Berkenalan dan Berbagi dengan Komunitas Women Online Surabaya

Kalau di Jakarta kemarin saya mendengar ada Kumpulan Emak-emak Blogger, yaitu berkumpulnya para Bunda, Mommies, Ibu, Mama dan semua perempuan untuk berbagi melalui blog, nah kemarin saya baru tahu kalau di Surabaya juga ada kumpulan sejenis dengan emak-emak Blogger, yakni kumpulan wanita (ibu-ibu dsb) yang menyebut dirinya WOSCA, kependekan dari Woman Online Community Surabaya/Indonesia. Meskipun sama-sama sebagai wadah berkumpul wanita yang gemar online seperti emak-emak Blogger, namun WOSCA lebih ke berkumpulnya wanita pemilik Online shop atau Bisnis Online lainnya. Keren kan?! asli baru tahu.

Gathering-WOSCA
Hayo.. Saya yang mana hayo?! Saya paling cantik di sini. πŸ˜›

Loh kok baru tahu mas?! Ya iya lah baru kemarin tahunya :D. Ceritanya bisa berkenalan dan berbagi dengan komunitas Women Online Surabaya bermula dari telepon salah seorang teman, awalnya saya mengira telepon tersebut adalah telepon untuk On Air by Phone di salah satu radio swasta di Surabaya, karena no telepon yang pagi itu menghubungi saya, saya simpan dikontak sesuai dengan nama radio tersebut. Saya sudah akrab dengan suara teman yang ada di ujung telepon tersbut, dia adalah mbak @liliesrolina. Tanpa babibu saya langsung tanya apakah ada yang bisa dibantu dsb, ternyata iya, dan kali ini tidak berhubungan dengan berbagi di radio tempat beliau bekerja. Ternyata saya ditodong untuk bisa berbagi dengan teman-teman komunitas Women Online Surabaya (WOSCA) di acara gathering bulanan komunitas ini. Dan tidak tanggung-tanggung, saya diminta untuk berbagi seputar “Pembayaran Online yang aman dan nyaman”. Hadeh, Bismillah saja bisa. Kan kalo gak bisa tinggal tanya ke si mbah Google. Haha…

Acara gathering bulan Juli WOSCA digelar kemarin (15/7) bertempat di SAS Cafe & Resto. Karena kebetulan tempat gathering WOSCA tidak seberapa jauh dari tempat kos dan mbak Lilies bilang sesi saya baru mulai jam 3 sore, maka saya agak santai dulu mengerjakan hal lain di kos (kebiasan). Dan ternyata ada miss komunikasi, perkiraan yang dibilang mbak Lilies jam 3 ternyata lebih cepat, karena peserta yang datang datangnya tepat waktu dan gak ada acara molor-molor. Wal hasil jam 2 siang saya harus segera meluncur.

Sampai lokasi, Wowww… Karena ini adalah komunitas Women Online Surabaya, maka seperti yang bisa teman-teman bayangkan yang datang di acara ini seperti apa? Yup, peserta full wanita, hanya ada beberapa laki-laki, yaitu suami dari ibu-ibu yang mengantarkan istrinya ikut acara tersebut dan saya pastinya. Agak sedikit grogi di awal ketika mau berbagi seputar pembayaran online yang nyaman ke peserta gathering karena ini adalah kali pertama saya berbagi dengan peserta full wanita. But Show Must Go On, kegiatan berbagi harus tetap jalan tak peduli siapa pesertanya. Akhirnya saya kesampingkan itu grogi dan cas cis cus mulai ngomyang berbagi seputar pembayaran online yang aman dan nyaman. Dan benar, karena pesertanya yang asyik dan aktif, akhirnya saya tidak hanya berbagi tentang apa ancaman dan resiko yang terjadi di pembayaran online serta tips trik menghindari resiko tersebut saja, melainkan saya juga bagikan sedikit tentang tips bagaimana mengoptimalkan online shop dan bisnis online serta saya putarkan beberapa koleksi video yang berisi contoh kampanye digital yang kreatif untuk mengoptimalkan bisnis online.

Seperti yang sudah saya bilang di awal bahwa WOSCA adalah sebuah komunitas yang berisikan para wanita pemilik Online shop atau Bisnis Online, mbak-mbak, ibu-ibu, dan wanita yang hadir di gathering ini adalah mereka yang aktif berjualan dan membuka lapak di layanan sosial media seperti Facebook dan tak jarang beberapa dari mereka sudah memiliki website online shop sendiri. Barang yang dijual beraneka macam, mulai Fashion, Accesories, hingga kerajinan tangan. Dan karena para wanita pemilik Online shop atau Bisnis Online tersebut tergabung dalam WOSCA, lapak di Facebook maupun website toko online mereka diagregasi atau dikumpulkan jadi satu dalam sebuah website atau portal utama, yaitu di woscamall.com. Di portal tersebut kita bisa melihat semua lapak dari para wanita yang tergabung dalam Komunitas Women Online Surabaya. Keren bukan!

Terimakasih sudah kepada teman-teman WOSCA yang sudah menhajak saya datang, berkenalan, dan berbagi di acara Gatheringnya. Sukses untuk teman WOSCA!!

Posting menarik lainnya

21 Comments

  1. mbak dina mana mbak dina ? oh iya, sibuk sama baby yang baru lahir :p

    wosca sering ada di gramex kalau lagi musim mau lebaran gini, jualan offline :p

  2. cihuii^^ tengkiuuh banget ya mas, utk kesediaannya berbagi kmrn, kami juga seneng bisa ketemu dgn narasumber2 yg share ilmu maupun motivasi :))

    1. Wehehehe.. saya gak punya bisnis online mas.. saya hanya blogger biasa saja. Semangat untuk teman-teman Semarang. Semoga segera ada komunitas semaca ini di Semarang.. ^^,

  3. semakin banyak aja komunitas yang muncul di berbagai wilayah di Indonesia πŸ˜€
    mungkin jogja menyusul muncul komunitas women semacam ini πŸ˜€

    1. Lha.. bapak-bapaknya dari ibu-ibu member Wosca, sering juga terlihat eksis menemani para pujaan hatinya baik di acara Gathering, Arisan, maupun pada saat pameran/bazaar yang diikuti oleh Wosca lho mas bro πŸ˜€ hehehe.

      nb: untuk para suami maupun pacar atau tunangan dari para ladies member wosca, jangan kwatir dan risau galau deh disaat menemani/antarin para ladies-nya dalam acaranya Wosca. Karena tinggal cari saja yang namanya Japu, pasti deh akan aku temani ngobrol ngimbrung bersama kok πŸ™‚

  4. Mas navit boleh minta no contactny.. ato contact saya mas. Ola di 081703811223.. bisa bahas undangan acara kita mas. Sekolah penerbangan.

  5. Bagaimana caranya untuk ikut bergabung di komunitas ini? apa aja persyaratannya?? Thanks

  6. Boleh gabung gak ya all.. Pngen pnya komunitas khusus women..😘😘😍

  7. Saya bisa gabung ngk ya..saya ibu rumah tangga….pengen nambah pengalaman,ilmu dan penghasilan pastix

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *