Jalan-jalan dan Berbagi di Kota Medan

idblogilicious horas medanAda yang sedikit berbeda dengan Weekend minggu kemarin. Kalau di weekend biasa banyak saya habiskan waktu di depan komputer dan di atas kasur, atau kalau tidak ya pulang kemapung ke Mojokerto. Nah, di weekend kemarin pagi-pagi sekali yang biasanya saya suka molor kalau pas Weekend, kemarin jam 5 pagi saya harus siap-siap meluncur ke bandar udara Internasional kebanggaan masyarakat Jawa Timur, Bandar Udara Juanda. Weh gaya bener, pagi-pagi ke Bandara? Ya maklum lah eksmud gitu (siap ditabok). Yup sabtu pagi itu (28/5) saya harus terbang ke Kota yang menjadi Ibu Kota Provinsi Sumatera Utara, yakni Kota Medan.

Ada apa gerangan hingga saya harus berangkat pagi-pagi ke Kota Medan? Jalan-jalankah?? Yup, ke Kota Medan untuk Jalan-jalan dan juga berbagi ilmu di sana tepatnya di rangkaian acar Roadblog IdBlognetwork “IdBlogilicious Horas Medan”. Rangkaian acara Roadblog IdBlognetwork di 7 kota besar di Indonesia. Nah berikut sedikit laporan perjalanan saya di Kota yang terkenal dengan oleh-oleh bika ambonnya ini.

Surabaya – Batam – Medan dengan Singa Terbang.

Seperti yang sudah saya singgung di atas bahwa sabtu pagi itu saya sudah terjaga dan melepaskan diri dari rengkuhan selimut dan kasur kamar Kost sejak Pukul 4 Pagi. Maklum saya harus check untuk yang terakhir dan menyiapkan barang bawaan yang akan saya bawa ke Kota Medan. Sebenarnya malam sebelumnya sudah saya cicil menyiapkan apa-apa yang akan saya bawa ke Medan. Tetapi gegara nyiapinnya terlalu malam sesaat setelah pulang dari acara FreSh Surabaya Spesial ulang tahun pertama, maka barang yang saya siapin ya ala kadarnya dikarenakan mata ini sudah terlalu perih dan ingin tidur.

Jam 5.30 WIB saya putuskan berangkat ke Bandara Juanda meskipun jadwal keberangkatannya masih sekitar 2,5 Jam lagi. Dengan diantarkan Mobil sedan umum dengan warna dominan Orange saya meluncur cepat ke Bandara Juanda. Sesampai di Bandara ternyata waktu masih menunjukkan Jam 06.15 WIB dan ketika melihat papan pengumuman Boarding, belum muncul pemberitahuan untuk check-in bagi penumpang dengan no penerbangan JT0971 SUB-MES. Karena masih cukup waktu, maka saya sempatkan untuk sarapan dan mengeluarkan apa yang minta dikeluarkan dari dalam perut ini. Hehe..

Setelah semua urusan Check-in, bayar dsb selesai saya duduk manis di ruang tunggu gate 4. Nah di sini ada sedikit kejadian yang jujur baru pertama kali saya alami selama saya bepergian menggunakan pesawat. Pesawat dengan No penerbangan JT0971 SUB-MES harus delay selama 30 menit dikarenakan ada ganggua operasional di Bandara Juanda, yakni listrik padam selama beberapa menit.

Bandara Hang Nadim Batam

Sekitar pukul 9 pagi akhirnya saya dengan menggunakan si singa terbang lepas landas dari Bandara Udara Juanda menuju Kota Medan dengan terlebih dahulu Transit di Kota Batam. Inilah pengalaman pertama saya naik pesawat ke sebuah kota dengan transit terlebih dahulu di kota lain. Butuh waktu kurang lebih 2 jam perjalanan dari Surabaya ke kepulauan Batam dengan menggunakan Pesawat. Waktu di Jam tangan menunjukkan pukul 11.15 ketika pesawat mendara dengan sempurna di Bandar Udara Hang Nadim Batam. Meskipun tidak turun dari pesawat, inilah kali pertamanya saya berada di Kota dengan pantai-pantainya yang sangat cantik bahkan saat dilihat dari atas pesawat.

Setelah 30 menit transit di Pelabuhan Udara Hang Nadim Batam dan melanjutkan perjalanan ke Medan. Kurang lebih pukul 12.35 WIB untuk pertama kalinya saya menginjakkan kaki di Bandar Udara Udara Polonia Medan dan Kota Medan.

Medan dan IdBlogilicious Horas Medan

Sesaat setelah saya mendarat di bandara Polonia Medan, saya sudah menyusuri jalanan Kota Medan bersama seorang driver yang khusus disediakan oleh teman-teman panitia lokal untuk keperluan mobilitas panitia. Tujuan saya adalah Palladium Mall, loh tiba di Medan langsung nge-Mall mas? tidak, yang menarik dari pelaksanaan Roadblog IdBlognetwork “IdBlogilicious Horas Medan” ini adalah tempat pelaksanaan acaranya. Ya, jika di 2 kota sebelumnya yakni Surabaya bertempat di Kampus UPN dan di Makasar bertempat di Gedung PKP Unhas, nah di Medan acara IdBlogilicious bertempat di food court lt.3 Palladium Mall. Luar biasa memang.

Turis Surabaya di IdBlogilicious Medan

Sampai di lokasi mungkin rizki saya, acara IdBlogilicious Horas Medan tepat saat sesi break makan siang berlangsung. Tanpa panjang lebar si turis Surabaya (panggilan mbak Rika pada saya) ini langsung menyantap konsumsi yang disediakan oleh panitia untuk peserta dan pembicara. Sesaat sebelum makan saya bertemu dengan Mas Donny BU (@donnybu) dan Mas Kukuh TW yang sedang asyik Ngobrol. Nah pas lagi asyik makan, datang deh bidadari-bidadarinya IBN, ada Mbak Ajeng (@ajengkol), Mbak Mubarika Damayanti (@mubarika_D), dan Mbak Leonita Julian (@leonisecret). Sebenernya tidak itu saja, ada Mas @jonru dan beberapa teman yang lain yang saya masih sedikit asing karena baru ketemu di sini.

Mbak Leoni on stage IdBlogilicious Medan

Mbak Rika di IdBlogilicious Medan

IdBlogilicious Horas Medan hari pertama berakhir dan berjalan sukses. Sesaat sebelum pulang serta sambil menunggu jemputan dan menunggu mbak ajeng, mbak leoni, mbak rika dan mas kukuh menyelesaikan urusan dengan pihak Mall, saya dan Mas Donny BU menyempatkan diri jalan-jalan di Palladium Mall dan memutuskan masuk ke toko Buku Gramedia. Belum lama di Toko Buku Gramedia si Nich (panggilan u/ Nicholas) salah satu panitia lokal dari Medan menghubungi saya bahwa mobil sudah siap dan Mbak Ajeng serta Mbak Leoni sudah menunggu di bawah.

Bolu Gulung Meranti Medan

Keluar dari Palladium Mall kita tidak lantas kembali ke Pallace In Hotel tempat kita menginap, tetapi meluncur ke Jl. Kruing No. 2-K Medan untuk mencari salah satu buah tangan khas Medan yang katanya akhir-akhir ini lebih populer dibandingkan dengan Bika Ambon. Sampai di lokasi saya memutuskan tidak membeli Buah tangan hari itu karena saya masih ada waktu 1 hari di Medan dan baru pulang ke Surabaya Senin Pagi. Saya khawatir bolu atau buah tangan yang saya beli tidak layak makan alias kadaluarsa. Jadi yang saat itu memborong Bolu Meranti khas Medan yaitu Mbak Ajeng, Mbak Leoni, dan Mas Donny BU yang sekaligus membeli 6 Gulung Bolu Meranti Isi Keju dengan Toping Keju juga.

Keseokan harinya, acara IdBlogilicious Horas Medandi mulai kembali. Hari ke-2 IdBlogilicious Horas Medan akan dibahas beberapa topik menarik seputar Blog, yaitu Blogpreneur oleh Abang Fikry Fatullah (@fikryfatullah), Desain Blog oleh Abang Putra Nasution, SEO oleh Neng Helda Sihombing, dan Masalah satpam mensatpam Blog oleh turis dari Surabaya. Haha..

Frenavit di IdBlogilicious Medan

Di hari ke-2 IdBlogilicious Medan yang mestinya diisi dengan seminar semi workshop terpaksa semi workshopnya ditiadakan. Hal ini dikarenakan alokasi waktu yang mepet karena acara yang agenda awalnya dilaksanakan pukul 8 pagi, baru mulai jam 10.00 WIB. Hal ini cukup beralasan karena Foodcourt dan Palladium Mall baru buka jam 10.00 WIB. Meskipun seperti itu secara keseluruhan acara IdBlogilicious Medan berjalan lancar hingga hari ke-2 berakhir.

Foto Bareng Peserta IdBlogilicious Medan

Sore setelah rentetan acara IdBlogilicous Horas Medan berakhir, mbak Ajeng, Mbak Rika, dan Mbak Leoni harus buru-buru ke Bandara Polonia Medan untuk kemudian terbang kembali ke Jakarta. Wal hasil yang tinggal di Medan tersisa saya dan Mas Kukuh. Sehari sebelumnya setelah acara IdBlogilicious Medan hari pertama, Mas Donny BU dan Mas Jonru pamit meningalkan Medan juga.

Rasanya tidak ingin menyia-nyiakan satu malam yang tersisa di Medan. Malam hari setelah bersih diri di Hotel, saya dan mas kukuh ingin sejenak menikmati suasana malam di Medan sekaligus mencari makan malam. Dengan menggunakan Betor, becak motor ala Kota Medan kami berdua menyusuri jalanan kota Medan menuju Sun Plasa Medan, salah satau pusat perbelanjaan yang ada di Kota Medan. Jujur kayaknya saya baru merasakan benar-benar di Medan ketika saya berada di atas Betor. Jalan-jalan di Medan yang benar-benar terasa medannya ya dengan mengendari Betor.

Keesokan harinya, tepatnya hari senin pagi puku 5.30 kembali saya bersiap menuju bandara. Bandara kali ini bukanlah bandara Juanda, melainkan Bandara Polonia Medan. Sengaja berangkat pagi karena jadwal peesawat dari Medan ke Surabaya berangkat pukul 07.05. Dan sialnya lagi di Bandara Polonia Medan, si singa terbang ngambeng alias harus delayed cukup lama dari jadwal awal jam 07.05 menjadi 08.55. Tidak itu saja, ketika transit di Bandara Hang Nadim Batam pun demikian. Tapi tak apalah, se delay-delaynya pesawat pastilah terbang juga. Dan buktinya saya menulis postingan ini dari dalam kamar kost di sebuah kota dengan nama Surabaya.

Yah mungkin sampai di sini saja sedikit cerita saya Jalan-jalan dan Berbagi di Kota Medan. Terimakasih saya ucapkan kepada teman-teman dari IdBlognetwork yang sudah mempercayakan tiket Pesawat Pulang pergi Surabaya Medan kepada saya. Terimakasih mbak Ajeng, Mbak Rika, dan Mas Kukuh TW. Terimakasih untuk teman-teman Blogger Sumut dan Blogger Medan atas sambutannya yang sangat “sedaap”. Sampai ketemu di kesempatan lain.

Salam Kopdar

Update :
Ini Nih video keren hasil rekaman acara idblogilicious horas Medan.

Posting menarik lainnya

32 Comments

    1. Pengennya kemarin seperti itu.. pengen jalan-jalan dulu di SUMUT.. Lah berhubung hari senin harus kerja, ya udah ndak jadih deh.. hehe.. πŸ˜€

  1. wahh kemaren di jogja yg ngisi tentang sekurity adalah mas Terren.. coba mas frenavit jg ikut jadi pembicara..kan ilmunya double ehehe

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *