Konsep ReTweet dan Reply di Twitter

Twitter, sebagai salah satu microblog dan situs jejaring sosial baru, akhir-akhir ini menjadi cukup populer. Dari beberapa informasi yang berhasil saya kumpulkan, pengguna twitter di Indonesia menempati posisi lima besar teratas dari semua pengguna twitter di dunia. Sangat mengesankan bukan. Dari banyaknya pengguna twitter di indonesia ini, muncul sebuah komunikasi dua arah memanfaatkan twitter yang memungkinkan setiap pengguna twitter dapat merespons dan respons balik twitter pengguna yang lain.

Banyak pengguna twitter yang masih bingung bagaimana cara merespons tweet temannya dengan baik dan tidak menimbulkan kebingungan yang akhirnya menimbulkan kesalah pahaman. Memang pihak Developer twitter menyisipkan fitur Reply untuk membalas tweet dari user lain. Meski sudah ada fitur tersebut, masih banyak pengguna twitter yang masih bertanya-tanya dan bingung, hal ini dikarenakan fitur reply pada twitter tidak jelas untuk reply twit yang mana.

Bayak pengguna twitter yang salah kaprah menafsirkan fungsi Retweet ini. Fitur ReTweet yang ada di twitter sesungguhnya difungsikan untuk me-Tweet ulang tweet teman kita sehingga followers kita yang tidak follow teman kita tersebut dapat membaca tweet teman kita tersebut. Namun saking kreatif dan inovatifnya teman-teman pemakai twitter, akhirnya mereka memanfaatkan fungsi RT ini untuk membalas tweet pengguna twitter yang lain, hanya saja mereka perlu melakukan sedikit modifikasi atau edit ReTweet sebelum me-Tweet jawaban tersebut. Dan Edit ReTweet ini hanya bisa dilakukan di luar site utama twitter, entah itu Twitter For Web atau Mobile Twitter yaitu dengan memanfaatkan site pihak ke-3 yang menyediakan layanan Twitter Client seperti, dabr, tweete, ubertwitter, dll.

retweet yang salah

Memanfaatkan fitur ReTweet untuk membalas Tweet teman kita memang tidak salah dan merupakan hal yang sah-sah saja, tetapi alangkah baiknya jika kita melakukannya sesuai dengan fungsi yang ada. Dan terkadang ada beberapa Tweepes (pengguna twitter) yang risih dengan RT yang berulangkali dan bertumpuk-tumpuk (lihat gambar di atas), dan ada juga yang bilang aktifitas seperti ini penuh-penuhin Timeline. Nah lantas bagaiamana cara balas tweet yang bener dan tidak membuat pengguna twitter yang lain merasa risih?

Berdasarkan pengalaman dan apa yang saya liat dari teman-teman yang nge-Tweet, ada cukup banyak cara yang bisa digunakan untuk membalas tweet teman kita tanpa membuat teman kita risih. caranya adalah dengan melakukan reply langsung dan menambahkan re : twit mana yang di reply. Contoh variasinya adalah sebagai berikut :

  1. Reply dengan nama tweet teman di depan disusul tweet mana yang kita reply. Syntaxnya : @namaTwitTeman<spasi>Jawaban atas twit teman kita<spasi>re :<spasi>tweet yang direply. Untuk tweet yang direply usahakan jangan di tulis semua, ambil fokusnya saja biar tidak terlalu menghabiskan character kita. Contohnya liat gambar di bawah ini.
    retweet yang benar, frenavit putra, bodrex, avit
    retweet yang benar, RT, Frenavit Putra, Bodrex, Avit
  2. Reply dengan jawaban di depan kemudian diikuti tweet mana yang kita reply. Syntaxnya : Jawaban tweetnya<spasi>@namaTwitteman<spasi>re :<spasi>tweet yang direply. Hampir sama dengan yang pertama, usahakan tweet yang direply jangan di tulis semua, ambil fokusnya saja. Contohnya lihat gambar di bawah ini.

    retweet

Untuk melakukan reply ini tidak ada fitur khusus atau otomatis, kita melakukan modifikasi dan edit manual. Dan saya rasa tidak ada kesulitan berarti untuk melakukan hal ini.

Nah mudah bukan?? Apa yang saya tulis di postingan kali ini bukanlah pakem atau standar yang harus dipatuhi untuk nge-Tweet, melainkan hanyalah sebuah tulisan berbagi ilmu bagaimana membuat reply tweet yang baik dan tidak membuat risih orang lain. Jika anda masih suka dengan cara RT dan RT yang bertumpuk-tumpuk ya silahkan itu hak anda. Kalo saya lebih suka reply dengan 2 cara di atas.

So.. anda suka reply tweet dengan cara yang mana??

63 Komentar

  1. yang jelas lebih enak pake plurk karena ada komunikasi dua arah, sedang twitter memang dirancang utk ke satu arah ajah, itu kata pembuatnya lho

    Balas
  2. owalah ngunu ta drek, makane aku bingung.. dan baru tau juga dari arul bahwa twitter emang dirancang 1 arah. kalo gitu saya sepakat dengan arul, masih enakan plurk, terlebih, enakan facebook

    salam suskes
    twitter.com/deteksi

    Balas
  3. sy punya akun twitter, tapi jarang dipake, cuman buat nge follow teman2 aja, sama follow twetnya artis, hihihi..
    lebih asik nge-plurk ah..

    Balas
  4. thx buat infonya pake twitter di komp memang sangat pusing skrg udah ga thx ya sekalian promosi @aneugta^^

    Balas
  5. tetep agak bgung nih,trus lok ada yg replay tweet kita,ada pemberitahuanya ga om?(hehe,sorry,sya katro ya? )

    Balas
  6. hhaha , sblum tau dr blog ini , gue pkek cara yg mlalui fitur RT , kn dulu gak tau .
    tp thanks yah buat info nya :D

    Balas
  7. RT tuh “retweet” atau “reply tweet”
    saya selalu mengetik gini, contoh:
    kapan kau tidak malas? RT @maho: malasnya hari ini

    saya menekan tombol reply tapi di akhir saya sertakan RT, saya takut keliru benar tidak kalo gitu?

    Balas
  8. Wah ini info yang saya cari maklum newbie soal twitter! mas bisa gak minta reko untuk gabung di ibn! kalo boleh mohon balasan via email! tolong jg direviews apakah situs kami layak untuk itu! salam persahabatan!

    Hormat saya,

    Imam Sadikin

    Balas
  9. thanks yaaa
    smaklum lah aya pengguna baru di twitter,,
    lain kali jelasin beserta contohnya bagaimana penggunaan RT pada twitter

    Balas
  10. simana sich tu cranya biar kalau kita mau bals twett orang trus d blasan kita mzih ada tu twett orang nya
    cth: @manusiajg akan kah aku bahagia???
    trus ada jwaban kayak gni
    MUNGKIN RT @manusiajg akan kah aku bahagia???

    gtu,,, twett y orang ttep ad

    Balas

Tinggalkan Sebuah Komentar.