2011: Wujudkan Semangat Berbagi Lagi

Benar-benar tidak terasa ternyata tahun 2010 sudah meninggalkan kita dan tahun 2011 sudah berada di hari ke-3. Saya merasa awal tahun baru 2010 baru saja kemarin, beberapa saat yang lalu. Postingan akhir tahun 2009 di blog ini serasa baru saja saya posting kemarin (maklum jarang posting ๐Ÿ˜€ ).

Banyak hal terjadi dengan Blog ini dan terutama kehidupan saya di tahun 2010, mulai dari kejadian yang membahagiakan hingga kejadian yang benar-benar memukul saya sekaligus menjadi titik balik kehidupan saya **hayah lebay**. Banyak hal belum terselesaikan di tahun 2010. Terbengkalai tidak jelas.

Awal tahun 2010 diawali dengan hal yang menyenangkan dan mungkin menjadi dambaan banyak mahasiswa yang hendak lulus. Alhamdulillah di awal bulan Februari 2010 saya resmi menjadi karyawan di bag. Humas Sebuah Sekolah Tinggi Komputer ternama di Surabaya. Siapa yang tidak bahagia coba? Masih menempuh semester terakhir di kuliah Alhamdulillah sudah dapat pekerjaan walaupun masih statusnya karyawan kontrak. Namun setidaknya saya sudah tenang, lulus sudah tidak perlu susah-susah mengirim surat lamaran dan cv ke perusahan untuk mencari kerja.

Kebahagiaan di awal tahun 2010 sejatinya bukanlah awal dari kebahagiaan hakiki di tahun 2010. Selang tidak berapa lama setelah surat kontrak kerja saya tanda tangani, orang yang paling saya kagumi dan idolakan serta paling dekat dengan saya harus pergi selama-lamanya. Ayah sekaligus sahabat ketika sedih dan sekaligus teman ngobrol yang baik harus berpulang ke Rahmatullah dikarenakan sakit. Menyesakkan sekaligus menyayat hati. Ketika mungkin Ayah yang seharusnya bangga dan gembira ketika anak pertamanya belum lulus namun sudah bekerja, ternyata kebahagiaan itu hanya dirasakannya beberapa hari saja sebelum beliau menghadap sang Khalik.

Sebuah kejadian awal tahun yang memaksa saya untuk benar-benar bisa menjadi seorang lelaki dan bisa menggantikan posisi Ayah di rumah. Saya anak lelaki tertua di rumah, dan saudara lelaki tertua dari garis keturunan keluarga Ayah saya. Mau tidak mau, siap tidak siap. Mimpi-mimpi indah di tahun 2010 sekejap sirna dari fikiran. Yang ada hanyalah fikiran yang berkecamuk, apa yang harus dilakukan selanjutnya?? Saya harus apa?? dan bagaimana?? Yang ada hanyalah kecamuk fikiran itu dan perlahan menyusun puing-puing mimpi yang tercecer akibat peristiwa itu. Butuh waktu memang.

***

Mungkin di tahun 2010 banyak rencana dan mimpi-mimpi yang lenyap dan belum terwujud. Hanya beberapa mimpi kecil yang terwujud. Namun tidak perlulah mencari siapa yang salah dan muncul pertanyaan kenap dan kenapa. Live Must Go On. Masih ada hari esok, minggu depan, bulan depan, tahun depan dan masa yang akan datang yang menjajikan kebaikan dan kemudahan setelah kesulitan. Janji langit kepada hamba-Nya yang bersabar ketika mendapatkan sebuah musibah.

Dan benar, di tahun 2011 ini apa yang terjadi di tahun 2010 tak seharusnya menjadi penghalang bagi kaki ini untuk tetap melangkah. Melangkah lebih baik pastinya. Sejuta angan berjuta mimpi untuk 2011 sudah ada tinggal bagaimana mewujudkannya.

Sebagai seorang manusia, kita hanya bisa membuat mimpi-mimpi indah sesuai dengan rencana-rencana indah kita dan terus berusaha, namun tetap Tuhan Penguasa segalanyalah yang menuntukan hasil akhir dari segala usaha dan kerja keras kita untuk mewujudkan mimpi-mimpi indah tersebut.ย  Kita hanya berusaha-berusaha dan berusaha mewujudkannya. Yakin bahwa janji langit akan indah pada masanya itu akan tiba dan benar adanya.

Sebuah semangat yang ingin saya wujudkan di tahun 2011 ini adalah “Mewujudkan Semangat untuk terus Berbagi dan menjadi lebih baik dari kemarin”. Terilhami dari sebuah buku yang saya baca dan tausiyah seseorang bahwa hidup ini “Sebab Akibat”. Akibat tidak akan muncul jika sebelumnya tidak ada yang menyebabkan. Sekecil apapun itu, setiap perbuatan kita memiliki “Sebab Akibat”. Jika kita menyebabkan hal baik maka akan mengakibatkan kebaikan juga, begitu pula sebaliknya.

Untuk itulah di tahun 2011 ini saya ingin berusaha Wujudkan Semangat Berbagi Kebaikan yang lebih lagi dengan dimulai dari hal yang paling sederhana dan memulainya dari diri sendiri. Mari semangat dan terus berbagi di tahun 2011.

image credit : http://www.katieblogs.com/

Sekecil apapun itu, setiap perbuatan kita memiliki “Sebab-Akibat”

Posting menarik lainnya

5 Comments

  1. Saya ikut berduka ats kepergian ayah anda,. Di sisi lain ikut gembira mas msih kuliah udh dpt kerja. Selamat ya… Maju terus dan sukses.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *