Membuat Widget Flickr

Flickr, siapa diantara kita pengguna internet yang tidak mengenal layanan Penyimpanan Gambar yang satu ini? Jawabnya ya.. Hampir semua pengguna internet di dunia ini pasti mengenalnya atau minimal pernah mendengarnya walau sekilas. Keberadaan Flickr bagi seseorang yang memiliki hoby Fotografi sangatlah membantu, hal ini dikarenakan seorang fotografer bisa mengunggah hasil jepretannya di Internet dan mempromosikannya ke khalayak luas. Dan tidak jarang foto-foto hasil jepretan para fotografer yang memiliki nilai seni dan estetika yang tinggi bisa dibeli orang lain dengan memanfaatkan Flickr sebagai media promosinya.

Dan saya yang kurang lebih sudah 2 tahunan menggeluti dunia photography pun merasakan manfaat dari keberadaan Flickr ini. Saya merasa selain saya dapat mempromosikan hasil jepretan saya ke khalayak luas, saya juga merasa di untungkan. Kenapa? Karena Kualitas gambar setelah di Upload ke Flickr lebih bagus dan tajam dibandingkan gambar aslinya. Maklumlah saya masih belajar dan tidak seberapa ahli mengoperasikan Software-software pemanipulasi citra digital.

Nah pada kesempatan kali ini saya pengen berbagi info kepada pembaca semua tentang bagaimana membuat Widget Filckr yang cukup kreatif jika dibandingkan dengan Widget atau badge bawaan dari Flickr. Bentuknya hampir miri dengan WP-Cumulus, hanya saja yang berterbangan adalah FOTO dari Koleksi Foto kita di Flickr. Bagaimana caranya?? Langsung saja meluncur ke sini http://www.roytanck.com/get-my-flickr-widget/. Di sana akan dijelaskan bagaimana cara membuatnya. Sampeyan hanya cukup memasukkan Feed URL Photostream flickr sampeyan saja. Lha di mana kita bisa tahu Feed URL flickr kita? Jawabnya mudah, Feed URL berada di bagaian bawah Photostream kita (Lihat Screenshoot), anda tinggal klik kanan icon Feed tersebut, kemudian copy link location dan paste. Setelah itu tentuhan Widget width dan Widget heightnya, terus background widgetnya. Setelah semua sudah di set tinggal klik Button Generatenya.

Capture2

Taraaaa… Otomatis udah jadi source codenya.. selamat mencoba.. ^^,

Dan inilah contoh hasilnya..

Get this widget at roytanck.com

Posting menarik lainnya

6 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *