Belajar Banyak dari Matt Mullenweg di Meetup WordPress Jakarta

Matt Mullenweg

Matt Mullenweg

Setelah hanya bisa mupeng dan memantau saja melalui linimassa Twitter acara Wordcamp 2009 yang saat itu dihadiri oleh orang nomor 1 WordPress, Matt Mullenweg, akhirnya Senin (02/6/2014) kemarin saya berkesempatan mengikuti acara yang juga dihadiri oleh Matt. Acara Meetup #3 WordPress Jakarta.

Alhamdulillah, setelah 1 tahun menjadi bagaian dari Ibu Kota saya mencoba aktif untuk ikut acara-acara kreatif di kota ini, salah satunya adalah acara Meetup teman-teman WordPress Jakarta. Sedikit tentang acara Meetup WordPress Jakarta, ini merupakan ajang kopi darat atau kumpul-kumpul teman-teman pengguna, developer, desainer, konsultan, dll yang menggunakan platform WordPress yang ada di Jakarta. Acaranya biasanya digelar setiap bulan. Tak sekedar kopdar dan kumpul-kumpul saja, di Meetup WordPress Jakarta ini juga diisi dengan diskusi dan sharing tentang pengalaman menggunakan WordPress. Sharing pengalaman dari mulai sekedar pakai, kostumisasi wordpress, hingga hardcore coding WordPress dibahas di setiap Meetup.

Kembali lagi ke Matt Mullenweg. Acara Meetup WordPress Jakarta dengan tamu spesial founder WordPress dan Automattic ini adalah Meetup ke-3 di tahun 2014. Acara Meetup ini digelar di Ruang Auditorium, Anggrek Campus Binus University, Jakarta. Acara digelar mulai jam 19.00 WIB sampai dengan jam 22.00 WIB. Seperti biasa, kalau acara di kampus selalu diawali sambutan dari tuan rumah. Hehehe… Dan sambutan dari perwakilan WordPress Jakarta, Mas Valent Mustamin.

Ada yang menarik perhatian saat orang nomor wahid WordPress yang memiliki nama panjang Matthew Charles Mullenweg naik ke panggung utama. Apa coba? Meskipun Matt menggunakan setelan resmi, pakai kemeja dibalut jas dan celana panjang, dia tetap PD menggunakan sandal japit di depan yang hadir. Nyleneh memang. Tapi jika tidak nyleneh, mungkin postingan ini tidak menggunakan CMS, kenapa? Karena Matt memang nyleneh. Ia memilih tidak menyelesaikan kuliah Political Science-nya di University of Houston dan memilih menekuni ilmu komputer dan mengembangkan WordPress.

Ya, dalam kesempatan ini Matt menceritakan dari awal bagaimana ia mengembangkan WordPress pertama kali pada tahun 2003. Ia mengatakan, bahwa Ia tertarik untuk menekuni ilmu komputer dan mengembangkan wordpress saat itu karena ingin banyak orang bisa dengan mudah membuat sebuah website dan menuliskan pemikirannya di Internet yang berplatform opensource. Kerja keras Matt patut diacungi jempol karena ia memulai wordpress dari bawah hingga seperti sekarang dan bisa mendirikan perusahaan bernama Automattic.

Selain memaparkan awal mula ia mengembangkan WordPress, di acara ini Matt juga memaparkan rencana pengembangan WordPress ke depan. Ia menjelaskan bahwa saat ini Automattic sebagai induk perusahaan yang menaungi pengembangan WordPress tengah mengembangkan WordPress ke level yang lebih tinggi, mengembangkan WordPress tak hanya sebagai Blog Provider (wordpress.com) dan Content Management System (wordpress.org) tetapi menjadi sebuah platform Web Apps.

Kurang lebih 3 Jam bersama Matt Mullenweg, saya merasa bahwa seorang Matt adalah orang yang rendah hati, visioner, dan seorang humoris. Ini tercermin dari sikapnya ketika ia berada di atas panggung dan berinteraksi dengan peserta.

Di sela-sela memperhatikan pemaparan dari Matt, ada yang menarik perhatian saya dari meja operator. Sebuah notebook yang tak lazim, menurut saya. Dari chasing bagaian belakang layar ada yang tak lazim. Jika biasanya yang menyala adalah logo Apple “gupil”, kali ini yang menyala adalah logo WordPress. Amazing, baru lihat saya. Tak perlu banyak bertanya, saya langsung tahu bahwa notebook itu milik Matt. Hehehe…

Mac WordPress
WordPress Notebook?

Overall keren banget acara Meetup WordPress Jakarta kali ini. Saya dapat belajar banyak dari pengalaman yang dipaparkan Matt. Mulai bagaimana ia bekerja keras untuk membuat platform wordpress dan sikap rendah hatinya meskipun telah menjadi salah satu orang yang berpengaruh di Internet dengan segudang pernghargaan.

Nah, untuk teman-teman WordPress Jakarta, terimakasih banyak sudah membuat Meetup super keren yang membuat keinginan saya di tahun 2009 ini terwujud. Bisa satu ruangan dengan Matt Mullenweg, Founder WordPress dan Autimattic, ya meskipun saya gagal foto bareng dengan Matt tapi tak apalah. Yang penting apa yang di bagikan Matt di Meetup kali ini sangat keren dan bermanfaat. Hehehe…

Tak sabar untuk menunggu kejutan di Meetup WordPress Jakarta selanjutnya. 🙂

Oh ya, yang ingin tahu lebih banyak tentang Meetup WordPress Jakarta bisa langsung buka wpjkt.org

Posting menarik lainnya

7 Comments

  1. Huhahaha sandalan jepit tenanan ik.. lucu ik..

    Berati kak Matt iki DO dong? Wah kok wong2 hebat podo seneng DO ya? Aku barang yo DO sih, berati aku hebat? #eh

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *