Apa yang Harus Dilakukan Ketika HP Hilang

Maling-HP

Maling-HPSelalu ada hikmah dan pelajaran di setiap apa yang terjadi pada diri kita“. Saya percaya sekali bahwa kalimat tersebut benar adanya. Terbukti bahwa di postingan ini pun saya masih membuat postingan yang berhubungan dengan tragedi yang menimpa saya beberapa waktu lalu. Memang ketika kita bisa berfikir tenang dan jernih setiap kali menghadapi hal yang terjadi pada kita baik dalam keadaan baik dan buruk sekalipun, kita akan bisa mendapatkan hikmah dan pelajaran dari sana.

Setelah kemarin saya Berbagi Tips Naik Taxi di Jakarta yang juga merupakan pembelajaran dari tragedi yang menimpa saya beberapa waktu yang lalu itu, kali ini saya akan membagikan sedikit tips apa yang harus kita lakukan ketika Handphone hilang. Meskipun Blackberry saya yang sempat menghilang karena tragedi tersebut kembali, tapi saya mendapatkan sedikit pembelajaran apa yang harus saya lakukan ketika Handphone atau mungkin smartphone kita hilang.

Sebelum saya membagikan tipsnya, saya ingin mengatakan bahwa tindakan apa yang Harus dilakukan ketika HP hilang tidak hanya kita lakukan setelah HP kita itu lenyap, melainkan kita juga harus melakukan hal-hal tertentu saat HP tersebut masih ada. Maksudnya apa? Jadi, sebelum HP kita benar-benar lenyap, ada beberapa hal yang harus kita lakukan guna mempersiapkan HP kita jika sewaktu-waktu terjadi hal-hal yang tidak diinginkan terjadi pada HP kita tersebut. Misal HP rusak atau hilang. Memang sebagaian besar dari kita berharap tidak terjadi hal-hal yang diinginkan pada HP yang kita miliki. Namun namanya nasib buruk siapa yang tahu datangnya. Lebih baik sedia payung sebelum hujan bukan?

Nah, hal-hal yang perlu dilakukan guna mempersiapkan hal buruk yang terjadi pada HP kita ketika HP masih ada adalah:

  1. Backup secara berkala data yang ada di HP, seperti kontak, foto, dan data yang lainnya.
  2. Biasakan pasang password untuk mengunci handphone.
  3. Pasang Aplikasi keamanan tambahan di handphone, contoh SmrtGuard untuk Blackberry, McAfee: WaveSecure dan atau Mobile Security untuk Android, Lookout Mobile Security untuk iPhone, dsb.
  4. Pasang aplikasi Remote Wipe Data untuk Handphone, contoh Android Lost untuk Android, Where Is My iPhone untuk iPhone, BlackBerry Protect untuk Blackberry.

Hal-hal di atas yang perlu kita lakukan sebelum Handphone lenyap adalah hal-hal standa pengamanan ganda untuk mengamankan data dan privasi kita guna menghindari penyalahgunaan data ketika handphone pindah tangan.

Lalu jika handphone sudah lenyap atau hilang, hal-hal yang bisa kita lakukan adalah sebagai berikut:

  1. Coba hubungi nomor di handphone yang hilang. Telepon dan sms nomor tersebut. Sms beri tahu bahwa handphone tersebut hilang, jika ada yang menemukan suruh hubungi ke nomor tertentu. Ini merupakan cara sederhana yang bisa kita lakukan untuk berharap siapa tahu ada orang baik yang menemukan HP kita kemudian mengembalikannya kita. Meskipun, ya kita tidak bisa berharap handphone kembali. ๐Ÿ˜€
  2. Hapus semua data dan blokir handphone. Ini bisa dilakukan menggunakan aplikasi kemanan tambahan dan aplikasi remote Wipe Data untuk handphone seperti yang saya sebutkan di atas. Jika tidak pasang aplikasi tersebut, ya berharap tidak terjadi hal-hal buruk lainnya berkenaan dengan data yang ada di dalam handphone yang hilang. Makanya saya sangat menyarankan aplikasi-aplikasi tersebut.
  3. Jika dalam waktu 1 x 24 Jam handphone tidak ada kabar dan kembali, kita bisa langsung melapor ke gerai provider terdekat untuk memblokir nomor handphone yang hilang atau minta kartu baru dengan nomor yang sama.
  4. Perbanyak do’a, semoga handphone bisa kembali atau minimal agar bisa dapat rezeki lagi untuk cari pengganti <– *tips asal*

Oke, mungkin itu saja sedikit tips dari saya tentang apa yang harus dilakukan ketika HP hilang berdasarkan pengalaman saya. Jika teman-teman punya tips tambahan yang lain, yuk sangat diperbolehkan untuk ikut berbagi di dini dengan memberikan tipsnya di kolom komentar.

*gambar dari http://www.digitaltrends.com

Posting menarik lainnya

3 Comments

  1. Aku belum bisa set pengamanan-pengamanan untuk BB yg aku punya saat ini. Nanti kalo ketemu kamu setingin ya mas bro, hehehe.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *