Kopdar & Jalan-jalan Netizen Surabaya

Sabtu 11 Desember 2010 kemarin Alhamdulillah salah satu mimpi teman-teman Blogger Surabaya untuk mengadakan acara Jalan-jalan / Heritage Surabaya bareng rekan-rakan Netizen yang ada di Surabaya dan Rekan-rakan Blogger dari kota lain terwujud. Acara jalan-jalan mengenalkan tempat-tempat wisata yang keren di Surabaya tersebut masih menjadi satu rangkaian dengan acara Ulang Tahun ke-3 Komunitas Blogger Surabaya Tugu Pahlawan [dot] Com.

Hadir dalam acara tersebut teman-teman Blogger dari Komunitas Blogger Ngalam (Malang), Komunitas Blogger Warok (Ponorogo), Komunitas Blogger Malhikdua, Komunitas Blogger Plat-M, dan teman-teman Komunitas Netizen yang ada di Surabaya seperti Surabaya Koprol Comunity (Sukoco), Kaskus Regional Surabaya, Plurker Surabaya, dan Yogya Free Code Surabaya. Rombngan teman-teman Blogger dari Luar Kota mulai datang Jum’at malam dan langsung beristirahat di penginapan yang disediakan oleh panitia di Asrama BLKI daerah Menanggal.

Kumpul Bareng Komunitas ULTAH TPC ke-3
Foto dahulu sebelum jalan-jalan
Pengarahan
Outboundkah ini??

Pagi (11/12) sebelum acara jalan-jalan dimulai, teman-teman yang hadir dalam acara tersebut berkumpul bersama terlebih dahulu untuk sarapan pagi dan mendengarkan sambutan dan pengarahan dari Abah Novianto PR selaku Ketua Pelaksana Acara Ulang tahun ke-3 TPC.Β  Sekitar Pukul 09.00 WIB 70 Peserta yang dibagi menjadi 2 bis itu berangkat ke Tujuan pertama Acara Heritage Surabaya.

Museum Kesehatan Surabaya
Narsis dulu di depan Museum Kesehatan

Tempat pertama yang dikunjungi dalam acara Heritage / Jalan-jalan Surabaya ini adalah Museum Kesehatan Surabaya yang berlokasi di Jalan Indrapura tepatnya di sebelah barat kantor Departemen Keuangan Surabaya. Bersama pemandu, peserta diajak berkeliling di dalam museum kesehatan dan Museum santet. Ya, di komplek museum kesehatan ini juga terdapat sebuah gedung yang isinya khusus meyimpan peralatan yang berhubungan dengan kesehatan budaya atau identik dengan santet dan klenik.

Museum AAL Bumimoro
Pengarahan dari Perwakilan Museum AAL
Planetarium AAL bumimoro Surabaya
Mendengarkan Penjelasan tentang rasi bintang
Museum AAL Bumi Moro
Tour di Museum AAL Bumimoro

Setelah puas loading informasi tentang kesehatan dan berfoto ria di area museum kesehatan, rombongan melanjutkan perjalanan ke Museum dan Planetarium Akademi Angkatan Laut Bumimoro Surabaya. Di tempat ke -2 ini taman-teman yang ikut dalam acara Heritage Surabaya mendapatkan pengetahuan Astronomi dari pemaparan Bapak Muslikh di dalam Planetarium. Setelah puas melihat gugusan bintang di dalam planetarium teman-teman dipandu masuk ke museum AAL yang ada dalam satu kawasan dengan Planetarium.

MONJAYA KOARMATIM
di depan MONJAYA Koarmatim

Tempat ke-3 yang menjadi tujuan selanjutnya adalah Monumen Jalesveva Jayamahe atau biasa dikenal dengan MONJAYA Koarmatim. Sebenarnya destination ke-3 ini merupakan destination tentative, karena ada pertimbangan segi keamanan diakibatkan kunjungan kita yang dilakukan di hari sabtu. Namun atas pertimbangan bapak kepala bagaian Humas Dinas Penerangan Koarmatim, akhirnya 1 hari sebelum hari H panitia mendapatkan izin untuk bisa berkunjung ke monumen Jalesveva Jayamahe.

di dalam Museum Monjaya
Mendengarkan penjelasan dari Letkol Yayan
Gong Kiai tentrem
Narsis di depan Gong Kiai Tentrem.. lah sopo iku ketok geger e??

Yang menjadi surprise dan daya tarik tersendiri ketika rombongan Netizen berkunjung ke Koarmatim saat itu adalah rombongan diperbolehkan masuk ke Koarmatim tanpa perlu prosedur yang rumit dan harus berpakaian formal sekalipun serta diberikan hak 100% untuk bisa menggambil gambar di tempat-tempat dengan himbauan dilarang memotret sekalipun.

sambuta Letkol YAYAN
sambutan dari Bagaian Humas dan Penerangan oleh Letkol YAYAN

Yang lebih menyenangkan lagi, rombongan diberikan kesempatan untuk naik ke atas kapal yang menjadi kebanggaan Indonesia yaitu KRI Dewaruci yang tengah bersandar di Pangkalan Koarmatim.

KRI Dewaruci
Di atas KRI Dewaruci yang tengah bersandar

Tujuan terakhir dari acara Heritage Putar-putar Surabaya ini adalah House Of Sampoerna (HOS). Seperti layaknya di museum-museum lain, di museum HOS teman-teman dipandu oleh guide untuk berkeliling komplek HOS.

HOS
Di depan House Of Sampoerna

Acara jalan-jalan hari itu ditutup dengan sebuah Game Fun yang sudah disusun oleh panitia untuk peserta Heritage Surabaya serta pembagian beberapa doorprice.

Nah malam harinya, teman-teman yang hadir dalam acara perayaan Ultah TPC ke-3 berkumpul di Aula lantai 7 Telkom Margoyoso Surabaya guna berdiskusi antar Komunitas menyoal isu-isu terbaru seputar dunia Internet.

Posting menarik lainnya

15 Comments

  1. Tanggal 19 Desember, silakan datang kembali ke armatim. Koarmatim menyelenggarakan Naval Base Open Day. Warga masyarakat bisa melihat dan berkunjung ke seluruh KRI yang sedang sandar. Gratis. Ajak saudara, handi tolan, keluarga, pacar, keluarganya pacar juga boleh diajak serta πŸ™‚

    1. Sebelumnya terimakasih banyak bapak karena kemarin telah memberikan izin dan menemani teman-teman Blogger dan Netizen untuk jalan-jalan ke MONJAYA dan KRI Dewaruci. InsyaAllah nanti tanggal 19 saya dengan teman-teman Blogger Surabaya dan teman yang lain akan menyempatkan datang di acara Naval Base Open Day…

  2. joosss mass… πŸ˜€ seru pokok’e… πŸ˜€
    Tapi aku ra melu diskusi.. malah cangkrung neng bus :))) lah wadoh lek mlaku mas πŸ˜€

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *