Mengenal Dunia Hantu Dengan Cara Unik Bareng @TrioHantuCS

Trio-Hantu-CS

Trio-Hantu-CS

Apa yang ada di benak sampeyan ketika mendengar kata hantu? Seram dan menakutkan? Ya, jangankan sampeyan, saya aja kalau dengar kata hantu juga bergidik dan tak jarang merinding karena takut. Gimana gak takut, lagi asik jalan, tiba-tiba teman bilang, “Tahu gak sih kalau banyak yang bilang di pohon itu ada penunggunya – kata ganti hantu .red – loh!” Salah gak kalau mak bedunduk tiba-tiba bulu kuduk berdiri? Gak salah kan?

Nah, walaupun hantu ini kesannya seram namun keberadaan hantu ini banyak mengundang perhatian orang yang penasaran bahkan karena hal tersebut hantu dapat dikomersialkan. Loh kok bisa hantu dikomersialkan? Bisa dong, la itu lihat saja beberapa tayangan TV yang menayangkan tayangan kolaborasi artis manusia dan hantu. Walaupun tak sehits beberapa tahun lalu, tayangan hantu komersial ini sampai sekarang masih eksis dan tetap punya fans tersendiri.

Berbeda dengan para produser tayangan hantu TV komersial yang menjual keseraman hantu di TV, salah satu teman animator kreatif di Surabaya sebut saja namanya Cak Waw@CakWaw membuat sesuatu yang berbeda pada dunia hantu. Ia bersama dua temannya -awalnya- (kini tinggal Cak Waw & Yudis) mengubah kesan seram dan berat dari hal mistis menjadi sesuatu yang ringan dan jauh dari kata seram. Bahkan boleh dibilang, lihat hantu dikarya mereka kita bisa ketawa ngakak terbahak-bahak. Cak Waw memberi nama karyanya dengan nama Trio Hantu CS.

Ya, pasti sampeyan sudah bisa nebak. Trio Hantu CS ini sebuah animasi karya tangan kreatif Cak Waw dan beberapa temannya. Mengeksplor dunia hantu dalam sebuah karya animasi. Ini menarik menurut saya. Hantu yang selama ini kasat mata dan hanya imaji dari sebuah deskripsi manusia divisualisasikan apik oleh Cak Waw dalam bentuk animasi bergerak. Sekali lagi visualisasi hantu di Trio Hantu CS ini jauh dari kesan menyeramkan seperti visualisasi hantu hasil penerawangan aki-aki di tayangan Televisi yang itu.

Trio Hantu, karakter utamanya hantu? Bukan ternyata. Tiga karakter utama di karya kreatif Trio Hantu CS ini tiga orang CS-an yakni, Cawa, Kibro, dan Udis. Mereka bertiga menyebut dirinya “Tim Diburu Hantu” – ya mungkin karena di serial vide webseries dan komik-komiknya mereka sering ketemu hantu, aneka ria macam hantu.

Dari Hantu Cengengesan hingga Kenalan dengan Hantu lewat #HANTUPEDIA

Tak hanya video webseries saja. Para pungguwa di balik layar Trio Hantu CS ini juga membuat beberapa konten kreatif yang benar-benar menarik, seperti komik strip yang saya sebut komik strip “Hantu Cengengesan” (cengegesan = slengekan .red) hingga saya dibuat mengeluarkan O Statement saat menyimak komik strip ber hashtag #HANTUPEDIA.

Komik strip Cengegesan Trio Hantu CS ini komik strip bertemakan hantu yang kekinian banget. Saya sebut kekinian lantaran tema-tema hantu yang diangkat benar-benar kekinian dan menyoal isu-isu hits khas kekinian. Misal slepetan ke jomblo saat malam minggu, hantu valentinan, hantu galau, dsb. Pokoknya bener-bener cengengesan jauh dari kesan horor, tapi tetap kreatif.


*** Contoh Komik Strip Cengengesan karya TrioHantuCS ***

#HANTUPEDIA. Ini bisa dibilang sebagai ensiklopedia dunia hantu. Hantu pedia mengangkat hantu-hantu urban legend yang ada di seantero nusantara dan dikemas dalam sebuah komik strip yang menarik, mengena, dan mudah dipahami oleh pembacanya. Yang lebih menarik lagi, punggawa Trio Hantu CS dalam membuat #HANTUPEDIA ini bukan main-main. Mereka benar-benar mengumpulkan data hantu yang akan dimuat dari wawancara atau informasi yang ada di masyarakat tempat di mana hantu itu berada.

Bahkan kalau semisal sampeyan punya pengalaman ketemu hantu dan hantunya itu legend di daerah sampeyan, sampeyan bisa infokan ke Trio Hanto CS, jika menarik mereka akan buatkan komik strip #HANTUPEDIA-nya. Kaya saya kemarin, iseng-iseng colek Trio Hantu CS lewat akun Twitternya @TrioHantuCS menginformasikan salah satu hantu legend di desa saya, eh dimuat dalam komik strip #HANTUPEDIA. Bangga dong! Hehe…

Kalau sampeyan pengen update atau pengen tahu lebih lanjut dunia hantu yang menyenangkan dan bikin ngakak, sampeyan langsung tongkrongi sosial media mereka saja atau subscribe channel YouTube-nya saja!

Ini saya embedkan video webseries karya Trio Hantu CS. Monggo di simak!

Posting menarik lainnya

5 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *