Back Up Blog Mu

Cara Paling Mudah dan sederhana mengamankan Blog Mu

Saat kita nge-Blog ada beberapa hal yang sering dilupakan oleh sebagaian besar Blogger, kegiatan yang sepele namun sangat membantu dalam pengamanan Blog. Pengaman yang saya maksud kali ini adalah, mengamankan content yang ada di blog (Postingan, Comment, dll) kita dari bahaya terdelet akibat blog kita eror. Cara yang efektif dan peling mudah yang bisa gunakan untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah Membackup Content Blog kita secara berkala. Nah pada kesempatan posting kali ini saya sedikit berbagi beberapa cara untuk mengamankan Blog kita dari ancaman kehilangan Content.

Yang Pertama, Backup Blog yang menggunakan layanan gratisan dari Blogger.com atau yang biasa kita kenal dengan blogspot caranya adalah sebagai berikut :

  1. Login ke Account sampeyan.
  2. Pilih Pengaturan / Setting pada dashboard sampeyan.
  3. Klik Export Blog pada bagaian Tools Blog.
  4. backup blogspot

  5. Klik Tombol download .

Untuk memasukkan kembali file yang telah di backup ketika blog kita mengalami gannguan caranya adalah dengan menguploudnya.  Langkahnya hampir sama dengan langkah-langkah Export Blog, hanya saja yang pada langkah ini kita pilih Import Blog, kemudian pilih file backupan kita yang sampeyan simpan di computer.

Yang Kedua, Backup Blog yang menggunakan CMS wordpress entah yang menggunakan wordpress.com (gratisan) atau wordpress dengan hosting sendiri. Adapun langkah-langkahnya adalah :

  1. Login ke Dashboard wordpress Sampeyan.
  2. Pilih menu Tools .
  3. Kemudian Pilih Export .
  4. wp backup

  5. Klik Download.

Untuk mengupload file backup caranya adalah pilih Import pada menu Tools kemudian Pilih WordPress pada pilihan Import. Oh ya backup dan Uploud backup pada WordPress ini hanya berlaku untuk Versi WordPress yang sama. Maksudnya, sampeyan gak bisa menguploud hasil backupan dari versi yang lain.

backup wp2

Okeh mungkin cukup sekian sedikit berbagi cara amankan blog kita dengan metode yang sederhana namun sangat berguna. Semoga bermanfaat.

Posting menarik lainnya

30 Comments

  1. Persis seperti saatku ganti template..banyak yang ilang..>!!

    Sampe detik ini pun belom diback up…, Harus segera Action neh…tak ada yang tau kejadian di masa mendatang…..

  2. terima kasih sudah memberi masukan positif 🙂

    biar gak kaya’ blognya brillie yang sempet ilang itu, kesian 🙁

  3. aduh iya harus segera di back up.. postingan ku kan semuanya bermanfaat.. jadi kalu sampe ilang byk yg akan mengeluh.. <– jiah gak banget iki..

  4. Penting itu buat backup blog secara berkala.. jaga2 kalo kena hack misalnya. Kan sayang tuh buah pikiran kita lenyap begitu saza.. 😀

  5. alhamdulillahs saya 2 minggu sekali back up blog
    karena trauma dengan kejadian lalu. blog hancur tak ada back upan blog. terpaksa ngulang dari awal lagi

  6. Wahh blognya keren nih..
    ikut baca-baca ya,.
    Salam kenal dari BLOG HEBOH..

    Ngomong2 mohon dukungan supaya saya sukses dan lulus UAN.. Amin..

    Oh iya silahkan berkunjung ke BLOG HEBOH dan silahkan berkomentar sebanyak-banyaknya biar dapet banyak backlink.. Hhhe.. Salam sukses!!

  7. Jadi inget sebulan lalu, gara2 penyedia hostingku kena flooding, data sebulan ilang: posting, komen. Backup yg aku punya pun tyt yg lawas. Klo di wordpress, ada plugin sip yg namanya WordPress Database Backup skr versi 2.2.2. Bisa bikin backup otomatis selama berjangka. Jadi mau tiap hari pun juga bisa, dikirim via email.
    Yg jelas, backup emg super perlu. Jangan berharap hosting kita aman dari serangan dan gangguan.

  8. @mantan kyai: karaoke?? waaah.. melu melu melu…

    @bodrex: drex, templatemu iki bener nggawe dewe? peh peh peh, suangar.. gedhi gedhi… senenganmu gedhi gedhi yo drex? hahaha…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *