BlackBerry dan iPhone Abal-abal

Kemarin (24/03) pas lagi benar-benar asyik bermain kodingan PHP di kantor di mana saya bekerja. Ada salah seorang teman yang saya ndak tau sengaja atau tidak memamerkan gadget baru yang dia punya. Dengan nada pelan dan sambil jalan dia berbicara dengan saya “Oi Drex, aku punya BB (blackberry .red) dan iPhone baru”. Wih.. serentak siapa yang ndak sok dan kaget, secara berapa harga ke 2 gadget itu kalo di gabung. “Wah kang, orang kaya sampeyan ini”, tandasku pelan. Lha dalah, pas saya liat ke 2 gadget itu saya merasa ada yang salah dan tidak wajar dengan ke-2 gadget baru teman saya. Yang pertama, sejak kapan iPhone produksinya di China?? Trus sejak kapan ke 2 gadget itu DUAL GSM?? Dan sejak kapan Blackberry ada antena dan bisa dibuat nonton TV??

Ya! saya benar-benar tertipu kawan. Sekilas jika dilihat emang ke-2 gadget itu tidak ada yang membedakan dengan yang aslinya. Mulai dari bentuk sampai logo pun sama. Namun jika kita teliti lebih lanjut, kia akan mengetahui bahwa ke-2 gadget itu ternyata BlackBerry dan iPhone Abal-abal sodara-sodara. Ya sangat menipu memang. Yang saya sampai saat menuliskan postingan ini masih menyimpan sejuta tanya dan sejuta heran. Kox bisa kayak gitu ya?? Memang jawabnya bisa, tetapi mbok ya kalau plagiator itu ndak sampe segitunya sampai logo dan tulisanpun sama. Okelah isinya bebeda, tapi fisiknya itu ndak ada bedanya sama yang asli.

Dan inilah sebuah fakta, bahwa Doktrin China yang berbunyi “Apa saja yang ada di luar China ada, maka di China juga harus ada.” ini memang benar adanya. Coba saja kita lihat, berapa banyak Motor jepang yang di duplikat desain serta modelnya oleh motor-motor keluaran China, Peralatan elektronik apa yang tidak diduplikat. Semuanya ada di China. Dan ke-2 Gadget yang teman saya bawa tersebut juga berasal dari china. Sungguh hebat yang sangat kelewat batas. Okelah ini Screenshot ke 2 gadget itu. Silahkan dilihat seklias dan secara seksama. Dan setelah melihat silahkan berpendapat.. BlackBerry dan iPhone? benarkah??

Gambar 1
Tampak Depan

Gambar 2
Tampak Belakang

Gambar 3
Apa yang ada di Pikiran anda??

Posting menarik lainnya

2 Comments

  1. hahaha, orang” TU di jurusan saya juga sempat heboh dengan BB abal-abal…..semuanya pada beli…

    yang tidak saya mengerti, emangnya gak ada ya hukum yang mengatur tindak plagiat seperti itu?

    1. @Siddiq Basid:Hehehe.. ternyata tidak hanya saya saja ya mas.. mas juga.. nah kalo ada atau gak nya hukum yang mengatur tindak plagiat seperti itu kayaknya sudah ada, yaitu hukum tentang pelanggaran hak cipta..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *