Earth Hour 2011 : 1 Jam + untuk Dunia yang Lebih Baik

Earth Hour LogoSetiap tahunnya bisa dipastikan terjadi peningkatan kadar buang / emisi dari Kendaraan bermotor, Pabrik, dan juga rumah tangga akibat penggunaan energi di bumi, serta juga bisa dipastikan hutan di bumi ini akan berkurang beberapa Hektar pertahunnya. Kedua hal tersebutlah yang memiliki andil cukup besar terhadap peningkatan pemanasan Global di Bumi hingga akhirnya memicu terjadinya perubahan musim yang cukup ekstrim, Es dikutub Utara dan selatan mencair yang menyebabkan kenaikan permukaan air laut yang kemudian menenggelamkan beberapa pulau kecil di bumi.

WWF melalui kampanye Eart Hour-nya yang dimulai tahun 2007 yang lalu sudah mulai mengajak masyarakat luas untuk memadamkan listrik selama 60 Menit atau 1 Jam. Kampanye mematikan listrik selama 1 Jam ini dimaksudkan untuk mendinginkan bumi sejenak dengan menghemat energi yang harapanannya bisa mengurangi efek pemanasan global yang terjadi. Mungkin kita berfikir bahwa mematikan listrik selama 1 jam adalah tindakan yang sia-sia. Ya, sia-sia memang jika hanya sebagian kecil masayarakat dunia yang memadamkan listrik selama 1 jam. Namun jika dilakukan bersama-sama serentak dan bersamaan, bisa dipastikan hal kecil yang kita lakukan selama 1 jam itu bisa menjadi sebuah hal yang berkontribusi besar untuk menghemat energi dan mengurangi efek pemanasan global di dunia.

Video Earth Hour 2010 Indonesia

Sejak dibentuknya pada awal tahun 2007, kampanye Earth Hour rutin diselenggarakan setiap tahunnya. Dan di tahun 2011 ini kampanye Earth Hour juga akan digelar, tepatnya nanti pada hari Sabtu tanggal 26 Maret 2011 tepatnya pukul 20.30 WIB. Jika di tahun-tahun yang lalu kampanye Earth Hour di Indonesia dipusatkan di Jakarta, kota pahlawan Surabaya di tahun 2011 ini pun turut menjadi target kampanye Earth Hour selain kota-kota besar lainnya seperti, Bandung, Yogyakarta dan Bali. Keikut sertaan Kota Pahlawan dalam kampanye Earth Hour 2011 ini ditandai ditunjuknya beberapa Voulenter Earth Hour dari Surabaya yang kemudian dilanjutkan dengan acara Workshop Earth Hour yang dilaksanakan di STIKOM Surabaya , yangΒ  mana pematerinya langsung dari teman-teman Earth Hour Jakarta. Setelah itu disusul acara kampanye dan sign up Earth Hour Surabaya yang berlokasi di Taman Bungkul Surabaya.

Jujur, Earth Hour 2011 ini adalah tahun ke-3 saya secara pribadi ikut sedikit berkontribusi dalam kampanye Earth Hour, dimulai dari Earth Hour 2009 dan berlanjut di Earth Hour 2010. Apa yang saya lakukan? karena saya masih berstatus anak kost, maka gerakan kecil untuk mendukung kampanye penghematan energi dan pengurangan efek pemanasan global di bumi, yang saya lakukan adalah mematikan lampu kamar kost selama 60 Menit :D. Dan alhamdulillah, bersyukur sekali saya ketika mendengar bahwa Kota Pahlawan juga menjadi salah satu kota target Kampanye Earth Hour yang mana saya berharap bisa ikut bersama-sama masyarakat kota Surabaya untuk melakukan satu hal kecil namun sanggup membawa dampak besar terhadap kelangsungan hidup di dunia.

Memang banyak hal yang bisa kita lakukan untuk mengurangi efek pemanasan global di bumi. Gerakan Earth Hour hanyalah sedikit dari sekian banyak hal tersebut. Sebagai penghuni dunia ini, mari bersama-sama menjaga bumi dengan melakukan hal kecil ini untuk hal besar di masa depan. Mari matikan lampu/listrik di rumah, sekolah, kampus, dan mungkin perusahaan kita atau mari ajak orang-orang di sekitar kita nanti pada tanggal 26 Maret 2011 Jam 20.30 WIB untuk mematikan lampu/listrik selama 1 Jam demi dunia yang lebih baik!!

Jika saya bisa ikut berkontribusi, kenapa anda tidak?? Mari dukung kampanye ini dan selamatkan bumi dari pemanasan global!!

Earth Hour 2011 poster

Posting menarik lainnya

16 Comments

  1. padahal yg memberikan kontribusi besar global warming itu negara2 maju, koq negara kita yg dianggap jantung dunia harus ikut2an..
    tapi anyway itu demi dunia, semoga sukses rencana ini…

    oh iya kalo memang mau sukses kegiatan ini, harus membumi, musti ne jg dipost di web TPC dong…

  2. mas Bodrex…
    itu logonya logo tahun lalu lohhh

    logo tahun ini 60+ soalnya plus plus, gak cuma lampu doank, tapi setelah 1 jam, menjadikan gaya hidup yg lebih ramah lingkungan

  3. setuju..!!! saya sangat support EARTH HOUR..dan sama spt km, sdh 3 thn saya berpartisipasi…. kalau bukan dari kita siapa lagi yg peduli..?????

    let’s support our EARTH from NOW…!!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *