Blekko : Sebuah Alternatif Search Engine

Sebagaian besar dari kita yang menggunakan Search Engine seperti Google, Yahoo Search, Bing, dan lain sebagianya pastilah pernah mengalami yang namanya menemukan Blog SPAM yang terpampang di halaman utama hasil pencarian (Search Engine Result Page / SERP). Maksud dari blog spam adalah blog-blog yang isinya hanyalah “sampah” hasil generate tools atau robot pencari keyword dari Search Engine yang ada, sehingga apa yang dicari tidak ditemukan pada blog tersebut.

Apa yang terjadi tersebut sehingga memunculkan banya blog atau website spam itu tak lebih adalah ulah para blogger yang hanya mementingkan SEO dari pada contentnya, sehingga berakibat “Good Keyword Bad Content”. Tidak itu saja, ternyata para blogger itu juga menggunakan script robot generator yang fungsinya hanya mengelabuhi search engine untuk meletakkan blog atau artikel dalam blognya dalam SERP atas keyword tertentu. Menyebalkan memang jika kita mencari sesuatu melalui search engine namun tidak menemukan apa yang kita cari tersebut.

Blekko Search Engine

Nah dengan latar belakang adanya masalah yang dialami sebagian besar pengguna Search Engine itu, ditahun 2007 Rich Skrenta yakni seorang yang bekerja sebagai Computer Programing di Silicon Valley dan beberapa temannya membuat alternatif Search Engine dengan nama Blekko. Sekilas search engine Blekko ini tidak ada bedanya dengan Search Engine yang ada pada umumnya, hanya saja pada Blekko di tambahkan fitur Slashtag Search, yakni pencarian dengan menambahkan slashtag (/) pada akhir keyword yang ingin kita cari.

Fitur Slashtag ini digunakan untuk mencari content dari sebuah website atau blog dengan ratusan tag yang sudah disediakan oleh blekko, misalnya Blog untuk mencari keyword yang kita masukkan dari blog, tech untuk mencari keyword kita dalam konten yang berhubungan dengan teknologi, dan masih ada ratusan tag yang disediakan oleh Blekko untuk memudahkan pengguna dalam pencarian content di Internet.

Dengan adanya terobosan baru berupa pencarian dengan Slashtag (/) yang ditawarkan oleh Blekko dan tidak dimiliki oleh Search Engine yang lainnya ini memberikan kemudahan kepada penggunanya untuk pengelompokkan hasil pencarian kita. Kita juga bisa ikut menambahkan Slashtag dengan mendaftarkannya terlebih dahulu. Slashtag yang ditawarkan oleh Search Engine Blekko ini juga meminimalkan ditemukannya blog atau website spam di halaman SERP.

Selain fitur slashtag ada beberapa fitur lain yang coba ditawarkan oleh Blekko kepada penggunanya. Salah satunya adalah fitur SEO Analytics, sebauah fitur yang menawarkan kemudahan kepada pengguna untuk menganalisis tingkat SEO (Search Engine Optimation) dari sebuah website. Bahkan dengan fitur ini kita bisa menganalisis 2 buah website atau domain dengan mencomparenya di sana.

Fitur-fitur yang ada pada blekko antara lain :

  • SEO statistics
  • Linking pages (in and out statistics)
  • IP address lookup
  • Cached pages
  • Tagging of pages
  • Creating and searching /slashtags
  • Finding duplicate content
  • Comparing sites
  • Crawl statistics
  • Page count
  • Robots.txt location
  • Cohosted sites
  • Page latency
  • Page length

Jadi dengan adanya Blekko ini diharapkan bisa mengurangi keberadaan Blog atau Website SPAM di halaman pencarian Search Engine. Selamat mencoba Blekko dan semoga Blekko bisa menjadi sebuah Alternatif Search Engine atau mungkin bisa menjadi Search Engine masa depan!!

Posting menarik lainnya

14 Comments

  1. Bagus nih, ngerti wae koen drek. olh berita teko endi.
    padahal kalo dilihat berita di detik.com, kapanlagi.com ya berita sampah diulang-ulang terus sampe 3-5 konten hanya berganti kalimat dan kata.

  2. ternyata dari blekko ada kelemahan, beberapa web yg umurnya panjang lebih aman di posisi pertama. kemudian dari blekko ini bisa dimungkinkan utk mencari backlink jg yang terdeteksi di searchnya blekko.
    dan ternyata blekko memakao API-nya Bing.
    ealah, tak kiro gawe dewe iki Blekko.

  3. Wah, ini bisa menjadi solusi yang menarik…
    Saya juga sudah mulai bosan dengan blog SPAM yang sering muncul kalo pake google….

    langsung ke TKP ^^

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *