Akhirnya Earth Hour 60+ Surabaya

Akhirnya tanggal 26 Maret 2011 terlampaui juga. 26 Maret 2011, hari di mana menjadi hari dihelatnya kampanye tahunan Earth Hour 60+. Ada yang sedikit berbeda dengan kampanye Earth Hour tahun 2011 kali ini, selain ada tambahan + dibelakang angka 60 yang memiliki arti menjadikan kegiatan mematikan lampu dan menghemat energi sebagai gaya hidup yang tidak hanya berhenti di 60 menit saja dan di tahun 2011 ini Earth Hour ada di Surabaya.

Eart Hour 60+

Jika ditahun 2009, dan 2010 yang lalu saya hanya bisa berkontribusi dalam kampanye Earth Hour dengan mematikan lampu kamar kost dan beberapa perangkat elektronik yang saya punya, nah karena Earth Hour 2011 ada di Surabaya, maka saya berkesempatan hadir dan berkontribusi dalam kampanye Earth Hour 2011 yang lebih besar lagi karena akhrinya Earth Hour ada di Surabaya. Sebuah acara besar dilaksanakan teman-teman dari Voulenter Earth Hour Surabaya di Grand City Mall dan beberapa gedung di Surabaya pun ikut berkontribusi dalam kampanye ini.

Earth Hour di Kampus STIKOM


Jika di tahun-tahun sebelumnya saya hanya berkontribusi di acara Earth Hour dengan hanya mematikan lampu di kamar kost dan mematikan bebrapa perangkat elektronik yang saya punya, Alhamdulillah di tahun 2011 ini kampus tempat di mana saya menuntut ilmu dan bekerja saat ini juga ikut dalam kampanye 60 Menit mematikan lampu ini.

Frenavit dan Earth Hour 2011

Berawal dari upaya seorang teman yaitu mas Gilang “@soepolenk” Permana aktifis detik forum sekaligus alumni STIKOM juga yang ingin menyelenggarakan Workshop Earth Hour 60 + Surabaya di STIKOM sebagai rangkaian acara Earth Hour 2011, akhirnya Kepala Bagaian di mana saya berkantor tertarik untuk mengikut sertakan Kampus STIKOM sebagai partisipan dalam kampanye Earth Hour 60+ Surabaya dengan mematikan listrik di Kampus selama 60 Menit.

Dan akhirnya pada tanggal 26 Maret 2011 tepatnya pukul 20.30 s/d 21.30 WIB kurang lebih 79.000 Watt daya listrik yang digunakan untuk penerangan kampus dimatikan setelah 2 hari sebelumnya saya yang ditunjuk Pak Bos sebagai korlap acara tersebut berkoordinasi dengan teknisi kampus yang bertugas mematikan listrik.

Alhamdulillah, akhirnya tidak hanya mematikan lampu kamar kost selama satu jam, tetapi tahun ini mampu menggerakkan rekan-rekan tercinta yang ada di kampus untuk memadamkan kurang lebih 79.000 Watt daya listrik selama satu jam. Semoga tidak hanya berhenti di situ saja dan menjadikannya sebagai gaya hidup.

Mbak Betty

Earth Hour 60+ di Grand City


45 Menit setelah semua lampu di kampus padam dan beberapa teman memberikan testimoni untuk kampanye Earth Hour 2011, saya langsung meluncur ke Grand City Mall. Yup, puncak acara kampanye Earth Hour Surabaya dipusatkan di Lobby Grand City Mall Surabaya.

Dampai di lokasi, lampu yang sebelumnya dimatikan sudah tampak menyala namun kemeriahan masih tampak di lokasi. Di acara tersebut dimeriahkan oleh pertunjukan parkour dari teman-teman parkour Surabaya, Music sampah, Capoera dari teman-teman Capoera Surabaya, dll. Lobby Parkir Grand City terlihat penuh oleh orang karena yang hadir di acara tersebut terhitung ada 1.000 manusia yang mana datang dari komunitas Bike to Work Surabaya, berbagai komunitas Sepeda Fixie di Surabaya, teman-teman Komunitas Online dan Komunitas yang lain yang tidak bisa saya sebutkan satu per satu di sini.

Meskipun saya datang di penghujung acara, namun kemeriahan masih tampak di sana. tampak beberapa orang berfoto dengan background lilin yang disusun membentuk angka 60+ dan ada juga yang berpose di Photo Booth yang ada di sana. Ratusan doorprice dari Panitia dan Sponshor acara dibagikan kepada pengunjung yang berebut menjawab pertanyaan yang dilontarkan panitia di panggung utama.

Dan akhirnya Earth Hour 60+ ada di Surabaya. Sampai ketemu di Earth Hour tahun depan, semoga lebih banyak institusi yang ikut dalam kampanye Earth Hour dan acaranya semakin meriah. Semangat!! Karena Surabaya Bisa!!

Posting menarik lainnya

10 Comments

  1. Wuih stikom terbaik.. kampus lain yang male itu adem ayem tanpa ada kegiatan.. stikom yang repot2 ikut rame dalam memeriahkan acara… terbaik!

  2. Kalau ada acara2 besar seperti ini jadi seru dan meriah yak.. beda banget sama Pontianak yang gak ada gaungnya sama sekali, jadi gak ada deh yang ikutan Earth Hour nya..

    1. Ya ayo bikin komunitas dan menggerakkan masa nu.. biar mulai ada gereget dan gaungnya.. mulai dari hal kecil saja dulu.. πŸ™‚

  3. Pingback: Hidup Itu Simple

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *