Ikut Memajukan Musik Indonesia, XL hadirkan “Musikkamu”

Internet dan musik, pasti kita semua langsung berfikir mendownload musik melalui internet, atau kita dapat mendapatkan berbagai musik di internet secara mudah. Ya, internet merupakan ladang di mana kita bisa mendapatkan berjuta-juta musik musik dalam berbagai format utamanya format mp3. Banyak situs menyediakan link download untuk lagu-lagu yang lagi hits baik lagu Indonesia maupun lagu manca Negara baik itu secara legal maupun illegal.

Terbersit sebuah pertanyaan, kira-kira pengguna internet lebih banyak mana yang mendownload musik di situs yang legal atau situs illegal? Sedikit berbagi oleh-oleh dari ikutan acara Festival  TIK di Bandung beberapa waktu yang lalu ketika saya mengikuti sesi diskusi “Industri Musik Online / Digital”, saya baru ngeh ketika melihat data bahwa ternyata masyarakat online (utamanya di Indonesia) lebih suka mendownload musik di Internet secara Ilegal. Alasannya sederhana, karena gratis. Tahu sendiri, siapa sih yang tidak suka dengan gratisan?

Mengunduh musik dari situs illegal diinternet memang menguntungkan untuk manusia seperti saya dan pengguna internet lainnya. Pengguna tak perlu merogoh kocek untuk menikmati sebuah single  lagu dari  musisi favorit. Namun hal ini tidak berlaku untuk para musisi dan pelaku industry music lainnya. Karena keberadaan situs yang menyediakan link download lagu secara illegal tersebut banyak industry music di Indonesia harus menanggung kerugian dan tak jarang harus gulung tikar. Bayangkan saja, 5 triliun yang harusnya menjadi pendapatan industry musik harus hilang karena aktivitas download music illegal dari internet tersebut.

Melihat apa yang terjadi pada industry musik Indonesia tersebut, salah satu perusahaan telco terkemuka di Indonesia,  XL Axiata berkomitmen ikut mendorong kemajuan industri musik Indonesia dengan menghadirkan sebuah layanan yang diberi nama ”Musikkamu”. Layanan musik kamu ini merupakan hasil kerjasama XL dengan MusicaStudio’s. Layanan ini secara resmi dirilis hari Rabu, 16 Mei 2012 kemarin.

Pers Conference XL Musikkamu

Musikkamu adalah layanan konten musik pertama di Indonesia yang dibangun dengan mempertimbangkan beberapa hal diantaranya adalah,

  1. Layanan Games terbukti masih sangat diminati pelanggan, dan diramalkan akan semakin meningkat.
  2. Musik digital menjadi salah satu primadona layanan value added service yang mengkontribusi revenue yang signifikan.
  3. Dengan adanya sosial media, penyebaran pesan promosi akan lebih efektif. Sosial media dibutuhkan untuk menciptakan efek viral communication.
  4. Mobile platform, Selama ini layanan berbasis music dan infotainment lebih didominasi oleh Web Platform. Musikkamu adalah portal/platform berbasis WAP pertama di Indonesia.
  5. Musikkamu menyediakan layanan di mana artis bisa berkomunikasi langsung dengan penggemarnya.  (built an engagement between artist and their fans).

Seperti yang dijelaskan di atas, layanan Musikkamu dapat dinikmati di berbagai jenis handphone, tidak hanya smartphone saja. Layanan Musikkamu dapat diakses dari berbagai handphone dengan fasilitas WAP, termasuk untuk handphone low-end dengan menggunakan menu RBT. Di Musikkamu, selain pengguna dapat mendownload RBT, ringtone, fultrack musik, wallpaper artis, dan informasi  lengkap tentang artis tertentu, dalam waktu dekat Musikkamu juga akan dilengkapo dengan fasilitas live chat yang bisa dipakai pengguna untuk berinteraksi dengan pengguna lain, bahkan dengan musisi atau artis idola.

XL-Musikkamu

Yang tidak kalah kerenya, pengguna juga dapat mengajak pengguna lain untuk dapat membuat sebuah group band virtual yang mana dapat diikutkan dalam kompetisi khusus. Integrasi dengan layanan sosial media popular seperti Facebook dan Twitter juga ada di layanan Musikkamu ini. Selain kita dapat menggunakan integrasi sosial media tersebut untuk login, kita juga dapat menggunakannya untuk memberitahukan aktivitas kita ke teman-teman kita yang ada di Facebook dan Twitter.

Dalam layanan Musikkamu, pengguna juga dapat melihat tangga lagu yang paling banyak didownload setiap minggunya. Bahkan mengintip jadwal tour dan event musisi tertentu. Selain itu, Musikkamu juga memberikan sistem point yang mana nantunya point ini dapat ditukarkan dengan merchandise dan bahkan tiket konser.  Karena mendapatkan dukungan penuh dari Musica Studio’s, maka musisi seperti Peterpan, Geisha, Nidji, D’Masiv, Duette, Kesna, Supernova, dsb ada di konten Musikkamu.

Untuk menikmati layanan Musikkamu ini, teman-teman bisa mendaftar terlebih dahulu melalui *123*511# dari ponsel dengan kartu XL atau melalui mobile web Musikkamu di m.musikkamu.com. Lalu tarifnya berapa? Musikkamu memberikan keleluasaan untuk mendownload semua konten dari satu musisi dengan satu tariff. Kita cukup memilih satu musisi favorit dan mengunduh semua konten yang ada sebanyak mungkin. Untuk berlangganan ini, kita hanya dikenakan biaya Rp. 2.000,0 setiap minggunya. Bila tidak ingin berlangganan, kita dapat mendownload konten yang kita suka saja dengan biaya Rp. 1.000,- untuk satu konten. Kalo menurut saya sih mending ikutan langganan ya?! Bagaimana menurut teman-teman semua?

Posting menarik lainnya

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *