Ingin ikut memajukan Negeri, XL hadirkan XL Edusolution

XL_4C-m

XL_4C-mBeberapa saat yang lalu, saya melihat di linimassa twitter ada beberapa teman yang menuliskan tagar #XLMemajukanNegeri. Penasaran, saya mengikuti tagar tersebut di linimassa. Ternyata, tagar tersebut merupakan tagar untuk kampanye terbaru XL yang memiliki program ikut memajukan Negeri tercinta ini melalui teknologi telekomunikasi yang mereka kembangkan.

Dari mengikuti tagar #XLMemajukanNegeri tersebut saya juga mengetahui, bahwa langkah yang ditempuh PT. XL Axiata untuk ikut memajukan Negeri adalah dengan memperluas jaringan atau area coverage XL dengan program 30.000 BTS-nya dan berusaha mendorong dunia pendidikan Indonesia dan mendorong prestasi bangsa melalui program XL Edusolution.

Dari beberapa literatur yang pernah saya baca, sebuah Negara dikatakan maju jika kemampuan Sumber Daya Manusia (SDM) berbanding lurus dengan perkembangan teknologi, serta didukung oleh infrastruktur (apapun) yang memadai (CMIIW). Jika kita sejenak melihat fenomena yang terjadi di Indonesia, pasar teknologi berkembang cukup pesat yang tidak diimbangi dengan kemampuan SDM untuk mengoptimalkan teknologi yang ada.

Nah, apa yang dilakukan XL ini saya rasa adalah langkah awal untuk menuju ke arah perbaikan untuk menyeimbangkan dua hal krusial tersebut. Program 30.000 BTS ditujukan untuk memperbaiki Infrastruktur guna mendukung dan mengimbangi perkembangan teknologi yang berkembang cukup cepat. Sedangkan program XL Edusolution merupakan sebuah program yang ditujukan untuk mengembangkan dan meningkatkan kualitas SDM untuk dipersiapkan mengimbangi perkembangan teknologi tersebut.

XL Edusolutions merupakan solusi teknologi informasi dan komunikasi (TIK) yang berupa dua produk layanan, yaitu XL Sitosfer (Sistem Informasi Sekolah Terpadu) dan free Wifi. Program ini diberikan XL ke sekolah dan perguruan tinggi yang telah menjadi partner XL dan bergabung dalam program XL School dan Campus Community.

Saat ini sedikitnya ada 1000 sekolah dan perguruan tinggi yang telah mendapatkan dan menggunakan XL Sitosfer, dan lebih dari 185 sekolah dan perguruan tinggi telah mendapatkan free Wifi dari XL. Sedangkan XL menargetkan hingga akhir tahun 2012 ini akan ada sekitar 2.500 sekolah atau perguruan tinggi dapat terpasang XL Sitosfer, dan 500 lokasi sekolah atau perguruan tinggi terpasang free Wifi dari XL.

Sedikit informasi tentang XL Sitosfer dan free Wifi yang ada di program XL Edusolutions. XL Sitosfer sperti yang saya tulis diparagraf sebelumnya, merupakan sebuah system informasi terpadu untuk sekolah. Sebuah layanan digital terintegrasi yang dapat diakases melalui jaringan internet dan sms. XL Sitosfer memiliki fungsi untuk memberikan informasi dari sekolah dan kampus dengan cepat kepada pelajar dan orang tua siswa. Jelas ini merupakan sebuah sistem yang memudahkan orang tua untuk memantau perkembangan anaknya di sekolah maupun di kampus.

Sedangkan free Wifi berupa free Internet Hot Spot dengan kecepatan hingga 1 Mbps untuk keperluan akses internet di sekolah maupun kampus. Gratis tidak hanya untuk langganan internetnya saja, tetapi juga termasuk gratis untuk instalasi. Oh ya, kayaknya saya pernah melihat free Wifi dari XL ini di salah satu perpustakaan di perguruan tinggi swasta di Surabaya. Tertulis di sana free Wifi powered by XL.

Selain XL Sitosfer dan free Wifi dari XL, ada satu lagi inovasi yang dibawa XL di program XL Edusolutions, yaitu 3 in 1 card. 3 in 1 card merupakan inovasi hasil kerjasama XL dengan perbankan untuk menghadirkan kartu multi manfaat. Kartu pintar yang bisa digunakan untuk kartu absensi, kartu ATM, dan kartu Pelajar.

Sebuah program yang layak diacungi jempol menurut saya. Program yang ingin meningkatkan dan memajukan Negeri yang tepat sasaran. Meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia dengan program XL Edusolutions dan meningkatkan kondisi infrastruktur jaringan telekomunikasi dengan program 30.000 BTS. Bagaimana menurut pendapat teman-teman semua tentang apa yang dilakukan oleh PT. XL Axiata ini?? Share pendapat teman-teman di kolom komentar yang ada di bawah.

Salam ikut memajukan Negeri dari Frenavit[dot]Com

Posting menarik lainnya

9 Comments

  1. …tagar tersebut merupakan tagar untuk kampanye terbaru XL yang memiliki program ikut memajukan Negeri tercinta ini melalui teknologi telekomunikasi yang mereka kembangkan.

    aku pikir sih xl belum perlu bikin program bullshit macem gini, bagusan mereka benerin dulu koneksinya biar nggak dimaki2 pelanggan. besok2 kalo urusan fundamentalnya sudah stabil baru bolehlah bikin program aneh. imho sih.

  2. Layanan XL yang terus dikembangkan memang sebuah harapan besar bagi Masyarakat. Di kota saya, jaringan XL sudah semakin lebih bagus dibandingkan tahun sebelumnya. Kini, saya berharap Makassar bisa tersentuh program Edusolutions-nya…

  3. setuju nih ama coment atas ane, kuciwa berat xl apalagi pas paket inteernet unlimited di tiadakannnn,.. mana paket hot rod nya mahal lagi ga jauh beda lagi speed nya ama unlimited padahal klaimnya mau lebh cepattt

    1. Kalo semacam paket internet yang ndak unlimited lagi, kayaknya sekarang trend operator di Indonesia kayak gitu semua deh.. hehehe.. hanya beberapa aja kalo ndak salah yang tetep mempertahanin unlimited, cuman ya gitu speednya ngesot. CMIIW

  4. kecewaaaaaa. makin mahal !!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!! tarif internet di negeri ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *