Mudah Membangun Web dengan Dreamweaver

Beberapa orang mungkin memiliki gagasan bahwa membangun sebuah situs web adalah tugas yang memerlukan ketelatenan, terutama untuk seseorang yang baru mendengar istilah teknis dalam dunia web developing seperti Dreamweaver. Namun, apa yang tidak mereka sadari adalah bahwa ada langkah-langkah yang dapat dengan mudah dipelajari dan diikuti bahkan untuk seorang pemula di bidang web desain. Belajar bagaimana membangun sebuah website menggunakan Dreamweaver tidak sulit, karena anda cukup mengingat langkah demi langkah membuat sebuah web dengan kita mengikutinya.

Adobe Dreamweaver merupakan program editor halaman web keluaran Adobe Systems yang dulu dikenal sebagai Macromedia Dreamweaver keluaran Macromedia. Program ini banyak digunakan oleh pengembang web karena fitur-fiturnya yang menarik dan kemudahan penggunaannya. Dreamweaver adalah alat yang sangat berguna baik untuk pemula dan profesional web. Hal ini dikarenakan Dreamweaver mendukung berbagai teknologi web dan berbagai server-side scripting languages. Anda dapat menggunakannya sebagai sebuah program perangkat lunak yang berdiri sendiri atau menggunakannya bersama dengan web designing tools lainnya.

Nah melalui postingan kali ini saya ingin berbagi apa yang harus anda lakukan untuk membangun sebuah website dengan Dreamweaver, langkah-langkah yang harus anda lakukan adalah :

Langkah pertama, Instal program Dreamweaver pada komputer Anda. Setelah program terinstal dengan benar, buka program untuk mulai menggunakan. Mulailah dengan mengklik pada File dan kemudian pilih New dari menu drop-down. Sebuah jendela pop-up akan terlihat dan akan menanyakan apa jenis web yang ingin Anda ciptakan. Klik “Basic Page” kemudian klik “Create”. Sekarang Anda akan membuka halaman di mana anda akan mengerjakan web.

Langkah ke-2, Anda dapat menyimpan file yang telah dibuat dengan mengklik pada File dan pilih “Save As” dari menu drop-down. Buat folder dengan nama “public_html” yang kemudian akan berisi semua file yang akan diupload di halaman ini. Simpan halaman yang Anda buat tersebut menggunakan nama file “index.htm” dalam folder yang sama.

Langkah ke-3, Sekarang Anda dapat mulai membangun website Anda. Anda dapat mulai dengan mengetik judul di sisi tengah atas halaman. Sorot judul dan pilih warna, font dan ukuran yang Anda ingin gunakan.

Langkah ke-4, Isi website Anda dengan apapun yang Anda inginkan untuk tampil di situs Anda. isi dari situs Anda harus menyenangkan untuk dilihat dan wajib menyenangkan, informatif dan relevan dengan target pengunjung web Anda. Sekali lagi, Anda dapat mengubah gaya teks Anda dengan mengklik Window dan kemudian Properties.

Langkah ke-5, Anda dapat menggunakan toolbar yang ada untuk membuat perubahan terhadap efek visual dari website Anda. Anda dapat menambahkan warna latar belakang yang bebas untuk teks Anda serta membuat link ke situs-situs lain. Kemudian, ulangi proses yang sama dengan perubahan dan penambahan lainnya yang ingin Anda lakukan di situs yang Anda buat.

Langkah ke-6, Tambahkan beberapa gambar untuk menghidupkan citra situs atau web yang Anda buat. Untuk menyimpan gambar atau file-file gambar, letakkan pada folder yang sama di mana Anda menyimpan halaman Web, “index.htm”.

Langkah ke-7, Untuk membuat website Anda dapat dicari melalui mesin pencari, Anda harus membuat metatag. Untuk melakukan ini, pertama klik pada “insert” kemudian pilih “head”. Bila Anda melihat “description”, klik dan tulis jenis deskripsi dari situs Anda. Gunakan prosedur yang sama untuk mulai menambahkan keyword (kata kunci) dari Web yang anda buat. Pastikan Anda menambahkan tanda koma dan satu spasi setelah setiap kata kunci untuk memisahkan antara keyword datu dengan keyword yang lain.

Seperti yang Anda lihat, proses bagaimana membangun sebuah website menggunakan Dreamweaver benar-benar tidak begitu sulit. Buat halaman web baru, isi web seuai dengan keinginan kita, letakkan file-file pendukung pada satu folder yang sama, masukkan metatag pada bagaian head, selesai. Mudah bukan? Hanya saja pastikan untuk menyimpan file Anda setelah melakukan setiap langkah dan website Anda akan siap untuk diupload di internet.

So, Membuat Web itu mudah!! Hanya perlu berlatih.. berlatih dan berlatih.. Kita pasti bisa!! (goodluck)

Posting menarik lainnya

10 Comments

  1. tidak dipungkiri, Dreamweaver sangat berjasa kepada saya… Sayangnya akhirnya saya tinggalkan karena saya pindah ke opensource…
    sedikit nambah di alinea terakhir: saya tambahi sedikit logika dan ketelitian… beres deh!
    salam sukses!

    1. Wehehehe.. Inggih kang andy.. makasih tambahannya.. Btw saya juga sudah mulai pakai Opensource pak untuk mendevelop website.. dan Alhamdulillah ndak ada masalah.. sama saja, pakai jendela atau opensource.. hehe..

      1. lha masalahe saya anti pakai wine, jadi pakai aplikasi lain.
        kl aplikasi opensource setara dreamweaver sih banyak tersedia. saat ini saya masih kesusahan bikin gambar2 flash, karena aplikasi pembuat gambar flash di opensource belum banyak tersedia, kalaupun ada masih ribet… bisa kasih saran???

        1. Walah.. Justru saya mau tanya sampeyan kang.. Aplikasi yang setara Dreamweaver ntu apa aja? Yang aku tau seh cuma Quanta, Bluefish, karo NVU..

          Nah kalo buat Flash.. saya ndak tau blas.. hehehe..

  2. Sampai saat ini sy blum pernah menyentuh dremwfer! Karena sy blm pernah buat web. Palingan local host aja! Buat ngoprek themes dan plugin wp. He
    ubuntu sy mulai menggunakanya!

    1. Wehehe.. sip..sip.. meski pake Localhost, aku editor e selalu pake Dreamweaver kang.. apa lagi di tambah plugins untuk wordpress.. tambah jos.. tapi sak iki wes mulai belajar nggawe Opensource.. :))

  3. sampai saat ini, saya masih bingung menimbang2 aplikasi pengganti dreamweafer yang mumpuni buat dipasang di Ubuntu 😕

    1. Dulu awalnya saya juga susah nyari pengganti Dreamweaver untuk digunakan di Ubuntu atau Opensource pada umumnya.. Tapi dari googling dan bertanya teman-teman, akhirnya saya menemukan beberapa editor yang mirip dengan Dreamweaver, Salah satunya adalah NVU 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *