Selama kurang lebih 3 tahun berkelana dan berselancar ria di ranah Internet, saya merasa masih banyak sekali hal yang belum saya ketahui dan saya pahami. Hal ini sangat beralasan karena seperti yang kita semua ketahui bahwasannya yang namanya Ranah Internet sungguh sangat luas. Nah baru-baru ini saya dituntut untuk mengenal serta belajar tentang Perangkingan Webometrics, apalagi itu?

webometrics, belajar webometrics, webometrics rankPerangkingan Webometrics atau Webometrics Ranking of World Universities adalah inisiatif untuk mempromosikan dan membuka akses publikasi ilmiah guna meningkatkan kehadiran akademik dan lembaga-lembaga penelitian di Situs Web. Dari pengertian tersebut diketahui bahwa Webometrics sesungguhnya adalah perangkingan sebuah Perguruan tinggi atau Universitas berskala Internasional yang mengacu pada “Kehidupan” Universitas atau Perguruan Tinggi tersebut di ranah Internet.

Perangkingan Webometric sendiri mulai dikenalkan oleh Cybermetrics Lab, sebuah group penelitian dari Centro de Información y Documentación (CINDOC) yang merupakan bagian dari National Research Council (CSIC), Spanyol. Program ini mulai dikenalkan ke khalayak Umum pada Tahun 2004 yang lalu.

Berbeda dengan perangkingan terhadap keberadaan Sebuah Website ataupun Blog, yang mana mengacu pada Google Pagerank yang diupdate setiap 3 bulan sekali dan Alexa Rank yang di update setiap 3 harian, Perangkingan Webometrics dipublikasikan setiam 6 bulan sekali yakni pada bulan Januari dan Juli. Tidak hanya itu saja, Indikator penilaian Webometrics ini juga sangat berbeda dengan Logika penilaian Site dari Google maupun Alexa, banyak hal yang harus menjadi perhatian para Webmaster sebuah Perguruan tinggi.

Adapun hal-hal yang harus diperhatikan guna memacu peningkatan Ranking Webometrics Sebuah Institusi Perguruan Tinggi di sini ada 4 Faktor, yaitu Visibility (V), Size (S), Rich Files (R) dan Scholar (Sc). Formula penghitungan dan pembobotannya sendiri adalah seperti di bawah:

Webometrics Rank = (4xV) + (2xS) + (1xR) + (1xSc)

Namun, formula tersebut pada Januari 2008 diubah menjadi seperti berikut :

Webometrics, Apa itu Webometrics, Formula Webometrics, mengenal Webometrics

Mungkin teman-teman bertanya-tanya apa itu Visibility (V), Size (S), Rich Files (R) dan Scholar (Sc). Berikut penjelasan dan bagaimana cara melakukan pengecheckan masing-masing faktor utama yang menjadi acuan penilaian Perangkingan Webometrics tersebut.

  • Visibility (V): Jumlah total tautan eksternal yang unik yang diterima dari situs lain  (inlink), yang diperoleh dari Yahoo Search, Live Search dan Exalead. Untuk setiap mesin pencari, hasil-hasilnya dinormalisasi-logaritmik ke 1 untuk nilai tertinggi dan kemudian dikombinasikan untuk menghasilkan peringkat.
    Untuk mendapatkan data Visibility secara manual dilakukan dengan memasukkan key “linkdomain:URL” di Search Engine, contohnya linkdomai:http://domainanda.com.
  • Size (S): Jumlah halaman yang ditemukan dari empat mesin pencari: Google, Yahoo, Live Search dan Exalead. Untuk setiap mesin pencari, hasil pencarian dinormalisasi-logaritmik ke 1 untuk nilai tertinggi. Untuk setiap domain, hasil maksimum dan minimum tidak diikutsertakan (excluded) dan setiap institusi diberikan sebuah peringkat menurut jumlah yang dikombinasi tersebut.
  • Rich Files (R):  Volume file yang ada di situs Universitas dimana format file yang dinilai layak masuk di penilaian (berdasarkan uji relevansi dengan aktivitas akademis dan publikasi) adalah: Adobe Acrobat (.pdf), Adobe PostScript (.ps), Microsoft Word (.doc) dan Microsoft Powerpoint (.ppt). Data-data ini diambil menggunakan Google dan digabungkan hasil-hasilnya untuk setiap jenis berkas.
    Cara Melihat seberapa banyak Richfile di Internet adalaha dengan memasukkan key seperti di bawah ke dalam masing-masing Search Engine.

    File Key Contoh
    PDF Site:URL<spasi>filetype:.pdf Site:domainanda.com filetype:.pdf
    PS Site:URL<spasi>filetype:.ps Site:domainanda.com filetype:.ps
    Doc Site:URL<spasi>filetype:.Doc Site:domainanda.com filetype:.doc
    PPT Site:URL<spasi>filetype:.ppt Site:domainanda.com filetype:.ppt
  • Scholar (Sc): Google Scholar menyediakan sejumlah tulisan-tulisan ilmiah (scientific paper) dan kutipan-kutipan (citation) dalam dunia akademik. Data Sc ini diambil dari Google Scholar yang menyajikan tulisan-tulisan ilmiah, laporan-laporan, dan tulisan akademis lainnya.
    Untuk melakukan pencarian data Scholar secara manual dilakukan dengan memasukkan key “site:URL” pada google Scholar, contohnya site:http://domainanda.com

Itulah tadi sekilas tentang apa yang dinamakan Webometrics. Sekilas memang untuk penilaiannya sangat berbeda dengan penilaian untuk site dan blog pada umumnya. Semoga postingan kali ini bisa membantu teman-teman semua dan membuka cakrawala teman-teman semua akan Perankingan Webometrics ini.

Untuk melakukan pencarian data Scholar secara manual dilakukan dengan memasukkan key “site:URL”