Tepatnya tanggal 31 Mei 1293 atau 717 tahun yang lalu Kota Surabaya di tetapkan. Surabaya dulunya merupakan Gerbang Kerajaan Majapahit di Mojokerto. Tanggal 31 Mei 1293 saat itu sebenarnya hari kemenangan pasukan Majapahit yang dipimpin Raden Wijaya terhadap pasukan kerajaan Mongol utusan Kubilai Khan. Pasukan Mongol yang datang dari laut digambarkan sebagai ikan SURO (ikan hiu/berani) dan pasukan Raden Wijaya yang datang dari darat digambarkan sebagai BOYO (buaya/bahaya), jadi secara harfiah Surabaya memiliki arti berani menghadapi bahaya yang datang mengancam. Maka hari kemenangan itu diperingati sebagai hari jadi Surabaya. Kata Surabaya sendiri sejatinya tersusun dari dua kata, yaitu Suro dan Boyo.

Di ulang tahunnya yang ke-717 ini, Kota Surabaya akan dihadiahi seorang pemimpin atau walikota yang terpilih dalam Pemilu Kepala Daerah Surabaya nanti tanggal 2 Juni 2010. Sebuah hadiah ulang tahun yang bukan sembarang hadiah. Sebuah hadiah yang jika hadiah tersebut dapat melaksanakan perannya dengan baik sesuai dengan yang menjadi janji-janjinya dalam Kampanye, maka Surabaya di Usianya yang sudah tidak muda lagi ini akan ikut menjadi baik. Namun jika sebaliknya, jika hadiah tersebut tidak mampu memainkan perannya dengan baik dan janji-janjinya hanyalah isapan jempol belaka, maka ada kemungkinan Kota Surabaya yang sudah mulai tua ini akan kecewa dan tersakiti.

Patung Surabaya

Patung Surabaya di depan Kebun Binatang Surabaya. Sebuah simbol keberadian menghadapi mara bahaya

Perayaan hari jadi Kota Surabaya yang ke-717 ini sedikit berbeda dengan perayaan Hari Jadi Kota Surabaya yang lalu. Di ulang tahun yang ke-717 ini tidak lagi kita lihat adanya konser musik akbar yang mendatangkan artis-artis Ibu kota di Surabaya. Hal ini dikarenakan Perayaan Ulang Tahun Kota Surabaya yang ke-717 dekat dengan pelaksanaan Pemilu Kepala Daerah Surabaya yang mana diharapkan tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan dalam pelaksanaan PILKADA Kota Surabaya. Dan masa tersebut merupakan hari tenang untuk PILKADA Kota Surabaya.

Meskipun tidak ada Konser Musik Akbar dalam Perayaan Hari Jadi Kota Surabaya ke-717 kali ini, masayarakat Kota Surabaya masih bisa merasakan atmosfir perayaan ULTAH ke-717 Kota Surabaya dengan diselenggarakannya Event Surabaya Shopping Festival 2010 (yahoo) yang dibuka tanggal 1 Mei 2010 dan akan berakhir pada tanggal 4 Juni 2010. Ke esokan harinya (02/05/10) masyarakat Surabaya juga dihibur dengan Pawai kendaraan Hias dalam acara Pawai Budaya atau Kirab Budaya. Tidak hanya itu saja, event tahunan seperti Festival Rujak Uleg tetap diselenggarakan hanya saja waktunya sangat di majukan jauh sebelum masa tenang PILKADA Kota Surabaya.

Semoga di usianya yang ke-717 ini Surabaya bisa menjadi Kota yang lebih baik dari tahun sebelumnya. Sehingga Kota Surabaya menjadi sebuah Kota yang berani menghadapi bahaya dan ancaman perekembangan Zaman. Tentunya dengan masih mempertahankan kerendahan hati dan keramah tamahan masyarakatnya. Sekali lagi Selamat Ulang tahun Kota Surabaya yang ke-717!!! (party)

Landmark Kota Surabaya

Landmark Kota Surabaya, Suro dan Boyo serta Bonek

Saya bangga hidup dan besar di Surabaya!! Meskipun katanya Surabaya ist The Hotest City.. No Problem!! (hassle)  Justru di situlah seninya kita hidup di Surabaya… (party)

Selamat Ulang tahun ke-717 untuk Surabayaku.

foto patung Surabaya di ambil dari : http://www.soerabajatempodoeloe.co.cc/page/2