Basic Tips untuk Desain Web

Tahukah sampeyan, bahwasannya para pengguna internet dan pengakses website dapat dikatakan memiliki kesamaan dengan seseorang yang datang dan berbelanja di sebuah toko. Pengunjung hanya melihat-lihat website baru yang bermunculan dan hanya sedikit saja memperhatikan setiap detail yang ada pada halaman Website tersebut. Para pengunjung hanya memperhatikan beberapa tulisan atau text dan link yang mana terlihat menarik perhatian pengunjung. Dari fenomena seperti inilah sebuah website dituntut dapat lebih interaktif dengan menyajikan desain dan gambar yang relefan dengan topic website itu sendiri.

Seorang Web Desainer dituntut tidak hanya berpikir dari satu sudut pandang saja terlebih hanya sudut pandangnya saja, seorang web desainer harus berpikir dan memposisikan diri pada sudut pandang End User (Pengguna Akhir) dalam hal ini adalah pengakses dan pengunjung Web yang akan dibangun. Pada kenyataanya masih banyak seorang web desainer hanya berpatokan pada selera dan sudut pandang pribadi masing-masing, hal ini tentu saja mengakibatkan sebuah Desain Web yang kurang Interaktif dan tidak menarik perhatian pengunjung.

Nah untuk itu melalui postingan saya kali ini, saya akan mencoba berbagi kepada pengunjung Blog ini tengtang Tips Dasar yang harus dilakukan untuk membuat sebuah desain web. Adapun yang harus hal-hal yang perlu diperhatikan oleh seorang web desainer adalah,

Jangan Membuat Pengunjung Berfikir atau Bingung,

Sebuah Web hendaknya harus jelas dan mudah dimengerti. Jadi, ketika seorang Web Desainer membangun sebuah web baru, yang harus diperhatikan pertama kali adalah menghidari semaksimal mungkin pertanyaan dari pengunjung yang mana pertanyaan-pertanyaan ini muncul akibat kebingungan pengunjung dalam memahami desain web yang kita buat. Ketika pengunjung mengalami kebingungan, maka bisa dipastikan pengunjung akan mengalami kesulitan dalam melakukan navigasi dan eksplorasi lebih dalam terhadap Website yang kita bangun.

Jangan menguji kesabaran pengunjung,

Berbicara tentang menguji kesabaran, hal ini sangat erat kaitannya dengan lambat dan cepatnya web yang akan kita bangun saat di akses. Hendaknya seorang web developer memperhatikan size atau ukuran file yang akan digunakan dan diupload ke server, entah itu file html, CSS, PHP, file gambar atau file apa saja yang kita gunakan dalam Website. Karena semakin besar size file yang kita upload maka akan sangat mempengaruhi kecepatan akses website yang kita bangun.

Tidak hanya itu saja. Sebagai seorang web developer hendaknya kita tidak perlu memasang fitur pada Website yang kita bangun untuk memaksa pengunjung memasukkan email atau memaksa pengunjung untuk mencoba fitur-fitur yang ada pada website kita. Buat pengunjung merasa bebas dan enjoy berada pada website kita. Hal ini sangat berguna untuk pengunjung pertama yang baru datang ke site kita. Buat pengunjung merasa berkesan terlebih dahulu, selanjutnya.. terserah anda.. :))

Buat Pengunjung fokus terhadap content yang menjadi Fokus utama Website kita,

Sebagai seorang web developer, kita harus tau mana content atau isi yang menjadi fokus utama dari Website yang kita bangun. Kita harus pintar-pintar meletakkan content yang menjadi fokus utama tersebut di tempat yang pengunjung mudah melihatnya. Kita harus tau karakteristik pengunjung dalam menavigasi Website, misalnya manusia cenderung memiliki kebiasaan mulai membaca dari bagaian kiri atas kemudian ke kanan dan terus turun ke kanan bawah. Nah, kita bisa melatakkan apa yang menjadi fokus dari site yang kita buat berada di bagaian kiri atas website. Contohnya meletakkan judul website, deskripsi singkat tentang website, atau tagline dari website yang kita buat.

Perhatikan Isi Content atau Tulisan,

Perlu diingat dan di jadikan bekal bagi para web desaigner, bahwasannya konsep content atau tulisan yang ada dalam Website sangat berbeda dengan konsep tulisan cetak. Oleh karena itu, penting bagi seorang webdesaigner mengubah gaya penulisan, kita harus berusaha menghindari tulisan yang panjang dan berkesan bertele-tele apabila ingin membuat sebuah tulisan untuk promosi. Kita buat tulisan yang singkat namun apa makna yang ingin disampaikan dapat tersampaikan. Jika perlu tambahkan gambar atau model animasi pada tulisan yang mana intinya untuk menarik perhatian pengunjung website.

Buatlah Website sesederhana Mungkin,

Yang terpenting dan sangat penting adalah, kita tidak perlu berfikir kompleks dan rumit untuk mendesain sebuah website. Pengunjung datang ke website kita bukan untuk menikmati desain web kita, melainkan mereka ingin mendapatkan informasi dari website kita. So jangan terpaku pada tampilan atau desain yang rumit, buatlah website yang sederhana namun tetap menarik perhatian pengunjung. (funkydance)

Oke mungkin cukup segini dulu beberapa Tips Dasar yang harus diperhatikan seorang Web Desainer baru yang akan membangun desain sebuah Web. Postingan ini tidak berniat menggurui atau bagaimana, jujur hanya ingin berbagi ilmu saja kepada teman-teman yang lain yang ingin belajar dan terjun di dunia Webmaster. Dan ini adalah sedikit ilmu yang saya peroleh dari pengalaman seorang manusia biasa yang mencoba bermain-main di dunia webmaster. Semoga bermanfaat dan membantu (goodluck)

Posting menarik lainnya

7 Comments

  1. sepakat thok…
    tak delok akhir2 iki tulisane seputar desain web yang baik, cocok karo profesi dan bahan bacaan yang mencerahkan 😉

    salam sukses, salam membaca!

  2. Akur !

    Istilah keren dalam konsep desain mendesain web: Keep it simple, Stupid !

    Dan jgn sampai terjebak dengan gejala: aku hebat ! (menampilkan semua efek2 animasi padahal semua efek itu tidak banyak artinya bagi pengunjung.)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *