Just Thinking, Writing, Posting, and Blogwalking

blogging, ngeblog, Ngeblog itu mudahBanyak diantara teman-teman di sekitar saya yang baru saja memulai ngeblog atau pengen ngeblog merasa kebingungan apa yang hendak ditulis dalam blognya dan tak jarang hal ini akhirnya membuat mereka enggan untuk negblog lagi dan meninggalkan blognya begitu saja. Kebanyakan dari mereka berfikir bahwa ngeblog itu sulit terlebih dahulu dan bahkan ada yang takut tulisannya jelek dan tidak ada yang membaca.

Memang dulu pada awalanya ketika saya memutuskan untuk membuat blog juga mengalami hal yang sama dengan apa yang dialami teman-teman saya tersebut. Namun lambat laun ketika saya mulai membiasakan diri dengan atmosfer dunia blog seperti posting dan blogwalking, secara otomatis saya tahu bahwa ngeblog itu tidak sesusah apa yang kita bayangkan di awal. Hingga akhirnya saya dapat menyimpulkan bahwa ngeblog itu “Just Thinking, Writing, Posting, and Blogwalking”.

Dan pada kesempatan ini saya akan sedikit berbagi melalui postingan ini tentang 4 hal tersebut di atas yang mungkin akan berguna bagi teman-teman yang baru memulai atau hendak memulai ngeblog, bahwa ngeblog itu mudah tidak sesusah apa yang dibayangkan atau menjadi ketakutan kita untuk memulai blog.

Thinking


Saya sangat percaya 100% bahwa kita sebagai manusia pastilah dikaruniai yang namanya Otak yang mana digunakan untuk berfikir. Seseorang dapat berfikir karena otak bekerja untuk memproses masukan yang dikirim dari 5 panca indra yang kita miliki dengan kendali perasaan yang kita miliki. Kita bisa berfikir tentang baik dan buruk, tentang matematika, dll serta kita bisa mengingatnya.

Nah jika ada sebuah ketakutan dari kita yang memulai blog dengan mengatakan bahwa “Saya bingung, tidak ada ide untuk posting”, sebenarnya kita bisa menepis argumen tersebut. Saya juga yakin kita berfikir 24 Jam sehari tentang hal-hal yang ditangkap panca indra kita dari pencitraan yang terjadi di sekitar kita. Mari bebaskan fikiran kita untuk berfikir akan hal-hal positif yang terjadi yang mana dari fikiran yang positif itulah akan banyak ide yang akan bermunculan.

Lantas apakah ide itu akan berhenti sebagai ide saja? Jawabnya bisa saja, namun jika kita tergolong manusia yang kreatif maka ide-ide yang bermunculan itu tidak akan dibiarkan mengendap kemudian hilang. Banyak media yang bisa menjembatani dan memfasilitasi untuk menuangkan ide-ide tersebut, misalkan melalui hobby, sebuah karya seni, termasuk di dalamnya Blog. Blog adalah salah satu media untuk mendokumentasikan ide dan semua yang ada dalam fikiran kita kedalam sebuah tulisan, bisa jadi apa yang kita tulis adalah cerita atau pengalaman kita, curahan hati, ide-ide gila akan sebuah hal, hingga apa yang sedang kiat pelajari saat ini. Nah jika anda masih merasa masih punya fikiran apakah anda akan berkata saya kehabisan ide untuk menulis??

Writing


Ketakutan yang ke-2 dan sangat sering terdengar dari ucapan teman-teman saya yang hendak memulai blog adalah “Saya takut tulisan saya jelek,nanti tidak ada yang membaca”, sebuah ketakutan akan apa yang ditulis nantinya jelek dan tidak ada yang membaca. Memang benar, namun hal itu bukanlah alasan utama kita untuk tidak menulis atau ngeblog. Apakah seorang penulis besar langsung bisa membuat tulisan yang bagus? Jawabnya tidak, mereka juga memulai dari tidak bisa kemudian menjadi bisa dan kemudian ahli.

Melihat apa yang banyak penulis alami tersebut, bagi kita seorang blogger yang kegiatan utama kita adalah menulis yang bisa dibilang juga sebagai penulis lepas kenapa harus takut tulisan kita jelek dan tidak ada yang membaca?? Toh kita menulis untuk blog kita sendiri dan untuk konsumsi kita sendiri sebagai dokumentasi atas apa yang ada di fikiran kita dan Syukur-syukur juga dibaca serta memiliki manfaat ke orang lain.

Kita tidak perlu merasa terbebani dengan hal-hal yang tidak perlu karena kita bukan penulis yang dikejar deadline dan dikoreksi editor. Kita tulis apa saja yang ingin kita tulis dengan mengesampingkan fikiran-fikiran bahwa tulisan kita buruk, tidak layak di baca dll. Yang penting kita menulis saja dengan struktur panulisan seperti kita sedang berbicara atau bercerita kepada teman kita. Dengan sering kita menulis maka secara otomatis kemampuan menulis kita juga akan terasah dan bertambah.

Posting


Setelah apa yang ada dalam fikiran kita terdokumentasikan kedalam sebuah tulisan, maka yang wajib dilakukan seorang blogger adalah mempostingnya. Posting di sini sebenarnya merupakan sebuah cara atau kegiatan kita untuk mempublikasikan apa yang kita tulis kepada orang lain dan mungkin orang lain yang membacanya akan memberikan komentar akan apa yang kita tulis tersebut.

Tak jarang banyak diantara teman-teman yang baru mulai ngeblog atau sudah ngeblog menganggap memposting ini hal berat dan menjadi kewajiban untuk posting setiap hari, sehingga tak jarang malah blog terbengkalai dan jarang terupdate karena ketakutan-ketakutan tersebut. Sebenarnya posting atau tidak bukanlah menjadi sebuah hal yang wajib bagi seorang blogger, namun apalah salahnya jika kita bisa update postingan sehari sekali, atau kalau ndak ya 3 hari sekali, atau mungkin 1 minggu sekali, atau jika masih sangat sibuk ya sekali sebulan juga tidak apa-apa. πŸ˜€

Sebenarnya jika kita sudah melakukan Thinking dan Writing maka update blog atau posting akan sangat mudah dilakukan. Posting tidak harus langsung di dashboard Blog kita, kita bisa menulis apa yang hendak kita postingkan tersebut di note handphone, microsoft word, atau notepad sekalipun dan tidak harus tergantung pada koneksi internet. Baru ketika kita sedang berselancar di internet draft postingan tersebut tinggal dipindah dan di publish di Blog kita.

Blogwalking


Sebuah kebanggaan tersendiri memang jika kita melihat statistik blog kita setiap hari meningkat, jumlah pengunjung yang semakin bertambah dll. Namun tak jarang bagi seorang yang baru memulai ngeblog sering mengalami yang namanya krisis pengunjung dan pembaca blog. Itupun saya alami ketika pertama kali ngeblog. Tetapi akhirnya saya tahu bahwa ada sebuah kegiatan yang dilakukan oleh teman-teman yang blogger yang lain yaitu saling mengunjungi blog blogger lain dan meninggalkan commentar di blog yang dikunjungi. Kegiatan ini punya nama keren atau biasa dikenal dengan “Blogwalking”.

Karena di dalam kegiatan blogwalking ini ada sebuah budaya “You Comment I Follow” yang mana ketika seorang blogger mengunjungi blog blogger lain dan memberikan komentar di blog tersebut maka secara tidak sadar / otomatis blogger yang dikunjungi dan dikomentari bloggnya tersebut akan mengunjungi dan komentar balik ke blogger yang mengunjungi blognya, begitu seterusnya.

Jadi tidak ada lagi alasan “Blog saya sepi pengunjung, tidak ada yang mengunjungi dan membaca!!” yang harus terlontar dari mulut atau unek-unek teman-teman blogger ketika teman-teman blogger mau melakukan Blogwalking ke Blog-blog teman-teman yang lain, karena Blogwalking adalah sebuah cara mudah untuk mempublikasikan keberadaan blog kita di ranah Blogosphere. Dan aktivitas blogwalkingpun dapat membawa dampak positif kepada teman-teman blogger terutama dalam hal sosialisasi dan mendapatkan relasi baru bahkan jodoh. πŸ˜›

Conclusion


Sebenarnya untuk ngeblog dan menjadi seorang blogger yang baik itu tidak sesusah apa yang selama ini dibayangkan teman-teman blogger yang baru memulai ngeblog atau hendak ngeblog. Hilangkan momok dan ketakutan-ketakutan yang ada bahwa “Ngeblog itu susah, tulisan jelek, dan harus update posting setiap hari itu wajib”, buang jauh fikiran tersebut. Mulai detik ini mari bikin blog, dokumentasikan apa yang ada difikiran teman-teman kedalam sebuah tulisan, kemudian posting tulisan tersebut kedalam blog dan beritahukan keberadaan Blog teman-teman dengan berkunjung dan memberikan komentar di Blog Blogger yang lain.

Percayalah bahwa menulis di Blog dan Ngeblog itu mudah dan menyenangkan :cendol :2thumbup

Posting menarik lainnya

13 Comments

    1. Ah.. mas arul bisa saja.. masih banyak dan mantepan tulisan-tulisan mas arul di blognya mas arul.. saya masih newbie mas :malu:

  1. haha. bener banget om πŸ˜€
    dulu sempet lama hiatus, dan sekarang mau aktif lagi dan terpaksa sering2 blogwalking lagi :p

  2. william forrester di film finding forrester punya pendapat sedikit beda, dia bilang writing dulu, thinking malah belakangan, hehe.

    “No thinking – that comes later. You must write your first draft with your heart. You rewrite with your head. The first key to writing is… to write, not to think!”
    (diquote dari sini)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *