Dibuat Kepincut Sama Note Terbaru SAMSUNG

Galaxy-Note-101

Sejak kemunculan seri Galaxy Note yang pertama, saya sebenarnya sudah dibuat penasaran dengan gadget terbaru dari perusahaan asal Korea Selatan tersebut. Tiak hanya karena saya Geeks yang suka penasaran pada sebuah gadget setiap ada gandget baru muncul, karena saya penasaran seperti apa sih perangkat baru dari Samsung yang memiliki tagline di posternya yakni “Phone? Tablet? It’s Note!”, ya, katanya perangkat baru Samsung tersebut bukan smartphone, bukan pula tablet, melainkan Note. Walhasil rasa penasaran pada generasi pertama Galaxy Note terobati ketika saya sempat hands-on perangkat Samsung tersebut, lama setelah perangkat tersebut hadir di Indonesia.

Nah, beberapa hari terakhir ini, baik di linimassa maupun di beberapa layanan internet lainnya lagi ramai memperbincangkan kehadiran iterasi terbaru Galaxy Note dari Samsung, yaitu Samsung Galaxy Note 10.1. Sejak kemunculannya awal tahun lalu di event Mobile World Congres 2012 (MWC 2012) di Barcelona, sekali lagi produsen perangkat elektronik asal korea ini membuat saya penasaran. Kembali dibuat dengan penasaran dengan tagline posternya “It’s 10.1″ It’s Note!”. Sebuah tagline yang menunjukkan bahwa iterasi terbaru Galaxy Note hadir dengan ukuran yang lebih besar, namun perangkat tersebut tetaplah Note.

Dari informasi yang saya dapat waktu itu, selain ukuran yang lebih gede, ternyata di iterasi terbaru Galaxy Note tersebut Samsung menyempurnakan banyak hal untuk meningkatkan kemampuan Note yang tidak ada tujuan lain untuk semakin memudahkan pengguna “tablet” tersebut membuat catatan-catatan di device Samsung tersebut. Mulai dari Prosesor, RAM, pembaharuan juga dilakukan pada Stylus yang merupakan bagaian yang menjadi bagaian penting dari Galaxy Note 10.1.

Dan hari ini, Jum’at (31/8) saya berkesempatan langsung untuk mencoba Galaxy Note 10.1. Yang paling spesial adalah saya mencobanya sehari sebelum perangkat ini dirilis luas ke pasar Indonesia. Setelah pagi mendarat di Ibu Kota dan sempat makan siang dulu, akhirnya saya dan teman-teman undangan lain berkesempatan untuk mencoba dan mendengarkan penjelasan dari Samsung Indonesia tentang produk terbarunya tersebut.

Bertempat di kantor Samsung Indonesia di Jakarta, saya mencoba setiap fitur yang dibawa oleh Samsung Galaxy Note 10.1. Sejak pertama melihat dan pertama memegang Galaxy Note 10.1, wow, ternyata Samsung benar-benar menyempurnakan Note dan membuatnya sangat berbeda dengan tablet Samsung dengan ukuran yang sama. S-Pen di Galaxy Note 10.1 juga telah disempurnakan, lebih baik dibandingkan dengan seri Galaxy Note sebelumnya. Samsung juga telah menyempurnakan fitur touch menggunakan stylus yang mana masalah utama touch screen dengan stylus ketika ingin menulis sering terganggu karena ada bagaian tangan yang ikut menyentuh layar. Akibatnya akurasi sentuhan buyar. Akurasi di S-Pen Galaxy Note 10.1 juga sudah lebih baik dan lebih akurat. Penempatan S-Pen yang ditempatkan di sisi kanan bawah juga memudahkan pengguna untuk mengakses S-Pen dengan mudah.

Ke akurasian S-Pen di Galaxy Note 10.1 sangat didukung oleh performa dari Galaxy Note 10.1 itu sendiri. Perangkat ini dilengkapi dengan 1.4GHz quad-core prosesor dari Exynos dan 2GB RAM yang membuat performa dari Samsung Galaxy Note 10.1 sangat baik. Terbukti, sebuah fitur baru untuk mendukung performa tinggi ini ditambahkan Samsung ke Galaxy Note 10.1, yakni fitur MultiScreen. Ini merupakan sebuah fitur yang memungkinkan pengguna bekerja di dua aplikasi berbeda pada sebuah layar. IMHO, kayaknya baru Galaxy Note deh perangkat “tablet” yang memiliki fitur MultiScreen ini.

Untuk perangkat lunak, Samsung Galaxy Note 10.1 berjalan dengan OS Android 4.0 Ice Cream Sandwich. Samsung juga melakukan banyak perbaikan untuk perangkat lunak bawaan Galaxy Note 10.1, salah satunya adalah aplikasi S-Note, sebuah aplikasi utama yang ada di perangkat Galaxy Note yang memungkinkan pengguna untuk menambahkan aneka catatan di perangkat ini. Salah satu fitur baru di S-Note adalah Formula Match Handwrite. Ini merupakan fitur dari Galaxy Note yang saya suka yang memungkinkan kita untuk menuliskan sebuah formula atau rumus matematika yang rumit yang mana mungkin susah untuk dikerjakan di perangkat lain sperti perangkat komputer sekalipun. Lebih keren lagi, kita juga bisa mencari jawaban dari rumus yang kita tuliskan secara langsung ketika perangkat terhubung dengan jaringan internet. Keren bukan?!

Galaxy-Note-101-mau

Masih banyak perbaikan dan fitur baru ditambahkan oleh Samsung ke Galaxy Note 10.1. Over All, iterasi terbaru Galaxy Note 10.1 ini sangat cocok untuk kita yang aktif dan ingin tetap produktif ketika tengah mobile sekalipun. Samsung Galaxy Note 10.1 boleh jadi akan menjadi milestone era di mana dimulainya catatan digital, mengurangi penggunaan kertas. Dan yang pasti saya dibuat kepincut oleh Galaxy Note 10.1. Ada yang mau belikan saya Galaxy Note 10.1? Jika ada, saya akan sangat berterimakasih sekali. 😛

Seperti apaa dan bagaiaman detail dari Samsung Galaxy Note 10.1, silahkan cek video Samsung Galaxy Note 10.1 dari Samsung ini.

Posting menarik lainnya

3 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *