Masa-masa Stress Kuliah

Sebuah Perenungan Akhir Semester

Masa kuliah bisa dibilang bukan lagi seperti masa Sekolah atau masa-masa SMA yang dianggap sebagai  masa-masa yang paling indah. Memang tidak sepenuhnya masa kuliah itu suram atautidak  indah, namun mungkin dari sampeyan sendiri yang sudah pernah mengenyam bangku kuliah pasti merasakan betapa sengsara dan harus berjuang keras melawan tugas kuliah, laporan, praktikum, dan tetek bengek yang berhubungan dengan kuliah kita. Tak jarang kita harus begadang agar semua yang menjadi kewajiban kita tersebut dapat terselesaikan.

Nah saya sendiri yang Alhamdulillah sampai detik ini masih berstatus sebagai mahasiswa aktif ini pun merasakan dan mengalami masa-masa suram atau Masa-masa Stress Kuliah dan Stress menjadi seorang mahasiswa. Salah satu contoh, saat awal kuliah dan baru lulus dari bangku SMA harus berhadapan dengan namanya OSPEK a.k.a Pengkaderan yang nota bene menjadi momok bagi calon mahasiswa baru maupun siswa SMA yang memiliki keinginan untuk melanjutkan kuliah. Namun stress yang saya alami ketika harus susah payah dan bangun pagi ketika mengikuti pengkaderan itu hanyalah awal dari Masa-masa Stress Kuliah yang sesungguhnya.

Setelah hampir menempuh tiga Sememeter kuliah ini, saya benar-benar telah merasakan Masa Stress yang lebih dan sangat komplek yaitu pada Semester tiga ini. Bagaimana tidak, terbukti 2 minggu ini saya harus rela begadang hampir setiap hari untuk mengerjakan tugas, laporan, presentasi dan demo program untuk Proyek akhir setiap mata kuliah. Duh.. badan ini rasanya hancur dan Payah. Bagaimana tidak, semester satu dan dua masih berleha-leha, tertawa sana-sini, bisa main kesana kemari, namun sekarang jangan kan berleha-leha tawa ajah susah karena apa yang ada di benak ini hanya tugas dan tugas. Namun Alhamdulillah sekarang sudah bisa sedikt benapas lega, semua tugas telah selesai dan semester tiga pun udah hampir selesai meskipun tinggal UAS saja.

Yah seperti itulah. Namun kita tidak boleh menyerah atau putus asa. Inilah yang dinamakan sebuah pilihan. Saya atau sampeyan memilih untuk kuliah maka mau tidak mau, suka tidak suka kita harus merasakan masa-masa Stress kuliah. Tapi jangan khawatir, bukankah setiap permasalahn selalu ada penyelesaiannya???

Sebelum mengakhiri postingan ini saya ada sedikit tips dan saran berkenaan menghadapi Stress Kuliah ini yang mungkin berguna buat sampeyan semua mungkin juga tidak. Ini dia sekelumit Tips nya…

  1. Jangan pernah menunda-nunda pekerjaan apabila mendapatkan tugas. Karena dengan semakin sering menunda mengerjakan tugas semakin menumpuk pulalah tugas kita. Jika sudah menumpuk maka rasa malas bakal keluar dan akhirnya tugas tak terselesaikan.
  2. Jangan mengangap enteng sebuah masalah atau tugas. Terkadang apa yang kita anggap mudah itu belum tentu mudah, justru dengan anda meremehkan sebuah tugas berarti anda menambah etaka dalam hidup anda.
  3. Manfaatkan waktu sampeyan semaksimal mungkin untuk mengerjakan tugas dan belajar, karena sungguh sangat merugi sampeyan jika waktu kita terbua sia-sia karena waktu terus berjalan maju, tidak bisa di kembalikan lagi jika telah telewatkan 1 detik pun.
  4. Yang paling utama adalah kurangi sifat pemalas sampeyan semua.

Okeh itulah sedikit Cerita dan Sharing dari saya tentang Masa-masa Stress Kuliah. Semoga sampeyan semua bisa menghindari Stress kuliah.

Buat temen-temen yang masih kuliah tetep semangat dan selamat liburan Minggu tenang sebelum UAS semester Ganjil… Semoga di semester mendatang bisa lebih baik dari semester sekarang dan terhindar dari masa-masa Stress Kuliah….  Tetep semangat buat sampeyan semua….

Posting menarik lainnya

27 Comments

  1. @mantan kyai
    Bukan saya mas yang nyepam…. itu erorejing plugins Akismet paling……

  2. @gajah_pesing
    Lha modelnya… pake’ salam kenal segala… kayak apa ajah…
    @BlaGaBloger
    Okeh sip-sip….

  3. wah nak.. postinganmu makin lama makin serius.. btw, iya bener jangan males2. nti kyk mbakmu yg terpaksa 5 tahun di kampus STIKOMP (pake ‘P’) :((

  4. Hmmm….
    Tips yang diberikan kok sepertinya berdasar dari pengalaman pribadi… 😆
    Sebenarnya kalau bisa melaksanakan 4 poin tersebut, mungkin tidak akan mengalami penumpukan tugas yang harus diselesaikan dalam waktu yang mepet atau bersamaan.

    Halah, lha wong saya juga masih sering menunda pekerjaan yang datang… :wk:

    Posting Terakhir dari sapimoto Adalah..Rumah Pohon Taman Dayu|Rencana Liburan

  5. artikelnya bagus tetapi bahasa indonesia nya masih perlu belajar karena tata bahasanya berantakkan baget

  6. Maaf gan agak curhat dikit,saya sudah berhenti kuliah sudah beberapa bulan terakir ini dengan alasan nilai saya anjlok semua dikarenakan saya mungkin terlalu nyantai & hobi saya yaitu main motor trail kurang mendapat dukungan dari kedua orang tua saya,dan akhir nya sedikit frustasi dan jenuh memikirkan kuliah terus menerus dan tidak dibarengi dengan hobi saya. Pertengahan bulan januari kemarin saya disuruh orang tua saya untuk minta surat keterangan aktif kuliah dengan alasan untuk membuat kartu bpjs,dari situlah saya menjadi cemas berlebihan hingga akhirnya saya meminta pertolongan kesana kemari tapi tidak dapat,dan saya pun terpaksa membuat sendiri surat itu dengan sedikit bantuan dari teman saya. Saya tahun ini berjanji kepada kedua orang tua kalo saya tahun ini wisuda tapi fakta nya berbanding terbalik,dan sampai sekarang pun orang tua saya terus menanyai saya kapan skripsi 🙁 maaf gan curhat saya agak panjang dan saya juga minta solusi sebaik mungkin. Terima kasih sebelum nya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *