Bentuk Baru SPAM di WordPress

Spam atau junk mail adalah penyalahgunaan dalam pengiriman berita elektronik untuk menampilkan berita iklan dan keperluan lainnya yang mengakibatkan ketidaknyamanan bagi para pengguna situs web(dikutip dari wikipedia indonesia). Bagi blogger pengguna CMS WordPress untuk management content Blog-nya mungkin sudah tidak asing dengan yang namanya SPAM, dan mungkin sering dibuat jengkel (taser) dengan yang namanya SPAM terutama SPAM comment.

Nah beberapa hari yang lalu saya cukup dibuat kaget dengan beberapa comment yang masuk ke Blog ini, kenapa? (woot) karena comment tersebut sekilas terlihat bukan spam, karena isi commentnya sama dengan comment pada umumnya. Namun ketika saya cek URL-nya untuk saya Blogwalking ke blog atau site pemilik Comment, kok blognya ada tapi contennya tidak ada sama sekali, hanya terdapat header blog, sidebar blog, footer, dan tanpa ada isinya sama sekali. Dan hal ini terjadi pada beberapa comment. Setelah cukup lama, saya baru paham ternyata ini sebuah bentuk spam baru di WordPress yang mana mereka menduplikat Commentar sebelumnya.

Bentuk SPAM Baru WordPress

Pertama ketika kita melihat Comment ini pasti kita tidak mengira jika comment tersebut adalah commentar SPAM, meski pada awalnya commentar tersebut sudah di jaring oleh Plugins Anti SPAM kita dan dimasukkan ke dalam SPAM comment. Namun karena isinya tidak seperti Commentar SPAM pada umumnya yang tidak akaruan, maka kita menganggap Commentar itu bukanlah Comentar SPAM. Namun jika kita lebih teliti lagi Comentar tersebut adalah duplicat dari comentar sebelumnya.

Duplicate Comentar

Nah lantas bagaimana cara menangkal SPAM ini? Tenang saja, sejauh ini Plugins Anti SPAM yang anda Gunakan masih cukup ampuh untuk menjaring SPAM ini dan menempatkannya di SPAM Comment. Dan misalnya SPAM ini lolos Jaring SPAM Plugins yang anda gunakan, Commentar SPAM ini tidak serta merta akan masuk tetapi meminta approval dulu. Dan cara yang paling jitu adalah cek terlebih dahulu, apakah URL yang ada tersebut ada atau benar, kalo ternyata tidak ada dan isinya salah atau blank, maka silahkan di delete karena Commentar tersebut dapat dipastikan sebagai Commentar SPAM. (funkydance)

Mungkin cukup sampai di sini saja tulisan ini.. semoga membantu teman-teman untuk membedakan SPAM Commentar yang memiliki bentuk baru. (worship)

NB : Kalau gambar kurang Jelas, silahkan Double Klik Gambar untuk memperbesar

Posting menarik lainnya

12 Comments

  1. hehhee… betul banget drek, saya juga heran akhir2 ini ada spam ketangkep akismet tapi kok kayak bukan spam, eh ternyata isi komentarnya sama! kwkww…

    dobol kok ancen tukang spam iku kwkw, makin canggih!

  2. di blogku juga ada sih beberapa spam, tapi nggak banyak kok, dan kena filter akismet dg sempurna. maklum wes suwe nggak update, belum sepiro kondang pisan blog’e hehe… jadi percuman nyepam ndek situ 😛

  3. betolll… sy juga baru nemu di blog sayah. mw dibalas, tapi koq kayaknya komen ini sudah pernah ada yak? huaa ternyata SPAM! (idiot)
    untungnya masi kejaring akismet (okok)

  4. kalo yang udah masuk akismet,biasanya aku cuma lait nama dan url,kalo sekiranya mencurigakan gak aku selidiki lebih lanjut,takutnya web yang dituju tersebut bermalware

  5. ohh .. gitu toh ..
    tapi sayangnya, blogku masih sedikit spamnya, jd ngga terlalu mikirin yang kaya gini, hehehe …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *