Dari 4 Online Travel Agent Populer Ini, Mana yang Berani Banting Harga untuk Hotel Mewah?

Pilih-Online-Travel-Agent

Pilih-Online-Travel-Agent

Sebagai orang yang senang traveling, saya sudah banyak melakukan perjalanan ke berbagai kota. Pilah-pilih hotel jadi salah satu hal yang benar-benar jadi perhatian saya. Bagaimana tidak? Fungsi hotel sebagai tempat menginap kan seharusnya memang maksimal, mengingat di sinilah saya akan beristirahat setelah melakukan banyak aktivitas seharian. Karena masalah kenyamanan ini, saya jadi berpikir, menginap di hotel mewah enak kali ya.

Kenyamanan beristirahat di hotel mewah berbintang lima memang sudah tidak perlu diragukan lagi. Sudah kualitas pelayanannya jempolan, hotel semacam ini juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas unggulan yang pasti memanjakan tamunya. Tapi, seperti kita ketahui bersama, hotel mewah bisa dipastian harganya selangit.

Karena penasaran dengan informasi dari teman bahwa jika kita cermat dan ulet kita bisa mendapatkan harga paling murah dari hotel mewah dengan bandingkan penawaran yang ada di online travel agent populer di Indonesia. Saya pun iseng-iseng melakukan riset sederhana. Riset? Ngeri bahasanya. Ya, saya melakukan perbandingan harga kamar hotel di empat online travel agent (OTA) populer di Indonesia yaitu Agoda, Nusatrip, Tiket dan Traveloka.

Untuk sampel, saya pilih hotel Mandarin Oriental Jakarta. Kenapa pakai hotel ini? Konon, hotel ini tak cuma mewah, tapi juga jadi pilihan terbaik di kalangan traveler. Ini terbukti dengan keberhasilannya menyabet penghargaan di 2015 Traveler Choice Award oleh TripAdvisor.

Lalu, agar riset ini adil dan berimbang, detail kamar yang dipesan harus disamakan. Saya menggunakan kamar Double/Twin Superior yang bisa menampung sampai dua orang tamu. Untuk tanggal menginap, saya memilihnya secara random yaitu 7-8 November 2015. Sudah lewat dong? Ya iya lah, namanya juga riset, butuh waktu untu mengerjakannya dan riset iseng ini saya kerjakan beberapa waktu yang lalu.

Seperti apa hasil riset sederhana ini? Yuk, disimak!

Agoda

Traveler mana yang tak mengenal Agoda? OTA ini menyediakan layanan pesan hotel dan menjadi salah satu yang populer di Indonesia. Berapa harga yang ditawarkan oleh Agoda untuk satu kamar di Mandarin Oriental Jakarta? Ini dia:

 harga kamar Mandarin Oriental Jakarta di Agoda
Rincian harga kamar Mandarin Oriental Jakarta di Agoda

Total harga yang harus dibayarkan adalah Rp3.296.643 setelah ditambah pajak dan biaya layanan. Untuk sebuah kamar di hotel mewah ini, sepertinya harga segitu sudah lumayan, ya. Tapi bagaimana dengan harga yang ditawarkan OTA lain?

Nusatrip

Beranjak ke OTA berikutnya. Kira-kira berapa harga yang berani ditawarkan oleh Nusatrip? Setelah memilih kamar dengan detail yang sama mulai dari waktu menginap dan tipe kamar, ini yang saya dapatkan dari Nusatrip:

harga kamar Mandarin Oriental Jakarta di Nusatrip
Rincian harga kamar Mandarin Oriental Jakarta di Nusatrip

Serius harganya Rp2.792.352? Wah, bedanya jauh sekali dari Agoda yang mematok harga sampai Rp3.296.343 untuk kamar yang sama. Perbedaan harga yang jauh ini bikin saya deg-degan juga, apa iya masih ada OTA lain yang berani kasih harga lebih murah lagi?

Tiket

Setelah Agoda dan Nusatrip menawarkan harga yang jauh banget selisihnya, saya mulai deg-degan saat akan cek harga di Tiket. Tiket.com berani kasih harga berapa sih?

harga kamar Mandarin Oriental Jakarta di Tiket
Rincian harga kamar Mandarin Oriental Jakarta di Tiket

Sayang sekali, ternyata harga yang dikasih malah lebih mahal dari Nusatrip, yaitu Rp3.090.698. Tapi meskipun lebih mahal dari Nusatrip, Tiket tetap menawarkan harga yang lebih murah dibandingkan dengan Agoda.

Tinggal satu OTA, nih, yang belum dicek. Hmm, penasaran banget. Apa iya cuma Nusatrip yang berani kasih harga murah dan jauh di bawah pesaingnya? Traveloka wani piro?

Traveloka

harga kamar Mandarin Oriental Jakarta di Traveloka
Rincian harga kamar Mandarin Oriental Jakarta di Traveloka

Tak usah menunggu lama karena saya langsung melakukan cek harga di Traveloka. Berani kasih berapa ya OTA yang satu ini?

Apa? Tidak bisa dipercaya tapi ini kenyataannya. Nusatrip bukan lagi yang termurah karena Traveloka berani banting harga dan menjadi yang paling murah! Rp2.755.669 yang ditawarkan oleh Traveloka menjadi tarif menginap terendah yang berhasil saya himpun dari riset sederhana ini.

KESIMPULAN

Dengan detail pemesanan yang sama mulai dari tipe kamar sampai tanggal menginap, Traveloka berani pasang harga dengan selisih sebesar Rp540.974 lebih murah dari Agoda, Rp36.683 lebih murah dari Nusatrip, dan Rp335.029 lebih murah dari Tiket! Riset sederhana ini jadi semacam informasi penting buat saya. Jika suatu saat saya beneran mau menginap di hotel mewah, saya sudah tahu harus pesan di mana.

Bayangkan, kalau hotel mewah saja si Traveloka berani kasih harga terendah ketimbang OTA lainnya, gimana dengan hotel yang memang sudah murah? Ah, jadi nggak sabar buat jalan-jalan lagi!

Posting menarik lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *