Geeks dan Mobile Internet Provider

stay_connected

stay_connectedMenjadi seorang Geeks sekaligus Blogger seperti saya yang nota bene punya kebiasaan yang bergumul dan sangat dekat dengan teknologi utamanya teknologi Internet yang merupakan media atau bahkan dunia di mana seorang Geeks dan Blogger banyak beraktivitas dibandingkan di dunia nyata, keberadaan infrastruktur pendukung kegiatan menjadi perhatian utama. Sebut saja gadget dan Internet Provider adalah dua hal yang akan sangat diperhatikan.

Gadget, hmmm.. kayaknya pada postingan kali ini saya tidak akan focus pada gadget, kenapa? Karena menyoal gadget tak cukup dalam satu postingan ini, mungkin teman-teman bisa membaca tulisan saya seputar gadget di blog sebelah saya. Lalu apa mas yang mau sampeyan bahas di postingan kali ini? Saya akan sedikit mengutarakan dan berbagi uneg-uneg seputar Internet Provider, khususnya Mobile Internet Provider.

Kenapa Internet Provider dan Mobile Provider? Ada salah satu teman saya bilang, “Internet jauh lebih dekat dari urat nadi seorang Blogger dan Geeks”, sedikit lebay kalo saya rasa tetapi saya setuju dengan apa yang diungkapkan teman saya tersebut. Internet bagi sebagaian Blogger, Onliners, atau Geeks boleh jadi menjadi kebutuhan utama. Setiap kegiatan pasti tidak bisa lepas dengan yang namanya internet. Untuk itulah kenapa Internet Provider utama Mobile Internet menjadi sebuah hal yang sangat penting, utamanya Mobile Internet Provider yang sanggup mengakomodir kebutuhan internet ketika sedang mobile.

Memilih Mobile Internet Provider itu susah-susah gampang, karena stabilitas koneksi internet menjadi pertimbangan utama. Dan inilah yang saya alami beberapa waktu yang lalu ketika saya mendapatkan sebuah gadget dari XL karena memenangkan sayembara Live Tweet di acara XL Network Rally. Untuk menentukan Mobile Internet Provider yang pas dan nyaman digunakan untuk mendukung aktivitas online saya, saya sampai harus melakukan #baladaProvider untuk test Mobile Internet Provider yang akan saya gunakan.

Ya, saya melakukan tes beberapa operator penyedia layanan Mobile Internet Provider. Ini saya lakukan karena tips dari seorang kawan yang mengatakan silahkan coba-coba operator mana yang pas untuk mendukung kegiatan online kita. Maksudnya, cari operator yang kualitas jaringannya pas dengan lokasi di mana kita sering melakukan aktivitas. Kualitas jaringan pastilah mempengaruhi kualitas dan kenyamanan kita mengakses Internet. Parameternya simpel, operator yang jaringannya bagus minimal dapat 3G syukur-syukur HSDPA di lokasi di mana kita sering beraktifitas itulah yang kita pilih.

Dan setelah #baladaProvider saya lakukan, akhirnya saya memantapkan diri untuk menggunakan XL sebagai operator dan memilih paket Internet Unlimited XL untuk Mobile Internet Provider yang saya gunakan. Alasannya, koneksi cukup stabil dan jaringan XL di tempat di mana saya sering melakukan aktivitas sehari-hari juga cukup baik. Yang terpenting, biaya langganannya cukup terjangkau untuk anak kos seperti saya. Hehehe.. 😀

Setelah kira-kira hampir setahun saya berlangganan Internet Unlimited XL, eh ketika hendak melakukan perpanjangan layanan internet unlimited bulanan, saya sedikit terkejut karena di UMB (Ussd Menu Browser) saya tidak menemukan paket Internet Unlimited yang biasa saya gunakan. Selidik punya selidik (boleh jadi salah), paket Internet XL sekarang berganti menjadi paket internet XL HotRod 3G+. Setelah mengaktifkan langganan bulanan HotRod 3G+ saya sadar bahwa ternyata APN untuk paket ini juga berubah.
Sedikit kecewa karena tidak lagi unlimited, tapi gak apalah yang penting koneksi internet tetep kenceng. Dan ternyata saya baru tahu kalau perubahan tersebut merupakan salah satu langkah XL untuk meningkatkan layanan kepada pelanggan terutama dalam hal layanan data dan internet.

Dan baru tahu peningkatan yang dilakukan XL diantaranya, Setting Internet Otomatis. Kartu XL sekarang sudah dilengkapi dengan fitur setting internet secara otomatis. Kita hanya perlu masukkan kartu XL ke semua gadget yang kita punya dan kita bisa langsung terkoneksi ke internet tanpa perlu setting APN, proxy dll. Ini yang membuat saya kaget ketika cek APN beberapa waktu lalu ketika seorang teman meminta tolong ke saya untuk setting internet di iPhone barunya. Eh ternyata APN-nya sudah berubah dan berubah dengan sendirinya. 😀

Dan upaya XL untuk meningkatkan layanan kepada pelanggannya yang kedua saya ketahui kemarin (29/03) dari tweet di akun twitter XL, yaitu @XL123. Kini untuk melakukan cek sisa kuota dan masa berlaku paket Internet dari XL cukup mudah, kita bisa melakukan pengecekan masa berlaku dan kuota internet dengan tiga cara, yaitu,

  1. Melalui SMS, caranya ketik KUOTA kirim ke 868
  2. Dari UMB (Ussd Menu Browser) seperti biasanya dengan tekan *123# di di gadget kita, kemudian pilih pengaturan internet kemudian pilih cek kuota.
  3. Akses Web / WAP, caranya masuk ke browser dan masukkan url http://123.xl.co.id. Layanan ini tanpa perlu login.

Nah berikut coba-coba cek kuota yang saya lakukan untuk cek Kuota paket Internet XL HotRod 3G+.

XL Cek Quota Internet

Akhirnya masalah saya selama ini yang sering mengalami kesulitan untuk cek kuota paket internet XL terselesaikan. Dan sepertinya, dan InsyaAllah inilah jawaban dari cerita Geeks dan Mobile Internet Provider dari saya. Ini ceritaku, mana ceritamu? 😀

Posting menarik lainnya

6 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *