Ilmu Kedokteran dan Ilmu Gaib

Antara Ilmu Kedokteran dengan Ilmu Gaib

Kemarin tanggal 15 Nopember 2008, saya berkesempatan berkunjung ke Museum Kesahatan di Jalan Indrapura No 17 Surabaya. Saya berkunjung ke Museum Kesehatan ini tidak sendirian melainkan bersama-sama temen-temen dari Tugu Pahlawan [dot] Com. Sebelum berangkat ke Museum ini saya sempat di buat kaget dan bingung oleh kata-kata seorang teman karena ajakan dari teman saya itu adalah untuk berkunjung ke Museum santet, bukan ke Museum kesehatan seperti rencana awal. Dan yang membuat bingung lagi adalah ketika sampai di tujuan, saya tidak melihat adanya tanda-tanda tulisan atau logo yang menunjukkan jika Museum yang saya kunjungi ini adalah Museum Santet seperti yang dibilang teman saya sebelumnya. Saya hanya Mendapati Tulisan Museum Kesehatan saja, bukan Museum Santet.

Nah ternyata baru ketahuan, kanapa teman saya tadi itu bilang mau ke Museum santet katika setelah jalan-jalan puter-puter di ruang Sasana Kesehatan dan meluncur ke Sasana berikutnya yaitu sasana yang menyimpan barang-barang yang diperoleh dari tubuh pasien yang diduga sakitnya karena hal Mistis a.k.a Gaib alias kena santet (Sasana Kesehatan Budaya). Di sinilah saya mulai sadar dan sedikit merasa merinding takut, karena di sana-sini terdapat banyak barang yang berbau mistis. Namun perasaan takut itu hilang tertutup oleh pikiran yang selalu bertanya-tanya, lha apa sih hubungannya Dunia Medis atau Kedokteran dengan Dunia Gaib a.k.a Dunia Mistis.

Namun pertanyaan demi pertanyaan yang muncul di pikiran saya itu akhirnya terjawab. Jawaban itu saya peroleh dari tulisan yang saya kutip berikut ini dari tulisan yang menyebutkan kenapa di buat Sasana Kesehatan Budaya yang menyimpan benda-benda mistis tersebut. tulisan tersebut adalah,

Upaya kesehatan berdasarkan atas kepercayaan atau supranatural, dunia ghaib merupakan realita budaya yang telah ada dan berkembang sejak jaman dulu kala. Suatu fenomena yang menarik dan sekaligus merupakan tantangan untuk kita semua gunakan untuk mengkaji dan menyibak misteri tersebut, agar supaya dapat dimanfaatkan demi kesehatan kita semua, kesejahteraan dan kemanusian.

Dari tulisan yang saya kutip di atas jelas telah diterangkan bahwasannya upaya kesahatan juga berdasarka pada kepercayaan atau supranatural. Kareba seperti kita ketahui semua bahwasannya masayarakat di Indonesia sebagaian besar masih mempercayai adanya hal-hal gaib atau masih adanya Aliran Animisme maupun Dinamisme. Dan hal-hal seperti ini masih sering di kaitkan dengan segala hal yang terjadi pada kita(Manusia) dan salah satunya berhubungan dengan kesehatan kita.

Sebagai contoh, kamarin sempat mengambil gambar Jailangkung

dan Ninik Towok, mungkin kita sudah tidak asing dengan kata Jailangkung sehingga saya tidak perlu lagi menjelaskan definisi Jailangkung itu. Namun yang mengejutkan di sini adalah, kedua boneka pemanggil Arwah ini digunakan untuk membantu dokter dalam mendeteksi suatu penyakit(Proses diagnosa) dan menentukan obat yang digunakan untuk penyembuhannya. Hal ini tersirat dalam penjelasan pada bagaian bawah Boneka (Silahkan Liat FOTO).

Gambar Jailangkung

Jailangkung

About Jailangkung

About Jailangkung

Ninik Towok

Ninik Towok

About Ninik Towok

About Ninik Towok

Mungkin sebagaian besar dari para pembaca tidak percaya jika dua boneka tersebut yang biasa kita kenal sebagai boneka yang digunakan untuk memanggil Arwah digunakan untuk membantu kegiatan medis. Namun pada gambar tersebut jelas bahwa Boneka itu digunakan untuk membantu kegaiatan Medis.

So.. akhir kata cukup itu saja cerita saya dari perjalanan ke Museum Santet Kemarin.. Silahkan buat temen-temen yang masih belum dong dengan masalah ini untuk berkomentar…

sedikit tambahan lagi.. Apakah anda semua percaya dengan hal seperti ini?????

Posting menarik lainnya

29 Comments

  1. @cebong ipiet..
    Wah mbak ini ayak-ayak wae… Boeat mas anang aku ra melu-melu lho….. :**: :y:

  2. Ya mau percaya ndak percaya, memang yang namanya mistis itu ada, walo dunia dah pada canggih gini, santet tetep lebih hebat dari senapan, ilmu kebal nih lebih hebat dari rompi anti peluru :dbus: :!!!: , so…. siapa yang pengen sakti hayo…..

    Posting Terakhir dari Novianto Adalah..Mencintai Orang Yang Dicintai Allah

  3. emang bner ya ada bgituan…..

    knapa gk bkin musium khuss gtuan jadi gak nyatu sama medis….

    tapi emang si santet tu lbh bhaya juga…tpi emang ada ya dunia santet kya gth?

  4. saya mempercayai adanya alam gaib.. tapi apakah mungkin suatu benda mati yang di sebut jailangkung itu mampu mendeteksin sebuah penyakit….!

  5. aku ngggggggggak takut ama sekali bahkan aku senag karena sudah mendapatkan pelajaran waktu.hhhhhhhhhhmmmmmmmmmmmm

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *