Membandingkan IM2 dengan AXIS

Semalam (15 April 2009) bayak dari teman-taman saya tanya via YM maupun SMS kepada saya, yang sebagaian besar menayakan apakah IM2 benar-benar mengalami trouble, lemot dll. Dalam hati kox mereka semua itu tanya ke saya toh, gak tanya saja sama CS (Costumer Service .red) IM2 sendiri. [hehehe…]. Sebagai seorang teman yang baik hati dan tidak sombong maka pertanyaan demi pertanyaan saya jawab dengan sebuah jawaban yang diplomatis bahwa saya belum sempat OL (online .red) menggunakan IM2, saya masih setia Online dengan HP yang tertancap Sim Card IM3.

Karena penasaran, maka selepas membersihkan badan ini dari sisa-sisa keringat hasil aktifitas hari tersebut langsung saja saya membuktikannya. Dan ternyata apa yang di tanyakan teman-teman saya tersebut tidak terbukti, saya bisa berselancar di dunia maya dengan leluasa meski agak sedikit lemot bukan karena koneksi dari IM2 yang sedang bermasalah, namun karena Speed dari paket IM2 saya yang turun karena Quota telah melewati batas maximum yaitu 2GB. Karena merasa tidak nyaman dengan Speed IM2 yang saya gunakan serta ada keperluan Download Lecturer Matakuliah pesanan teman saya maka saya memutuskan untuk menggunakan AXIS.

Dan ternyata memang benar, seperti selogan AXIS yaitu “BAIK YA”. Memang baik, karena apa yang saya dapat ketika menggunakan AXIS benar-benar baik meski Tarif Internet AXIS yang Rp. 1/ KB saya rasa cukup tidak baik dan tidak bersahabat sama kantong mahasiswa gak jelas seperti saya ini. Terlepas dari pikiran cukup mahalnya tarif, yang penting adalah bagaimana saya bisa nyaman berselancar di Internet tanpa harus berlemot-lemot ria.

Disela-sela download say iseng pengen nge-tes Speed dari AXIS dan saya bandingkan dengan koneksi menggunakan IM2. Kondis saat melakukan Speed test untuk membandingkan Speed IM2 dengan AXIS ini adalah :

  1. Waktu pengetesan kira-kira Pukul 22.00 sampai Pukul 24.00 WIB.
  2. Modem menggunakan Hwawei dengan type E-220 (Firmware Upgrade).
  3. Kondisi Signal Middle End (kira-kira 3 bar versi Mobile Partner).
  4. Test Koneksi menggunakan layanan speed test dari Speedtest.net
  5. Kondisi IM2 pada Speed 64 Kb/s alias out dari quota(gak adil banget yach).

Berikut Screenshoot hasil Speed test

Hasil Speed Test AXIS
Hasil Speed Test AXIS
Hasil Speed Test M2
Hasil Speed Test M2

Seperti yang tampak pada kedua Screenshoot hasil test Speed di atas, tampak bahwa AXIS lebih unggul di bandingkan IM2. Hehe ya jelas sajalah, lha wong kondisi IM2 nya gak Fit alias kondisi Out Of quota. Namun pasti sampeyan semua setuju meski pada kondisi fit pun M2 masih kalah sama AXIS (Screenshoot test speed kondisi fit dari IM2 Menyusul).

Meski sekilas tampak bahwa Axis lebih unggul dari IM2 namun ada satu kekurangan dari AXIS yaitu Tarif yang mahal seperti yang saya sebutkan pada awal postingan tadi. Bayangkan saja saya menggunakan AXIS dengan Saldo Rp. 25.000,- hanya bisa digunakan beberapa menit saja tepatnya hanya bisa melakukan transfer data sebesar 25 MB saja uploud dan download. Wew mahal bukan.

Begitu pula IM2, meski sekilas tampak tidak ada apa-apanya namun kita masih bisa browsing dengan tenang karena kita tidak dipusingkan dengan Pulsa atau saldo kita tinggal berapa. Hati tenang saat Browsing.

Jadi sampeyan pilih menggunakan yang mana??? menggunakan layanan internet yang Powered, bener-bener kencang speednya namun harga yang sangat mencekik ataukah sampeyan menggunakan layanan internet biasa saja bahkan bisa di bilang sedikit lemot namun gak perlu memikirkan kocek yang harus dikeluarkan dari saku kita… sampeyan pilih mana kawan???

services todd brite inc clean yarger

Posting menarik lainnya

23 Comments

  1. @annosmile :
    Wah kang harus nyoba nech….

    @pak Guntar :
    Iya pak mestinya seperti itu… tapi yang di sayangkan ya M2 nya ini pak.. hehehe….

    @rZd :
    Setuju sama sampeyan mbak… hehehe….

  2. kalo aku, pinginnya pake yg stabil ae lah drex. imho, lebih oke gprs tapi lancar nggak putus2 daripada hsdpa kencang tapi pedotan.

    soal harga, nunggu realisasi rencana pak nuh yg katanya mau nurunkan tarip setelah pemilu 🙂

  3. lho.. kayaknya sepidi memang lebih unggul walo gak praktis..

    kan mau turun unlimitednya 275rebu.. wiiiiiihhh.. mupeng banget..

    *tapi aku masih menjagokan plash..*

    wekekekkeke

    -soal e duwene mek iku thok-

  4. @ gajah_pesing :
    Mayak puol (idiot)

    @ luxsman :
    ndi gak ono ngono…

    @ denologis :
    Aku gak bisa boz, coz anak KOz gak ada Telpon yang bisa di pake’ terlebih ibu koz ga ngebolehin.

    @ mas fahmi :
    Pengen nya juga kayak gitu mas, tapi apa mau di kata kondisi tidak memungkinkan.. hehehe 😀

    @ pak gempur :
    Wah pak gempur setia rek sama yang 2GB heheh

  5. menurutku IM2 ituh produk gagal, bukti ketidaksiapan infrastruktur yang digunakan untuk berpindah teknologi yang lebih tinggi. pemerintah pun kayaknya masih belum bisa mengoptimalkannya.

    btw kok, AXIS (GPRS) malah dibanding ama IM2 yang udah HSDPA?

    harusnya dibandingin ama Fren Mobi atau SMART jump, hehehe….

  6. gua sih pake im2 selama 2 bulan ini, lancar kok bro… memang agak lemot dikit pas malam hari tapi wajar kok.. kan mrk juga trus memperbaiki… buktinya skrng gua baca di detiknet, indosat lagi nambah bandwith…

  7. Waduh.. kalo di kantorku tuh pake IM2.. Najis surajis bener lemotnya!! Gila2an.. Udah capek bangeet!!!! mau pake axis? Weleh kok mahal gila ya.. hhuhuhu.. thx for the info anyway.. 🙂

  8. gua pake smart (belinya yg harganya 3oorb-an)di wisma 77, pelan yak…

    sedangkan klo gua pinjem punya temen kantor gua, im2 broom.. mala lancar bos….

    menurut pengalaman gua, im2 lebih mending dibandingkan smart…

  9. gua pake axis di slipi, pelan yak…

    sedangkan klo gua pinjem punya temen kantor gua, im2 broom.. mala lancar bos….

    menurut lokasi kah ??

    menurut pengalaman gua, im2 lebih mending dibandingkan axis…

  10. hai, aku orang baru ni dari bandung. Menurut pengalamanku yang baru “satu hari ini saja”,. ternyata IM2 lancar, kecepatannya lumayan dan belum ketemu ma trouble. mudah2an aja begitu seterusnya.,.

  11. menurut saya im2 lebih inggul . saya menggunakan m2 classic speed nya 3,134kbps
    sesuai dengan janji m2 up to 3.6mbps
    download 10mb 25detik. sungguh saya tidak mrngada2 . terimakasih.

  12. oe bat…
    aq udah pernah nyobain AXIS lah wong kartu GSM ku yo axis pisan.
    secara umum dan udah pernah aq bandingkan dengan Flash di kosku daerah Mojo Sby,Axis emang lebih unggul..
    dan klo volume based emang kemahalan,bisa langganan paket layanan data (kyk IM2) bisa bulanan atau harian.Klo ga salah yang paket 512MB perbulan kena 40ribu,klo 1 Gb perbulannya kena cuma 80ribu,dst…
    murah to,dan kayaknya yang pake juga masih dikit jadi mau berselancar untuk beberapa bulan kedepan masih bisa nyaman dan senang

  13. gan, pernah cobain ceria blom? klo ma m2 jelas jauh diatas cma klo ma axis blom pernah nyoba cz ga masup coverage.. tp klo mang oke ga masalah jg q nyoba pke antna exsternal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *