Custom Domain Blog Posterous

Setelah cukup lama berkenalan dan posting blog di Posterous, akhirnya saya mencoba-coba untuk bereksperimen dan berusaha mengeksplore lebih dalam salah satu provider Blog baru ini. Wal hasil tanpa mengeksplore lebih dalam pun saya sudah kepincut sama satu fiturnya, yaitu custom domain. Fitur satu ini memungkinkan kita untuk mengganti alamat blog kita yang semula http://subdomain.posterous.com bisa kita ganti dengan domain terserah kita, misal http://terserah.com.

Nah lantas bagaiaman caranya untuk bisa mengganti domain di Posterous?? Melalui postingan kali ini saya mencoba berbagi ilmu bagaimana cara meng-Custom domain di Blog Posterous. Yang pertama sebelum saya melanjutkan ke step by step cara costum domain di Posterous ada baiknya kita mempersiapkan dulu hal-hal yang dibutuhkan sebelum melakukan custom domain. Adapun hal-hal yang harus di persiapkan antara lain :

  1. Domain name yang ingin anda pasang. Yang pastinya anda harus membelinya terlebih dahulu.
  2. Blog di Posterous. Pastikan anda sudah mendaftar di Posterouse dan telah memiliki blog.

Setelah 2 persyaratan di atas telah terpenuhi maka langkah selanjutnya adalah melakukan setting DNS domain kita. Sebelum melangkah ke setting DNS, saya ingin memberitahukan terlebih dahulu bahwa yang saya gunakan di sini bukan domain utamnya melainkan Sub Domain dari domain utama saya. Kenapa saya menggunakan sub domain,karena saya mengalami sedikit kesulitan untuk mengakseh Domain Panel saya yang telah mengalami perubahan account. Namun jika saya rasakan, tidak ada bedanya meng-custom dengan menggunakan sub domain atau menggunakan domain utama. Kita tinggal mengganti IP Address Host Domain kita dengan IP Host milik Posterous. Step by step nya adalah sebagai berikut.

  1. Login Ke CPANEL hosting anda
  2. Kemudian Cari Menu Domain, dan pilih Simple DNS Zone
    Tutorial 1
  3. Ketika sudah masuk ke bagaian Simple DNS Zone, maka kita harus mengisikan alamat domain kita. Pada bagaian Name merupakan nama dari subdomain kita. Misal another, maka akan menjadi http://another.domainanda.com, jangan lupa masukkan IP Host dari Posterous dibagaian addres. Adapun IP Host dari Posterous adalah 67.207. 139.81, Setelah Name dan Addres terisi dengan baik. Klik Add A record.
    Tutorial2
  4. Pastikan bahwa Name dan Addres telah tersimpan dengan melihat di bagaian bawah tepatnya di User-Defined Record (Lihat gambar).
    Tutorial 3
  5. Cukup sampai di sini bermain di dalam hosting kita, kemudian kita beranjak kedalam dashboard Blog Posterous kita.
  6. Pilih Setting, masukan nama domain yang telah kita setting di cara no 1 – 4 kedalam textbox site address (lihat gambar yang di blok warna kuning). Pastikan kita check Verify name server (recomended) untuk memastikan bahwa domain yang kita masukkan valid.
    Tutorial
  7. Jika sudah klik Save Setting di bagaian paling bawah.
  8. Selesai. Domain kita telah terpasang.

Mudah bukan untuk melakukan setting Custom domainnya?? Ok. Mungkin sampai di sini dulu berbagi ilmunya. Silahkan sampeyan mencoba. Semangat!!! (gym)

(muscle)

Posting menarik lainnya

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *