Cara Mengetahui Scam di eBay

Bagi mereka yang memiliki hobby dan terbiasa belanja Online di Internet nama eBay mungkin sudah tidak asing lagi. Nah bagi yang belum tau apa itu eBay, eBay adalah ebuah situs web lelang daring yang memungkinkan orang-orang dari seluruh dunia dapat membeli dan menjual berbagai barang dan jasa.

Di situs lelang yang dirintis pada tahun 2005 ini berkumpul berbagai orang di seluruh dunia yang menawarkan barang dan jasa atau orang-orang yang ingin membeli barang dan jasa ini tentunya menyimpan kelebihan dan kekurangan. Banyak kelebihan yang ditawarkan eBay, mulai dari kemudahan bertransaksi hingga ketersediaan berbagai macam barang dan jasa. Namun karena siapa saja dapat bergabung dan menjual barang di eBay akhirnya memunculkan sebuah pertanyaan, “Apakah barang yang saya beli akan benar samapi di rumah? Jangan jangan SCAM?”.

Statement atau pernyataan itu cukup beralasan dan mungkin sebuah pertanyaan atau statment yang mendasar yang keluar dari pemikiran orang-orang yang baru pertama kali menggunakan eBay atau layanan Jual Beli Online terlebih portal jual beli Online sekelas eBay. Sehingga penting bagi calon pembeli untuk bisa mengetahui lebih dini kegiatan penipuan atau yang biasa di kenal SCAM sebelum kita menjadi korbannya. Berikut adalah beberapa poin penting untuk dicatat bagi mereka yang ingin berbelanja di eBay :

  1. Pembeli harus bisa memastikan penjual denganmelihat Rating dan juga feedback / testimoni dari pembeli kepada penjual tersebut. Jika seorang penjual ternyata memiliki testimoni atau feedback negatif, melakukan kebohongan. Ada kemungkinan penjual itu adalah scam atau penipu.
  2. Masalah besar lain yang harus dicatat dan diperhatikan oleh pengguna eBay adalah Email Phising. Jangan sembarangan memberikan rincian account eBay anda apabila anda mendapatkan email dan meminta anda untuk mengisikan rincian account anda di sana. Tentu saja email itu mengatasnamakan eBay. Hal ini merupakan hal yang menyalahi email eBay karena eBay tidak akan pernah mengirimkan email Plus. eBay tidak pernah meminta pernyataan dari sebuah account meskipun account itu adalah account penjual yang luar biasa.
  3. Pembeli harus lebih berhati-hati terhadap penjual yang bersikeras bahkan memaksa kita untuk melakukan transfer pembayaran seperti ke paypal atau western union. Percayalah bahkan eBay tidak pernah menyarankan penggunanya untuk melakukan pembayaran dengan menggunakan layanan wire transfer. Jika penjual tetap bersikeras, maka tidak diragukan lagi penjual itu adalah scam. Jika anda berencana melakukan pembelian di eBay, eBay hanya menggunakan layanan pembayaran escrow.
  4. Pembeli juga harus sadar bahwa “too-good-to-be-true” price yang artinya barang yang bagus berbanding lurus dengan harga.Kemungkinannya adalah item yang harga jauh dibawah harga asli bisa dipastikan ada kemungkinan tanda-tanda kegiatan yang dekat dengan penipuan. Salah satu Contoh, di pasaran harga sebuah iPhone adalah $350 s/d $600, ternyata di eBay ada yang menawarkan harga jauh lebih murah dari range harga dipasaran tersebut. So anda seharusnya bisa langsung menarik kesimpulan bahwa ada kemungkinan barang tidak beres atau itu adalah penipuan.
  5. Pembeli harus semangat dan tidak penah lelah untuk meniliti sebuah korporasi yang menyatakan mereka escrow, namun ternyata masih meminta pembayaran dilakukan dengan mengirim ke seseorang bukan ke sebuah korporasi. Sangat bisa dipastikan bahwa hal yang seperti ini jelas SCAM.
  6. Pembeli juga harus menyadari penjual yang membiarkan mereka membayar sejumlah penawaran untuk transfer langsung ke rekeningnya. Terburuk, penjual berpendapat bahwa rekening bank yang diberikan adalah Escrow’s.

Beberapa tips di atas penting untuk diingat dan menjadi acuan calon pembeli dalam melakukan transaksi jual beli di eBay. Namun beberapa cara di atas juga dapat anda aplikasikan tidak hanya pada eBay, anda dapat mengaplikasikkannya pada proses jual beli yang ada di Internet. Semua ini penting untuk anda ketahui dan ingat supaya tidak melakukan hal “bodoh” dalam melakukan transaksi online.

Posting menarik lainnya

3 Comments

  1. haduh phising ya… :”> temen saya rajin tuh dapet ginian…tapi pelitnya minta ampun… gak mau di bagi :)) *eh dosa ya*

  2. Mau ikut bidding tapi barang ga bisa di kirim ke Indonesia, nyebelin banget,tapi aku denger dari temen ada perusahaan US yang bisa ngasih kita alamat fisik di US namanya viaddress,coba cek websitenya. kita bisa dapet barang keren, harga murah, dan sampai ke rumah dengan ongkos kirim yang lebih murah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *