebut sebagai kopdar blogger pertama di tahun 2012 ini ikut datang beberapa teman-teman dari Komunitas Blogger lain, seperti blogger Bengawan, Tugu Pahlawan dari Surabaya (TPC), Blogdetik, Dot Semarang, Plat-M Madura, Blogger Bekasi, Blogger Banyumas, Kota Reyog Ponorogo, Blogger Madiun, Jogja, ASEAN Blogger, Blogger Bojonegoro, Blogger Nusantara, dan Anging Mammiri Makassar. Selain diramaikan oleh teman-teman Blogger dari berbagai komunitas, teman-teman komunitas lain yang ada di kota Malang juga ikut serta hadir untuk meramaikan acara ini.

Sesuai dengan tema yang diangkat dalam kopdar kali ini, yaitu Mengenang Sejarah dan Memajukan Budaya. Acara kopdar pertama tahun 2012 ini diisi sharing dan diskusi seputar Sejarah dan Budaya Kota Malang. Di awal acara, peserta yang sudah mulai meramaikan AULA Kampus STIE Malangkucecwara (d/h ABM) Jalan Terusan Candi Kalasan Malang tersebut dihibur tarian daerah dan dibuat terpukau oleh film dokumenter sejarah kota Malang dari Yayasan Inggil.

Setelah acara sambutan dari Ketua Pelaksana Kopdar #4thGlobbers, Fajar McXoem dan Ketua Blogger Ngalam Haqqi, Sharing sesi pertama yaitu sharing seputar Sejarah dan Budaya Kota Malang dengan pembicara Dwi Cahyono dari Yayasan Inggil yang juga pemprakarsa Malang Tempo Doeloe dan Ovan Tobing penyiar Radio Senaputra FM, MC, mantan pengurus tim sepakbola PERSEMA dan AREMA. Obrolan jelas membahas seputaran sejarah, budaya, dan membandingkan kondisi malang saat ini yang sudah jauh lebih “panas” karena efek pembangunan Kota yang juga berdampak pada menghilangnya cagar budaya Kota Malang.

Sebelum makan siang, ada sharing dari Pandi, salah satu sponsor dari acara kopdar kali ini. Sharing dari pandi membahas seputar domain .id yang kini mulai lebih bersahabat dan lebih mudah apply dan pengelolaannya. Setelah sharing dari Pandi, peserta dihibur Nasyid dari Embun Nasyid. Dan akhirnya saya bisa menyaksikan dan mendengar lantunan Nasyid dari teman Blogger Ngalam yang sudah lama saya kenal, yaitu Kang Mas Fajar Embun. Hiburan Nasyid ini juga menjadi pengiring peserta saat istirahat makan siang. Makan siang, suasana dingin Kota Malang, dan Nasyid yang mendayu-ndayu.. Ngantuk.. hahahaha…

Sesi Sharing bareng Paman Tyo dan Farid Gaban
Sesi Sharing bareng Paman Tyo dan Farid Gaban

Setelah puas makan siang, peserta kembali mengikuti sharing. Sesi saharing selanjutnya ini lebih mengarah ke obrolan bagaimana kita sebagai blogger bisa ikut mengembangkan dan melestarikan Sejarah dan Budaya di daerah kita masing-masing. Tak diragukan lagi, pembicara dalam sesi ini yaitu Paman Tyo, begawan Blogger Indonesia yang karena konsistensinya ngeblog, akhirnya beliau mendapat gelar Blogger Ra uwis-uwis saat Muktamar Blogger tahun kemarin. Pembicara ke-2, yaitu Farid Gaban, jurnalis yang berkeliling menggunakan sepeda motor mengunjungi pulau terluar Indonesia. Beliau berdua bercerita pengalamannya masing-masing, berhubungan dengan budaya, sejarah, dan mendokumentasikannya.

Banyak hal disampaikan oleh Paman Tyo Seputar Ngeblog. Mulai dari ngeblog itu kemewahan, tips ngeblog, dan satu wejangan dari Paman yang sangat mengena, yaitu Paman bilang “kalau kamu bisa ngetwit, bisa SMS dan bisa bikin status Facebook, pasti bisa bikin konten”.

Sesi terakhir adalah obrolan seputar konten lokal yang menghadirkan orang-orang lokal Kota Malang yang sukses menggeluti bidangnya. Ada Moch. Zamroni, atau biasa akrab disapa Pak Zam, seorang penggiat konten lokal dan web developer Kota Malang dan Herdian Ferdianto, web/mobile developer, pembuat aplikasi Blackberry Translator.

Foto Bareng peserta #oblongmerah Muda
Foto Bareng peserta #oblongmerah Muda

Seperti biasa, bukan kopdar kalo tidak ada sesi foto bersama. Setelah mulai jam 9 pagi menyimak obrolan seputar sejarah dan budaya, peserta yang hadir berfoto bersama sebelum meninggalkan lokasi acara. Diiringi rintik hujan, kami yang dari luar kota kembali merapat ke Basecamp tempat kita menginap yang berada di Mess DODIK Belanegara Malang. Di basecamp ini pulalah acara obrolan malam khas blogger digelar malamnya.

Suasana makan pagi di Basecamp tempat menginap
Suasana makan pagi di Basecamp tempat menginap

Keesokan harinya rangkaian acara ke-2 dari perayaan ulang tahun ke-4 Blogger malang adalah, Jelajah Kota Malang, mengenal lebih dekat kota Malang, mengunjungi tempat-tempat yang memiliki nilai sejarah di Kota Malang. Mulai start di restoran Inggil, kemudian melanjutkan perjalanan ke Balai Kota Malang, Alun-alun Tugu, Alun-alun Malang, Kemudian berakhir di Museum Brawijaya. Banyak hal saya dapatkan dari jelajah Kota Malang waktu itu.

Jelajah Kota Malang dalam acara #4thGlobbers
Jelajah Kota Malang dalam acara #4thGlobbers

Overall, rangkaian acara ultah ke-4 Blogger Ngalam sukses dan asyik bin seru. Dari acara ini sedikit banyak saya jadi mengerti Sejarah, budaya, dan perkembangan Kota Malang. Terimakasi untuk teman-teman Blogger Ngalam atas undangannya. Sampai ketemu di kopdar selanjunya.

Foto Bersama sebelum kembali ke Kota masing-maing
Foto Bersama sebelum kembali ke Kota masing-maing

Salam Kopdar

Posting menarik lainnya

13 Comments

  1. Horeeee, semangat selalu Blogger Ngalam, semoga menjadi komunitas blogger yang bisa menaikkan konten lokal dan mengharumkan nama MALANG

  2. Kita emang sehati ya mas, nyebutin komunitas blogger aja hampir sama urutannya. Sesuatu banget ya *melipir ke hutan*

  3. Weh, ahlinya majapahit hadir di #oblongmerahmuda nih!! suon sing akeh yo wis bersedia mampir nang acara sederhana iki.. πŸ˜€

  4. Frenavit:
    Kemarin itu aku Ctrl + C dari blog teman mas rus.. habis lupa ndak apal aku sapa aja yang datang

    Wah Rusa apal amat urutannya, padahal saya keknya ctrl-C juga πŸ˜€ , seneng bisa jumpa kalian, kapan kopdar lagi?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *